Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

GamegameAvatar border
TS
Gamegame
Indonesia Akan miliki Cyber Army


Dalam rangka menangkal serangan di dunia maya (cyber) dan dapat menganggu kedaulatan dan pertahanan, Kementerian Pertahanan (Kemhan) membentuk tentara siber atau cyber army.

“Pembentukan cyber army merupakan bagian dari pembangunan pertahanan sistem komunikasi dan sistem informasi Kementerian Pertahanan,” kata Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro dikutip dari situs setkab.go.id, Selasa (24/09).

Kata Purnomo, Kementerian Pertahanan selalu melakukan kompetisi siber setiap tahun, dan ada yang dikhususkan untuk bertahan maupun menyerang. Dia menambahkan bahwa cyber army yang dibentuk akan terdiri atas kalangan militer TNI AD, AU, dan AL hingga kalangan sipil.

“Serangan cyber yang dapat mengganggu kedaulatan bangsa cukup terbuka lebar. Cyber Army akan terdiri dari militer, non militer dan dibentuk untuk menangkal serangan tersebut,” ungkap Purnomo

Sebelumnya, Kementerian Pertahanan juga berencana membangun Pusat Pertahanan Siber (Cyber Defence) untuk menjaga kedaulatan dan keutuhan wilayah dari kejahatan dunia maya.

Pembangunan pertahanan siber itu juga melibatkan tiga angkatan, yakni TNI AD, TNI AL, TNI AU. Kementerian Komunikasi dan Informatika akan membantu tata kelola, infrastruktur, peralatan, dan sumber daya manusianya.

Menurut Purnomo, ancaman serius terhadap kedaulatan melalui dunia maya memang belum tampak. Ancaman yang selama ini terjadi belum bisa dikategorikan sebagai ancaman pertahanan negara.

“Sifatnya masih mikro, namun kita tetap harus waspada,” ujar Purnomo.

SUSUEMBER SUMBER

Spoiler for Liat Gan!!:


Spoiler for Lagi nih gan!:


7 Tips Menjaga Kesehatan Mata
0
1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan