(kurikulu 2013) Gurunya aja Bingung, Gimana Muridnya...?
TS
ngapaktua
(kurikulu 2013) Gurunya aja Bingung, Gimana Muridnya...?
Guru Bingung...
ini gan, tentang kurikulum 2013 yang bikin bingung sebagian guru, secara ane juga pernah jadi guru bantu selama 1 tahun akhirnya berhenti karena bingung tentang kurikulum....
setahu yang ade rasakan..... (kaya diberita ini)
Spoiler for Beritanya:
Spoiler for Isi mAteri terlalu sederhana:
TEMPO.CO, Yogyakarta- Instruktur nasional pelatihan materi kurikulum 2013 bagi para kepala sekolah SMK di DIY, Aragani Mizan Zakaria mengatakan banyak guru SMK mengeluhkan konsep buku materi pelajaran Bahasa Indonesia dan Sejarah terlalu sederhana. Kata dia sejumlah guru SMK kelas X di dua pelajaran ini menilai isi materinya terlalu sederhana jika dibandingkan dengan tujuan pembelajaran yang harus mendorong siswa membangun cara berfikir untuk memecahkan masalah, mengelola kelompok kerja dan menginisiasi penemuan baru. “Isinya terlalu biasa-biasa saja, jadi guru harus berusaha lebih keras lagi menerjemahkan maksud kurikulum ini,” kata dia pada Ahad, 28 Juli 2013
.
Spoiler for tidak sistematis:
Aragani megatakan materi buku ajar kedua pelajaran itu juga dinilai oleh para guru kurang tepat sitematika temanya. Mereka menilai ada pengurutan tema materinya terkesan tidak sistematis. “Ini masukan bagus untuk penyempurnaan materi buku ajar ke Kemendikbud,” ujar Kepala Sekolah SMKN 2 Depok Sleman itu.
Spoiler for masih bingung:
Dia menambahkan sebagian guru juga memerlukan pelatihan tambahan dan jam terbang lebih banyak untuk menggali metode-metode pembelajaran yang bisa meminimalisir pengaruh kurikulum lama dalam pembelajaran di kelas yang sering didominasi dialog satu arah. Kata dia banyak guru masih kesulitan mengelola kelas yang mendorong siswa mampu belajar dalam sejumlah kelompok kerja. Tugas terberat bagi guru, kata Aragani ialah mendorong siswa mampu merintis pola belajar yang mengarahkan mereka agar mampu menemukan hal-hal baru sebagai hasil pengayaan materi pokok pelajaran. “Perlu waktu untuk adaptasi,” kata dia.
Aragani juga menangkap banyak guru SMK makin penasaran dengan konsep silabus kurikulum baru di jurusan kejuruan yang banyak ragamnya. Hingga sekarang, kata Aragani, guru belum bisa menangkap arah penerjemahan kurikulum baru terhadap konsep pelajaran di jurusan kejuruan karena silabus dan rumusan tujuan pembelajaran belum ada. “Kemendikbud perlu segera menyusun ini, banyak guru sekolah kejuruan terus menunggu terbitnya silabus untuk puluhan jurusan kejuruan,” kata dia.
Spoiler for diakui kebingungannya:
Kepala Sekolah SMKN 1 Bantul, Retno Yuaniar Dwi Aryani berpendapat beban bagi sekolah kejuruan memang lebih berat ketimbang SMA. Menurut dia banyak pengajar SMK belum bisa memahami model implementasi kurikulum baru di banyak pelajaran, selain Matematika, Sejarah dan Bahasa Indonesia, karena ragam jurusan sekolah kejuruan yang sangat banyak. “Ada 52 jenis jurusan kejuruan di seluruh Indonesia, kami belum paham praktiknya nanti bagaimana,” kata dia.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Daerah Istimewa Yogyakarta, Baskara Aji mengakui banyak masukan kritis dari guru mengenai isi materi buku ajar kurikulum baru. Kata Aji keluhan umum para guru di DIY ialah mengharapkan ada perbaikan dalam susunan urutan pengajaran materi yang ada di buku ajar. “Banyak yang menilai susuna urutan pengajaran materi tiap minggunya yang tercantum di buku ajar perlu diperbaiki,” ujar Baskara.
Spoiler for evaluasi:
Hingga kini, kata dia, keluhan mengenai kualitas isi materi buku ajar paling banyak muncul dari para guru SMA dan SMK. Keluhan lain, kata Baskara datang dari para guru SD sebagian sekolah yang mengaku masih kebingungan menerapkan pola pembelajaran tematik. “Mereka banyak yang masih terpaku pada materi pelajaran seperti di kurikulum lama, belum sepenuhnya ke konsep pembelajaran tematik” ujar dia.
Kata Baskara Disdikpora DIY akan mengumpulkan semua perwakilan sekolah yang ditunjuk melaksanakan kurikulum 2013 untuk mengevaluasi tahap awal penerapan pola pembelajaran baru dalam sebulan terakhir. Kata Baskara pertemuan ini penting sebab sebagian sekolah merasa mampu menerapkan kurikulum baru dengan baik, namun yang lain kesulitan. Karena itu, forum seperti ini bisa menjadi ajang saling tukar pengalaman. “Kami juga akan membuat rumusan usulan perbaikan ke Kemendikbud,” kata dia.
Spoiler for himbauan:
Baskara menambahkan hasil pertemuan itu bisa menjadi acuan konsep pendampingan sekolah pelaksana kurikulum 2013 pada bulan selanjutnya. Kata dia Disdikpora sudah sepakat bekerjasama dengan Dewan Pendidikan DIY untuk menyupali tenaga dosen yang bertugas mendampingi para guru mengimplementasikan kurikulum 2013
nah gitu gan ceritanya, selama ane jadi guru, ane leih banyak nulis laporan daripada belajar memperkaya khasanah ilmu pengetahuan buat murid-murid ane, tapi malah dibilang malas.
mungkin dari kaskuser ada guru juga yang bisa nambahin...
Original Posted By faiz9g►wah kayaknya sosialisasi pemerintah belum merata ya?
padahal konsep kurikulum yg ini bagus juga sih, mendidik siswa untuk lebih kritis, macam ilmuwan
om ente guru ya?
ane siswa SMA yg make kurikulum ini om
Quote:
Original Posted By batu.merah►ane ngajar IT gan, ini materi aneh banget.
hitungan hardware sistem komputer dimasukkin ke jurusan MM, kalo TKJ & RPL masih wajar.
Spoiler for makasih cendolnya:
tambahan kaskuser :
Spoiler for dari agan Allosaurus:
Quote:
Original Posted By Allosaurus►Ane yang kini kelas 3 SMA bersyukur, krn gk kena imbas dari kurikulum 2013 ini
komentar ane: Absurd! Siswa dijadikan kelinci percobaan diknas! Kasihan juga nasib guru daerah, ane rasa pengintegrasian mapel, itu maksa deh. Alibi buat ngurangin jumlah guru dan anggaran gaji guru.
Ane rasa, ini orang orang diknas kagak tau susahnya pelajaran skrg. Juga, gk ngerti betapa byknya mapel yg hrs dipelajari. Sampe waktu bermain dan eskul pun hilang.
Makin kacau aja deh. Oh iya gan, nitip link nih. Tulisan ane di blog, sekadar curhatan pelajar yg termakan kurikulum