zeroyonlineAvatar border
TS
zeroyonline
(Program Basi Lagi!) Tahun 2014, Jakarta Bebas Sampah

Pemrov DKI Jakarta berjanji pada tahun 2014 nanti, Jakarta akan bebas dari sampah. Pasalnya, Dinas Kebersihan DKI Jakarta telah menyiapkan 25 perahu mesin dan 150 perahu berbahan styrofoam.

“Perahu yang kami beli ini dilengkapi sabit pemotong eceng gondok. Kami juga siapkan perahu yang terbuat dari styrofoam untuk membersihkan sampah di saluran air,” ujar Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Unu Nurdin, Minggu (22/9).

Selain perahu, pihaknya juga menyiapkan 39 truk guna mengangkut sampah dari air.

Dikatakan Unu, dengan pengerahan sarana tersebut, pihaknya menargetkan pada tahun 2014 seluruh sampah di waduk maupun saluran air sudah terangkut. Namun, ia juga meminta peran serta warga agar menjaga kebersihan demi kenyamanan bersama.

Sementara itu, Kepala UPK Pesisir dan Pantai Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Budi Karya, menjelaskan pembersihan sampah tersebut dilakukan secara bertahap dan sudah dimulai sejak awal September.

“Karena luas dan banyaknya saluran air di Jakarta, maka kami menanganinya tidak secara manual, tapi menggunakan alat memadai,” kata Budi.

Sebelumnya, Pemprov DKI telah menyiapkan sanksi tegas bagi warga yang masih nekat membuang sampah bukan pada tempatnya. Dalam peraturan daerah (Perda) tentang pengelolaan sampah yang baru disahkan disebutkan, siapa pun yang kedapatan membuang sampah sembarangan akan didenda sebesar Rp 50 juta

“Jika warga dan perusahaan tidak melakukan kewajiban yang diatur dalam perda tersebut, maka mereka akan dikenakan sanksi administratif hingga denda minimal Rp 500 ribu hingga Rp 50 juta,” jelas Unu, Selasa (21/5) belum lama ini.(sol/her)

SOL

Tahun 2014 Jokowi jadi presiden...terus yang mau ngeruk sampahnya siapa ini emoticon-Ngakak
0
2.2K
44
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan