gakadausernameeAvatar border
TS
gakadausernamee
TIPS Buat Ente Yang Demen Touring
ALHAMDULILAH GAK REPOST emoticon-Cool

Spoiler for Di Cek Gan /:D/:


Spoiler for 1.Helm:

Helm adalah standar keamanan dan wajib digunakan oleh para biker untuk menghindari cedera fatal pada daerah kepala.
Jenis helm touring yang disarankan adalah yang model full face dan telah lulus SNI atau standarisasi keamanan helm luar negeri. Tapi kalau nggak ada yang full face, ya pakai helm biasa aja gapapa yang penting SNI dan aman sesuai standart.
Spoiler for 2.Jaket Motor:

Jaket touring yang tepat untuk perjalanan touring adalah jaket yang memiliki fitur waterproof (tahan air) dan windproof (tahan angin).
Selain itu juga diusahakan jaket touring yang memeliki protektor pada siku atau bahu supaya terlindung dari benturan bila jatuh. Pilih jaket yang nyaman, jangan hanya mementingkan harga atau gengsi karena merk.
Spoiler for 3.Rompi Motor:

Apabila jaket touring yang dipakai sudah mencukupi, penggunaan rompi touring bisa tidak diperlukan kecuali bagi Road Captain dan Sweaper.
Rompi touring yang dianjurkan berbahan emboss, kalp atau dinier seperti rompi swat dan rompi police.
Spoiler for 4.Sarung Tangan:

Gunakanlah sarung tangan saat touring yang safety untuk membuat bikers lebih safety dalam bermanuver dan tangan terlindung dari terik matahari atau udara dingin. Beberapa contoh sarung tangan yang direkomendasikan adalah, sarung tangan Kulit protector, sarung tangan probiker, sarung tangan scoyco, sarung diglove kulit, sarung tangan maestro dll
Spoiler for 5.Celana Touring:

Umumnya menggunakan bahan yang sama seperti jaket memberikan perlindungan pada bagian bawah biker selain decker.
Spoiler for 6. Jas Hujan:

Jas hujan wajib dibawa pada saat touring terutama saat musim hujan. Jas hujan yang bagus antara lain Jas Hujan Axio, Jas Hujan Rosida 882, Jas Hujan Arai.
Spoiler for 7. Decker (Pelindung Lutut):

Decker Fox raptor, decker axo, decker scoyco, dll untuk perlindungan lutut ketika terjatuh dari motor.
Spoiler for 8. Sepatu Touring:

Sepatu touring juga merupakan kewajiban perlengkapan disaat touring, beberapa pilihan sepatu, sepatu RVR dan sepatu Speed
Spoiler for 9. Kacamata (jika diperlukan):

Memakai kacamata bisa menjadi solusi yang baik jika berkendara di siang hari (bila kacamata tersebut adalah kacamata hitam) karena membuat mata kita tidak begitu lelah jika harus melihat jalan dalam kondisi panas terik. Kacamata juga membuat mata kita terlindung dari debu bila kaca helm di buka.

Lalu apa saja ya yang harus di siapkan sebelum berkendara/touring?


Touring Plan
Kita harus tau mau touring kemana, berapa lama, dan mau ngapain aja selama disana. Jangan sampai kita terlantar dan gak tau harus ngapain saat kita sudah sampai di tempat tujuan. Kalau touring ini kira-kira harus nginep, carilah tempat menginap yang aman dan nyaman, tentunya yang sesuai dengan "kantong" kita. Jadi dengan persiapan awal ini, kita benar-benar siap untuk melakukan touring. Jangan cuma atributnya aja yang keren tapi segala sesuatunya tidak dipersiapkan dengan baik emoticon-SmilieJadilah biker yang matang!

Sebelum Berangkat…
Check kondisi motor, kalau bisa lakukan service paling telat tiga hari sebelum
keberangkatan. Kalo perlu kembalikan motor pada keadaan standar supaya lebih mudah trouble shootingnya kalo ada masalah.
Jaga kondisi badan, tidur yang cukup, makan yang banyak. Sebisa mungkin tubuh dalam kondisi fit pada saat touring. Ngapain juga orang sakit ikut touring ya? Jangan lupa bawa identitas pribadi yang mudah dikenali.
Siapkan uang yang cukup, untuk membeli bensin, dan keperluan selama aktivitas touring baik saat perjalanan maupun saat mencapai lokasi tujuan.

Yang harus dibawa ?
Jika ingin menginap, bawalah pakaian secukupnya, seperti kaos, jacket/sweater, celana, pakaian dalam, kaos kaki, perlengkapan mandi. Jangan membawa pakaian yang berlebihan karena itu hanya akan membuat barang bawaan semakin berat dan sia-sia karena tidak terpakai.
Bawa jas hujan, kondisi cuaca yang tidak menentu memaksa kita untuk antisipasi. Bawalah jas hujan yang aman dan nyaman.
Bawa dompet berisi KTP, STNK, SIM C, kartu-kartu penting, tanda pengenal yang lain dan uang secukupnya.

Apalagi ya ?
Bawa perlengkapan untuk motor, seperti:
1. Tool Kit Standard : obeng plus dan minus, tang, kunci 10, 12, 14, 17, 19, dan kunci busi.
2. Spare Part Standard :kabel kopling, kabel gas, bohlam lampu depan dan belakang, busi standar, ban dalam , pin penyambung rantai, sikring 15 Ampere ,Olie.
3. Obat2an standard: (sakit kepala/demam, flu, diare, maag, batuk, luka bakar, vitamin), Kotak P3K, minyak angin, salon pas, dll.
4. Charger (HP,HT,Ipod),
5. Senter / Emergency Lamp

Yang harus di pakai?
1. Helm (yang SNI, dan kalau bisa pakai helm full face biar lebih safety)
2. Jacket club (udah pasti anak club jacketnya pasti aman dan nyaman)
3. Rompi (jika perlu)
4. Celana touring (kalo punya)
5. Sarung tangan
6. Masker
7. Sepatu touring/safety
8. Decker (supaya lebih aman)
Oh ya, kalo jacket clubnya ga visible, sebaiknya diberi tambahan scotlight atau gunakan vest colorful di luar jacket club, terutama pada perjalanan malam hari, biar keliatan, pastinya bakal lebih aman nge-check temennya juga lebih enak.

Di jalan…
Penting ! Mengikuti prosedur dan aturan touring. Jaga kepercayaan dan saling menghormati sesama anggota club/ peserta touring. Kalo masih mentingin ego mendingan touring sendirian aja. Ikuti apapun perintah Road Captain sebagai pemimpin tertinggi yang paling bertanggung jawab
untuk keselamatan dan kenyamanan selama dalam perjalanan. Mandatory nih, mengikuti peraturan lalu lintas dan marka jalan. Kalo SIMnya original pasti udah pada ngerti, ga perlu dibeberin disini. Menghormati dan menghargai pengguna jalan lain. Namanya jalan umum milik bareng-bareng saling ngalah aja kali. Membantu pengguna jalan yang mengalami musibah/masalah/kecelakaan.

Lelah ? Ngantuk ?
Berhenti ! Kopi /minuman suplemen gak akan bisa mengganti, yang dibutuhin cuma istirahat. Jadi mendingan berhenti aja. Take a nap, walaupun cuma setengah jam aja.

Kira-kira itu semua yang harus disiapkan sebelum melakukan perjalanan touring. Kalau jarak yang ditempuh masih termasuk kategori tidak terlalu jauh, perlengkapan yang harus disiapkan bisa menyesuaikan. Dalam melakukan perjalanan, biasanya gua lebih sering hanya berdua aja sama pacar gua. Terkadang kami memang mengajak teman dekat untuk ikut bersama kami ke tempat tujuan. Koordinasi dengan partner perjalanan memang harus dijaga dengan baik, jangan sampai perjalanan jadi terhambat atau terganggu karena miss communication. Apabila ada permasalahan, sebaiknya langsung diselesaikan agar tidak mengganggu perjalanan.
Gua sendiri belum merasa perlengkapan untuk touring gua udah lengkap, karena gua termasuk pemula. Gua masih dalam tahap melengkapi perlengkapan buat touring. Perjalanan yang gua lakukan juga masih tergolong ringan. Tapi gua harap, buat selanjutnya perlengkapan touring bisa terlengkapi secepatnya, jadi gua sama pacar gua bisa mulai melakukan touring dengan jarak tempuh yang lebih jauh dan memenuhi kriteria bikers karena perlengkapan yang lengkap dan aman.
Semoga perlahan semua perlengkapan yang diperlukan bisa terkumpul dan gua sama pacar gua bisa melakukan perjalanan wisata ke tempat keren lainnya. Gak cuma di Jogja, tapi tempat lain juga.


Semoga bermamfaat buat Agan" Maap Ane Masih Newbie

Butuh emoticon-Blue Guy Cendol (L) Bukan emoticon-Blue Guy Bata (L)

emoticon-Big Grini Rate Ya Gan emoticon-Big Grin
Diubah oleh gakadausernamee 21-09-2013 12:52
0
5.3K
29
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan