Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jemmyrusdyAvatar border
TS
jemmyrusdy
5 Fakta Menarik Tentang Pulau Baru di Pakistan
WELCOME


5 Fakta Menarik Tentang Pulau Baru di Pakistan
Spoiler for pulau:

[url=http://news.detik..com/read/2013/09/26/101646/2369783/1148/5-fakta-menarik-tentang-pulau-baru-di-pakistan]Islamabad[/url] - Sebuah pulau kecil muncul setelah gempa berkekuatan 7,7 Skala Richter melanda Pakistan. Sejumlah fakta menarik pun terungkap dari kehadiran fenomena 'ajaib' ini. Apa saja?

Gempa dahsyat tersebut terjadi pada Selasa 24 September lalu sekitar pukul 16.29 waktu setempat. Pusat gempa berada sekitar 20 kilometer di bawah tanah di distrik Awaran, provinsi Baluchistan yang berbatasan dengan Iran.

Tak lama setelah gempa, muncul sebuah pulau baru yang kini jadi daya tarik bagi sebagian warga. Berikut fakta-fakta tentang pulau tersebut:

1. [url=http://news.detik..com/read/2013/09/26/101646/2369783/1148/2/5-fakta-menarik-tentang-pulau-baru-di-pakistan#bigpic]Berukuran Kecil[/url]
Spoiler for pulau:


Pulau kecil yang muncul di lokasi sejauh 200 meter dari garis pantai Gwadar ini memiliki ketinggian sekitar 18-21 meter. Sedangkan panjangnya mencapai 91 meter dengan lebar mencapai 36 meter.

Kehadirannya terdeteksi oleh warga setempat tak lama setelah gempa dahysat terjadi pukul 16.29 waktu setempat, Selasa (24/9) lalu.

Pulau serupa pernah muncul di tempat yang sama di Laut Arab tersebut sekitar 60 tahun yang lampau. Namun pulau tersebut menghilang setelah beberapa waktu.

2. [url=http://news.detik..com/read/2013/09/26/101646/2369783/1148/3/5-fakta-menarik-tentang-pulau-baru-di-pakistan#bigpic]Terbentuk dengan Cara Tak Lazim[/url]
Spoiler for pulau:


Profesor Geologi dari Universitas Toronto, Andrew Miall, menilai pulau itu terbentuk dengan cara yang tak lazim.

"Tapi pergerakan vertikal dari lempengan bumi cukup wajar, dan ini bisa terjadi seperti dalam kasus ini karena lempengan bumi berada dalam posisi yang dekat dengan permukaan air," kata Andrew.

Penjelasan lainnya disampaikan oleh profesor seismologi dari German Center for Geosciences, Marco Bohnhoff. Bohnhoff menuturkan, seperti dilansir abcnews.go.com, ada dua cara yang menjadi penyebab terbentuknya pulau semacam ini.

Penyebab pertama, lempengan bumi yang ada di dalam laut terdesak hingga keluar dari permukaan air laut akibat getaran gempa yang sangat kuat. Penyebab kedua, getaran gempa memicu pergerakan dan pelepasan gas yang tersimpan di dalam perut bumi dan berakibat pada munculnya 'lumpur gunung api' keluar hingga ke permukaan laut.

Senada dengan Bohnhoff, profesor geologi dari Queen's University, John Dixon, juga menyebut adanya 'lumpur gunung api' sebagai penyebab terbentuknya pulau ini. Karakterisik 'lumpur gunung api' ini sendiri cenderung lembut sehingga mudah terkikis.

Situasi seperti ini bisa terjadi karena Pakistan terletak di antara tiga lempengan tektonik, yakni lempengan Hindia, Arab dan Eurasia.

3. [url=http://news.detik..com/read/2013/09/26/101646/2369783/1148/4/5-fakta-menarik-tentang-pulau-baru-di-pakistan#bigpic]Mengandung Gas Metana[/url]
Spoiler for pulau:


Permukaan pulau ini memang solid, namun kandungan yang ada di dalamnya tidak demikian. Campuran antara bebatuan, pasir, lumpur dan air dengan sejumlah celah yang ada terlihat membentuk gundukan pulau ini.

Ahli biologi kelautan dari Institut Oseanografi Nasional Pakistan, Mohammad Danish, menuturkan, sejumlah tim ahli telah mengunjungi 'pulau kecil' tersebut secara langsung untuk melakukan analisis. Hasilnya ditemukan kandungan gas metana pada permukaan pulau kecil tersebut.

"Tim kami menemukan gelembung yang muncul ke permukaan pulau tersebut yang bisa memicu api ketika sebuah pemantik dinyalakan dan kami melarang tim kami untuk menyalakan api apa pun. Ini gas metana," jelas Danish.

4. [url=http://news.detik..com/read/2013/09/26/101646/2369783/1148/5/5-fakta-menarik-tentang-pulau-baru-di-pakistan#bigpic]Tak Akan Berumur Lama[/url]
Spoiler for pulau:


Seorang ahli gempa dari University of Melbourne, Australia, Gary Gibson, menilai pulau kecil ini terbentuk dari lumpur gunung api. Gas metana yang ada di dalam gunung api memicu bahan-bahan yang ada di dekatnya untuk naik ke atas selama getaran kuat saat gempa terjadi.

Dia menambahkan, struktur yang membentuk pulau ini mudah terkikis oleh gelombang air laut. Tidak jauh berbeda, Kepala Departemen Geologi Universitas Karachi Profesor Shamim Ahmed Shaikh menyatakan bahwa pulau baru tersebut akan terkikis dalam waktu beberapa bulan saja.

"Sekitar satu tahun sebelumnya, sebuah pulau dengan ukuran yang nyaris sama juga muncul di lokasi yang sama jaraknya dari pantai di wilayah Makran. Untuk kali ini, akan terkikis dalam waktu seminggu atau beberapa bulan saja," cetus Shaikh.

5. [url=http://news.detik..com/read/2013/09/26/101646/2369783/1148/6/5-fakta-menarik-tentang-pulau-baru-di-pakistan#bigpic]Fenomena Langka[/url]

Ahli gempa dari University of Melbourne, Australia, Gary Gibson, menilai peristiwa pembentukan ini tergolong sangat langka.

"Ini pernah terjadi sebelumnya di wilayah tersebut, tapi tetap ini merupakan peristiwa yang tidak biasa, sangat langka," ucap Gibson kepada AFP.

Pulau kecil yang muncul di perairan dekat pantai Pakistan pasca gempa 7,7 SR ini juga menarik perhatian warga setempat. Dengan menggunakan perahu seadanya, mereka berlayar mendekati pulau baru tersebut.

"Terlihat sangat, sangat aneh bagi saya dan juga sedikit menakutkan karena tiba-tiba pulau sebesar ini muncul dari air," imbuh Rustam.

Fotografer AFP menuturkan, permukaan pulau ini terlihat solid, namun diwarnai oleh adanya bebatuan, pasir, dan lumpur. Ditambah adanya ikan-ikan yang mati dan ganggang laut di permukaan pulau ini.

Karena baru muncul setelah gempa, warga setempat menyebut pulau baru ini sebagai 'Pulau Gempa Bumi'.

sory kalau emoticon-Repostan silahkan momod dan mimin delet
ts ngarep emoticon-Blue Guy Cendol (L) atau paling tidak emoticon-Rate 5 Star
jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) sakit


trit bermutu lainnya :
gunung dengan jalur pendakian terindah
yang pengen tau arti lambang playboy
0
3.7K
37
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan