Kaskus

Entertainment

Pengaturan

Mode Malambeta
Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mendezoAvatar border
TS
mendezo
Ini Dia Yang Nyiptain Sabuk Pengaman.
Spoiler for SABUK PENGAMAN:


Bagi kebanyakan orang, sabuk pengaman bukan lagi barang yang asing. Tetapi, apakah dari antara kita tahu siapa sebenarnya yang membuat sabuk pengaman? Atau adakah yang menyadari bahwa sabuk pengaman yang seperti kita liat sekarang merupakan bagian dari proses panjang refleksi manusia dalam upaya menciptakan keselamatan bertransportasi?

Mempertimbangkan keselamatan sebagai faktor pertama dan utama, maka moda transportasi dirancang lengkap dengan peralatan pendukung keselamatan. Salah satu peralatan itu adalah sabuk keselamatan yang biasanya ada di mobil atau di pesawat.

Demi mewujudkan keselamatan itu, Pemerintah Indonesia telah mewajibkan penggunaan sabuk pengaman dan dituangkan di dalam Undang- undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan No 22/2009 Pasal 289 jo Pasal 106 Ayat (6). Bagi yang tidak menaatinya, akan mendapat denda Rp 250.000. Sabuk pengaman sendiri, kadang-kadang disebut sabuk keselamatan, dirancang untuk mengamankan pengemudi atau penumpang kendaraan terhadap gerakan berbahaya yang mungkin akibat dari tabrakan atau berhenti mendadak.

SEJARAH

Spoiler for PENCIPTA:


Dalam sebuah catatan sejarah, tercatat bahwa sabuk pengaman diciptakan oleh George Cayley di awal abad 19, meskipun Edward J. Claghorn New York, diberikan paten pertama (US Patent 312.085, pada 10 Februari 1885 untuk sabuk pengaman). Claghorn diberikan Amerika Serikat Paten # 312.085 untuk Safety Belt-bagi wisatawan, pelukis, pemadam kebakaran, dll yang sedang menaikkan atau menurunkan.

Pada tahun 1911, Benjamin Foulois membuat sabuk untuk kursi pesawat terbang Wright Flyer Signal Corps 1. Dengan sabuk pengaman itu, ia bisa lebih mengendalikan pesawat saat mengalami goncangan ketika lepas landas dan mendarat.

Berikutnya, pada awal 1950-an, Dr C. Hunter Shelden dari California membuat kontribusi besar untuk industri otomotif dengan gagasannya tentang sabuk pengaman yang mampu memendek sendiri. Ini penting untuk mencegah kepala terbentur dengan kaca atau dash board mobil. Dia sendiri sebagai ahli syaraf banyak menangani kasus syaraf di kepala akibat dari kecelakaan mobil. Temuannya ini diterbitkan dalam Journal of American Medical Association (JAMA pada 5 November 1955).
Dalam perkembangan selajutnya, mengingat peran penting sabuk pengaman maka produsen mobil asal Amerika seperti Nash (di 1949) dan Kiki (di 1955) menawarkan sabuk pengaman sebagai sebuah opsi. Namun langkah maju diambil oleh Swedia Saab yang kali pertama memperkenalkan sabuk pengaman sebagai standar pada tahun 1958. Mobil GT Saab 750 diperkenalkan pada Motor New York 1958 lengkap dengan sabuk pengaman terpasang sebagai standar.

Bagaimana sabuk pengaman bekerja? jawabannya ada DISINI
sumber
sumber
sumber
sumber
sumber
Diubah oleh mendezo 23-09-2013 17:38
0
1.1K
8
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan