CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Dunia Kerja & Profesi /
Yang kerja di Deplu (Sekarang Kemenlu) Share Yuk ^^
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/000000000000000008183106/yang-kerja-di-deplu-sekarang-kemenlu-share-yuk

Yang kerja di Deplu (Sekarang Kemenlu) Share Yuk ^^

Tampilkan isi Thread
Halaman 11 dari 81

Passing Grade TKD

Quote:


Gan, ane baru aja kelar TKD. Penasaran juga sama Passing Grade-nya... Ane cari di google, gak ada info..

Skor ane 333 Gan..lulus gak ya..
@atas

Passing Grade 400, coba googling "passing grade kemenpan-rb" tar ketemu.

Ktny sih sampai hari ini blm ada yg sampe segitu. Mungkin nanti ada penyesuaian kali ya?emoticon-Takut

Mudah2xan kaskuser yg laen yg ikut tes Kemenlu lolos. Amin.
Quote:

emoticon-Matabelo serem gan 383
sesi ane aja ga ada yg sgitu perasaan (kemaren sesi I)
Quote:

333 dpet spuluh besar ga gan? tadi disesi agan?
ane cm 301 (skor TWK ancur bgt) emoticon-Big Grin
Quote:

klo 400 ane rasa kemelu ga perlu nglnjutin thap slnjutnya, krn yg lolos paling brp orang/// emoticon-Big Grin
Azwar Abubakar
Nyatanya tak Ada yang Tembus

MEMASANG impian, para Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hasil rekrutan tahun 2013 ini berotak brilian, punya kepribadian mantap, sekaligus punya wawasan kebangsaan yang membumbung.

Sistem rekrutmen pun diperketat, meteri soal disusun konsorsium perguruan tinggi. Skor hasil tes pun dipasang, dengan nilai minimal (passing grade) 400. Nyatanya, dari tes yang sudah digelar, nilai yang diraih peserta mayoritas jeblok.

Bagaimana tanggapan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Azwar Abubakar? Berikut petikan wawancara dengan menteri asal Aceh itu, kemarin (1/10).

Sistem CAT sudah berlangsung empat hari sejak 29 September. Namun hasilnya kurang memuaskan alias di bawah standar mutu karena belum ada yang capai passing grade. Bagaimana penilaian bapak?

Masih terlalu dini kalau kita bilang anak bangsa kita di bawah standar mutu. Kan ada 70 instansi yang melaksanakan penerimaan CPNS dengan CAT dan baru sekitar empat instansi yang mulai. Jadi saya belum bisa mengambil kesimpulan apakah peserta tes CPNS kali ini kurang memuaskan. Kita tunggu dulu semuanya selesai baru bisa ambil kesimpulan.

Khusus untuk hasil peserta tes CPNS di KemenPAN-RB, saya nilai memang kurang. Karena nilai tertingginya hanya 383, padahal passing gradenya 400. Di angan-angan saya, akan banyak peserta yang mendapatkan nilai 400 dan nyatanya tidak ada yang tembus.

Apakah passing grade-nya akan diturunkan?

Kenapa harus diturunkan? Kalau kita turunkan, peserta tes akan jadi "malas". Apalagi soalnya tidak serumit masuk perguruan tinggi negeri kok. Dengan nilai standar kelulusan tinggi, saya yakin semangat juang anak bangsa akan terpacu. Bila di KemenPAN-RB belum ada yang tembus, bisa saja di instansi lainnya banyak yang tembus. Kita lihat perkembangannya saja dulu.

Seandainya yang memenuhi passing grade tidak banyak, bagaimana menentukan kelulusan?

Kalau yang lulus passing grade sedikit sudah pasti kelulusannya kita ukur berdasarkan rangking. Hanya saja kita punya batasan nilai terendah berapa. Seluruh soal itu skornya 500. Kalau poinnya 400 berarti nilainya delapan, sedangkan poin 250 nilainya lima. Paling tidak nilai enam atau tujuh lah kalau misalnya delapan susah. Kan lucu kalau peserta yang lulus hanya mendapatkan nilai lima. Di sekolah SD-SMA, angka lima kan merah.

Jadi kita tetap ambil terendahnya enam atau tujuh, meski konsekuensinya banyak formasi yang kosong. Ini harus kita lakukan karena yang kita inginkan PNS itu diisi putra-putri bangsa yang otaknya brilian.

Terkait CAT, ada rencana pemerintah memberlakukan sistem tersebut di seluruh instansi pada 2014. Apakah ada jaminan semua daerah melaksanakannya, mengingat kabupaten/kota itu hampir 500-an?

Tahun ini kita belum wajibkan, tahun depan sudah wajib karena dengan CAT, kelulusannya bisa dijamin. Para calo maupun kepala daerah yang ingin utak-atik angka kelulusan tidak bisa lagi karena tes selesai, nilainya langsung terpampang. Mana bisa ada permainan sementara tesnya dengan komputer. Siapapun bekingannya tidak akan bisa mengubah hasilnya.

Jadi sekali lagi tolong kepada masyarakat agar jangan percaya dengan calo, apalagi sampai rela membayar ratusan juta. Tidak ada yang bisa mengubah hasil CAT, saya pun seorang menteri tidak bisa.

Saya sering sosialisasikan ke mana-mana kalau mau jadi PNS cukup modal pintar saja dan tidak pakai uang atau orang dalam. Kalau ada yang berani mengatasnamakan KemenPAN-RB atau BKN agar bisa lulus, jangan dipercaya. Jangan sungkan-sungkan melaporkannya ke aparat hukum. Sebab bukan jamannya lagi melamar CPNS pakai duit.

Bagaimana dengan daerah yang memiliki keterbatasan dana untuk pengadaan CAT?
Itu tidak bisa dijadikan alasan. Karena CAT itu lebih murah daripada sistem LJK. Kalau LJK bisa kenapa CAT tidak bisa. Cuma memang ada beberapa kepala daerah yang enggan menggunakan CAT karena "mainannya" hilang. Anda tahu sendiri kan, manipulasi penerimaan CPNS di daerah banyak melibatkan kepala daerah. Dengan CAT otomatis mereka tidak bisa kongkalikong lagi.

Saya sudah melayangkan surat edaran agar pemda menyiapkan infrastrukturnya agar tahun depan CAT bisa jalan merata di seluruh instansi. Sebagai langkah awal, penerimaan CPNS untuk instansi pusat, pelamar daerah tesnya di provinsi saja dan tidak harus datang ke Jakarta. Ini agar lebih efisien dan tidak merugikan pelamar. Selain itu daerah-daerah yang belum mampu melengkapi perangkat komputer, cukup menyewa saja. Prinsipnya kami tidak mau menyusahkan pemda, tapi meminta pemda mendukung program CAT agar mindset masyarakat tentang penerimaan CPNS pakai duit hilang. (esy/jpnn)

TKP: http://www.jpnn.com/read/2013/10/02/...a-yang-Tembus-
Kesimpulannya:

Antara >300 s/d > 350 ada kemungkinan lolos ke babak selanjutnya.

333 dpet spuluh besar ga gan? tadi disesi agan?
ane cm 301 (skor TWK ancur bgt) emoticon-Big Grin

klo 400 ane rasa kemelu ga perlu nglnjutin thap slnjutnya, krn yg lolos paling brp orang/// emoticon-Big Grin[/QUOTE]

333 syukurlah di ranking 6 waktu sesi itu Gan...Ranking 1 kalau gak salah 353-an... Aduh deg-degan bener..

Nilai Ujian

Salam kenal agan-agan calon pegawai Kemenlu,

Ane tadi cuma dapet nilai total 339. Mudah2an kita semua lulus ke tahap selanjutnya yah, Amin!

emoticon-Angel
Quote:


soalnya pasal2 ama sejarah emoticon-Najisgtu ya??
wadoohh...goks!!!emoticon-Najis
eh iya lupa nanya...
boleh bawa kendaraan pribadi g y gan??
AGan2 yang baik... yg dah tes deplu...mw tanya penting habis , ane bsok mw tes di deplu sisingamangaraja yang di jaksel... ada yang tw ga penginapan yang ratenya murah...mohon info.... mendesak habis..coz ane besok dah naek kereta ke jakrta.... THX gan...
Quote:

Pancasila, UUD 45, Kemerdekaan, dan pemerintahan saat ini
kurang lebih gitu gan

Quote:

ga boleh, tapi nyiasatinya, parkir aja d dket-dket sono
dpan nya jg ada SEVEL gan, parkir dsn aja
Quote:


krg tau gan, mgkin d bawah ane bs bantu
Yoi gan,,ane br pisan test td,,,
asli,,tes TKW nyaemoticon-Najis
hampir smua nembak,,plg inget2 sisa2 plajaran masa muda dlu
(dlu g tw skrg lupa gtu,,,asliemoticon-Ngakak)
pasal2,soal TNI lah, pembukaan uud,pancasila,sejarah perjuangan..
klo tes intelegensia umum sama kepribadian mah bs lah,,asal tenang, cermat en teliti aj (ane kaga,,,liat waktu ud mepet lgsg keringetan dluan..emoticon-Matabelo)
sungguh... hanya Allah yg bs nolong...
banyak2in solat,doa,,sm mnta doa ortu gan,,,aseli...
tp asli,,jgn panik dlu y..bnyk ko kwan2 yg snasip,,kbingungan jg ma soal2nya rata2 nilai nya mirip jg ko,,blom liat ad yg 400 ky pmerintah pengen..
td smpt dliat d mading gtu,,spanjang tes kemenlu kyanya plg gde skor nya 370an (heran it orang otak/hokinya bs bgitu,,asli)..

Quote:


agan/sista emg dr mana???trus dpt sesi brapa??
kl sesi awal trus daerahnya g trlalu jauh mnding pp..
atow klo stu seorang sista nginep aj d rmh aneemoticon-Ngakak
ane jemput,,,asliemoticon-Ngakak
Quote:


agan tadi juga gan? emoticon-Ngakak (S)
itu soalnya emang dehhhh aduuuuh emoticon-Ngakak (S)
sebenarnya wajar jg kita kalo keder sama TKW

apalagi yg udah kerja, slama kuliah aja udah jarang bgt belajar gituan

apalagi pas kerja, belajar? emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

kalo ada yg tinggi TKWny kmgknan besar dia emg udah bnyk prsiapan sblmnya
dan mgkin kerja/kuliah di bidang terkait gitu

oh ya, ada yg mw share td score brp an? trus yg tertinggi di sesi nya brp?
tadi ane tes yang jam 15.45
dapet skor 329
liat di ranking si no 10 emoticon-Big Grin
yang lulus ke tahap berikutnya yang poin kurang dari 400 gmn donk emoticon-Bingung

ada yang dari bandung ga? emoticon-Big Grin
Diubah oleh my_blue_mx
Quote:


iye bener, luaaar biasa itu twk emoticon-Ngakak (S)
yg tertinggi sih aku liat di 375an gitu
tapi ga tau juga deh soalnya keburu bt sama score sendiri emoticon-Ngakak (S)
twk kali bukan tkw emoticon-Ngakak (S)
misi gan maap nanya yang rada aneh
perlu bawa papan jalan alas tulis gak sih? emoticon-Hammer
@atas

Ga usah bro/sis, lo jawab di komputer jadi ga ada tulis-menulis.
gw dari awal udah tau kalo pake computer ngerjainnya

tapi karena dpersyratan disuruh bawa alat tulis lgkp jd ttp gw niat bawa

ternyata penggaris ketinggalan, spy ga ambil resiko gw beli d alfamart

beberapa saaat sblm brkt test, dan penggaris yg ada cm pnggris boneka2 barbie

ya gw beli aja emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

seumur2 baru itu gw bawa pnggaris kayak gitu
@martogisjp

Wkwkwkwkwkwkwk........lawak.

Anggep aja menambah wawasan gan.emoticon-Ngakak
Halaman 11 dari 81


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di