Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Phiong333Avatar border
TS
Phiong333
Saat ke Gym, Rata-rata Orang Hanya Memakai 65% Waktunya untuk Fitnes





Jakarta - Waktu yang dihabiskan saat berada di gym ternyata belum tentu dimanfaatkan hanya untuk fitnes. Menurut survei yang dilakukan pada 100 responden di Inggris, orang yang pergi ke pusat kebugaran ternyata hanya menggunakan 65 persen waktunya untuk nge-gym. Sementara 35 persen sisa waktu, dimanfaatkan untuk hal lain yang tidak berhubungan dengan olahraga atau latihan.

Survei yang dilakukan oleh klub fitnes ternama di Inggris, Harpers Fitness itu mengungkap bahwa banyak waktu tersia-sia saat orang berada di gym karena aktivitas yang sebenarnya kurang penting. Apa saja yang sebenarnya orang lakukan di gym, selain olahraga?

Sebagian besar, atau sekitar 55 persen responden sibuk memilih-milih lagu dari iPod atau pemutar musik untuk menentukan lagu mana yang paling cocok didengarkan sembari mereka fitnes. Padahal, akan lebih efisien dan menghemat waktu jika sebelumnya sudah memilih lagu dan memasukkannya dalam playlist sebelum pergi ke gym.

Sementara itu ada 30 persen orang yang menghabiskan waktu hingga 10 menit hanya untuk memasang headphone. Rata-rata karena kabel headphone terlilit barang-barang di tas atau sulit dicari di dalam tas. Waktu 10 menit tidak akan terbuang sia-sia jika Anda menyimpan iPod, smartphone beserta charger dan headphone-nya di satu tas kecil khusus.

Aktivitas lain yang membuat waktu nge-gym terbuang sia-sia adalah kebiasaan ngobrol. Terhitung ada 32 persen orang yang menghabiskan waktu olahraganya untuk berbincang dengan orang lain. Kegiatan lain yang membuat waktu nge-gym tidak benar-benar dimanfaatkan penuh adalah mengisi botol dengan air minum, mengelap peralatan fitnes, memeriksa ponsel, menunggu alat fitnes bergantian, berbicara dengan staf klub fitnes, makan atau minum.

Meskipun setengah dari responden berpendapat aktivitas tersebut hanya memakan waktu kurang dari lima menit, tapi hampir 1/3-nya menghabiskan waktu hingga masing-masing 10 menit untuk setiap kegiatan yang dilakukan. Ditambah lagi dengan waktu yang terbuang karena memilih lagu, mengganti pakaian atau mengikat sepatu.

Anda tentunya tidak ingin uang yang telah dikeluarkan setiap bulan untuk kelas fitnes terbuang sia-sia dan tidak dimanfaatkan secara efektif. Dari durasi 2 jam, mungkin yang Anda benar-benar manfaatkan untuk latihan hanya 1 jam atau bahkan 45 menit. Bukan soal materi saja, tapi juga manfaatnya untuk kebugaran tubuh. Jika Anda lebih banyak menghabiskan waktu untuk sesuatu yang kurang krusial, tentu manfaat olahraga tidak bisa dirasakan secar maksimal.

Ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga jam fitnes Anda lebih efisien dan hasilnya efektif, seperti dikutip dari Women's Health Mag:

- Sebelum pergi ke gym, rencanakan latihan apa saja yang akan Anda lakukan di sana. Jika alat yang Anda ingin gunakan sedang dipakai orang lain, tunggu giliran dengan memainkan alat yang lainnya dulu.

- Pilih lagu-lagu penyemangat di dalam iPod atau MP3 dan masukkan dalam playlist. Jangan setel dalam shuffle mode. Dengan begitu, Anda hanya perlu menekan 'play' dan langsung mulai olahraga.

- Taruh headphone Anda di dalam tas kecil khusus untuk mencegah kabelnya terlilit barang atau gadget lain di dalam tas. Cara ini akan mempercepat waktu untuk 'repot-repot' dengan segala perlengkapan yang Anda bawa.

- Simpan ponsel Anda di dalam loker atau ketika Anda mendengarkan musik, pilih airplane mode. Dengan begitu, Anda tidak akan terganggu dengan panggilan telepon, SMS, atau online chat selagi berolahraga.

- Tali sepatu yang lepas seringkali 'mencuri' waktu gym Anda. Yang bisa dilakukan adalah mengikat tali sepatu dua kali sebelum fitnes agar ikatannya lebih kencang dan tidak sering terlepas.

- Isi botol minum Abda dengan air hanya sebelum dan setelah latihan. Bukan selama latihan, untuk meminimalisir lamanya waktu Anda berjalan dari kelas fitnes, ke dispenser air, mengisinya, lalu kembali lagi ke tempat semula.

- Latihan dengan personal trainer secara reguler. Personal trainer akan membuat Anda tetap fokus pada latihan dan mencegah Anda mengobrol dengan pengunjung lain.

Spoiler for Comment TS:


[URL="http://wolipop.detik..com/read/2013/09/10/091134/2354007/849/saat-ke-gym-rata-rata-orang-hanya-memakai-65-waktunya-untuk-fitnes?w991100234"]Sumber[/URL]


Budidayakan emoticon-Rate 5 Star

Dan emoticon-Blue Guy Cendol (L)untuk TSnya
Diubah oleh Phiong333 10-09-2013 03:05
0
4.7K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan