Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tanjoAvatar border
TS
tanjo
Produktif mana? Evernote atau Google Drive??

Android banyak digunakan bukan hanya karena banyaknya aplikasi sosial media atau aplikasi ganes dan hiburan , tapi android juga tersedia beragam aplikasi produktifitas yang membantu pekerjaan maupun belajar.
Yang diungkit di sini bukanlah aplikasi tools kalkulator, perekam, post it pengingat ataupun aplikasi office seperti word, excel dll yang merupakan alat bantu mendasar yang mendukung pekerjaan atau belajar.
Mengikuti perkembangan teknologi, tingkah laku kebiasaan manusia dalam kegiatan sehari-hari juga berubah sehingga diperlukan alat-alat/aplikasi yang dapat membantu meningkatkan produktiditas pekerjaan kita.
1. evernote
http://s.kaskus.id/images/2013/09/23...0923042242.jpg
evernote pada dasarnya sama dengan word atau buku catatan lainnya, tapi perbedaan paling utamanya adalah catatan yang kita buat langsung disimpan di device dan di cloud dengan mengaitkan akun email, sehingga kita dapat membukanya langsung di device lain seperti pc windows, device ios maupun device android lainnya.
tentunya aplikasi ini mempunyai berbagai fitur mendasar seperti rekam suara, masukkan foto, tambahkan link, mendukung tag, dan sebagainya.
https://play.google.com/store/apps/d...d=com.evernote

2. google drive
http://s.kaskus.id/images/2013/09/23...0923042303.jpg
pada dasarnya google drive kurang lebih sama dengan evernote, tapi masing masing ada kelebihan dan kekurangannya, jadi dua-duanya ane pakai.
untuk akses, evernote dapat menambah, membuka, dan menyimpan lebih cepat, dan juga langsung otomatis tersimpan dan tersinkron di cloud, jadi ane menganggapnya aplikasi dengan keseimbangan paling ideal diantara aplikasi word dan catatan cloud.
http://s.kaskus.id/images/2013/09/23...0923042256.jpg
Sedangkan google drive selain menyediakan format word, juga menyediakan format spreadsheet dan slide. dan kelebihan paling menonjolnya adalah kita dapat mensharing ke beberapa pengguna dan dapat mengedit bersama di satu file yang sama dan tidak perlu disinkron, dan semuanya perubahan itu akan terekam di semua pengguna.
http://s.kaskus.id/images/2013/09/23...0923042250.jpg
https://play.google.com/store/apps/d...roid.apps.docs

3. time recording
http://s.kaskus.id/images/2013/09/23...0923042300.jpg
Aplikasi yang membantu kita memantau pekerjaan ataupun keseharian kita. kita dapat merekam semua pekerjaan kita berdasarkan waktu yang dihabiskan untuk pekerjaan atau kegiatan tersebut, dan hasilnya kita dapat melihat kembali total waktu yang kita habiskan untuk baca berita, nongkrong di sosial media, tugas kantor ataupun hobi kita sendiri.
Pertama kali menggunakannya mungkin kurang terbiasa, sehingga sering lupa untuk merekamnya, tapi seminggu kemudian akan terbiasa dan akan sangat mendukung evaluasi kegiatan kita.
https://play.google.com/store/apps/d....timerecording

4.clockwork tomato
http://s.kaskus.id/images/2013/09/23...0923042308.jpg
nah, sebenarnya yang membantu ane terbiasa dengan aplikasi time recording adalah aplikasi ini...
hampir semua orang sangat sulit untuk terus fokus pada satu kegiatan dalam waktu panjang, apalagi karena kemudahan dan praktis yang dibawakan perkembangan teknologi, sehingga membuat kita semakin tidak bisa konsentrasi dalam tugas atau kegiatan. Seperti contoh notifikasi jaringan social yg paling suka mengganggu…, atau bahkan dalam pekerjaan kita perlu mencari informasi di internet, dan karena hasil pencariannya banyak, tapi ternyata ada satu yang menarik perhatian kita sedangkan bukan yang sedang kita perlukan sekarang, saat itu… kita akan mudah tergoyahkan!!!
clockwork tomato adalah aplikasi timer sederhana saja, standarnya selama 25menit, dan setelah itu akan muncul notifikasi istirahat dengan ikon cangkir kopi selama 5menit.
http://s.kaskus.id/images/2013/09/23...0923042305.jpg
tapi aplikasi ini sangat membantu ane agar fokus menyelesaikan tugas, bukan karena ane dikejar kejar waktu, melainkan setelah 25menit ane memaksakan diri untuk istirahat 5menit. karena menurut penelitian psikologis, apabila kita fokus pada satu kegiatan dalam waktu tertentu, otak kita akan mulai lelah, dan pada saat itu pekerjaan kita mungkin mulai kurang produktif, makanya ane menggunakan waktu itu untuk membuat otak refresh sebentar, mungkin hanya meneguk kopi ataupun meluruskan lengan dan sebagainya. tapi sebelum alarm istirahat berbunyi, ane akan usahakan diri untuk tidak berhenti.
pertama kali mencoba aplikasi ini, ane sudah langsung merasakan hasilnya, yaitu meningkatkan produktifitas. tentu anda dapat memperpanjang atau persingkat waktu kegiatan dan waktu istirahat. disamping itu, anda juga dapat mengatur alarm, hanya getar saja, led saja, atau otomatis lanjut.
https://play.google.com/store/apps/d...lockworktomato

5. pocket
http://s.kaskus.id/images/2013/09/23...0923042253.jpg
baik lewat situs ataupun aplikasi bacaan, berita dan forum, kita sering mengalami kendala seperti susah untuk mengakses artikel tersebut karena jaringan lelet... atau topik sangat menarik tapi kita belum punya waktu untuk membaca artikel sepanjang itu … atau ane dapat artikel itu dari link teman di jaringan sosial, tapi ane masih tidak mood baca artikel, lagi asik akses status teman. Pada keadaan demikian, aplikasi pocket akan sangat membantu anda. Setelah anda menginstal aplikasi ini, di situs mana saja atau aplikasi bacaan apa saja, saat anda ketik share akan muncul pilihan pocket.
nah, jika anda memilih pocket berarti anda telah mendownload artikel tersebut ke pocket, dan anda dapat membacanya kapan saja walaupun dalam kondisi tidak ada jaringan internet. biasanya ane membaca artikel artikel ini saat sedang di bus ataupun waktu sedang menunggu someone yang mungkin akan muncul kapan saja dalam waktu singkat.
cara sinkronnya juga sama dengan evernote yaitu dengan mengaitkan akun email dan akan otomatis terunduh disetiap device yang terinstal aplikasi pocket dengan akun yang sama.
https://play.google.com/store/apps/d...eaditlater.pro

ayo, agan agan, dicoba dicoba, ane yakin anda akan merasakan wow, ternyata bagusnya device android tidak hanya membawakan hiburan tapi sangat berguna bagi kegiatan sehari hari.

sebenarnya masih buanyaaakkk sekali aplikasi aplikasi yang membantu kita, mungkin agan agan boleh beri masukan di sini aplikasi apa saja yang sedang agan pake, dan nantinya akan ane buatkan part II.
0
2.8K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan