j..fAvatar border
TS
j..f
Gawat, 33% Pilot & Kopilot Tertidur Bareng Saat Terbang!


London - Sebagai pengemudi pesawat, pilot dan kopilot harusnya tetap terjaga. Tapi fakta berkata lain. 1 Dari 3 pilot mengaku terbangun dari tidur untuk membangunkan kopilotnya yang juga tertidur saat sedang terbang.

Baru-baru ini, ada dua orang pilot yang mengaku ketiduran saat sedang terbang. Mereka mengaku ke British Airline Pilots Association (Balpa), demikian ditengok dari Telegraph, Senin (20/9/2013).

Saat itu, kedua pilot ini membawa Airbus A330 yang berkapasitas 325 kursi dalam penerbangan panjang menuju Inggris. Mengaku kelelahan, dua pilot ini memutuskan tidur selama 20 menit dan membiarkan pesawat dalam mode autopilot.

Dalam survei yang digelar kepada 500 pilot komersial, terungkap bahwa 43 persen mengaku tepar setidaknya sebulan sekali. Biasanya, para pilot ini sibuk selama 6 bulan, dan setiap bulannya mereka tumbang karena kelelahan. Sementara 84 persen responden mengatakan, kehidupan sibuk selama 6 bulan tanpa istirahat cukup itu membahayakan bagi mereka.

51 Persen responden yakin, CEO maskapai terkait tidak akan memerdulikan jika mereka tidak mau terbang karena alasan lelah. 31 Persen responden yakin bahwa maskapai mereka tidak akan melaporkan masalah yang berkaitan dengan kelelahan sang pilot.

Isu kelelahan pilot ini sedang naik ke permukaan. Para pihak terkait, seperti Parlemen Eropa akan menetapkan peraturan baru mengenai jam kerja para pilot.

[URL="http://travel.detik..com/read/2013/09/30/160951/2373426/1382/gawat-33-pilot-kopilot-tertidur-bareng-saat-terbang?v9911011381"]Sumber[/URL]

Serem dong gan emoticon-Takut
0
1.9K
22
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan