BillyBoenAvatar border
TS
MOD
BillyBoen
Pola Hidup Sukses
Ketika saya ngebahas soal sukses, seringkali saya kaitkan dengan passion, pola pikir, dan karakter. Kita harus tau apa passion kita, set mimpi yang tinggi, dan miliki karakter yang baik (sopan, ngga belagu, hormati semua orang, berpikiran terbuka, extra mile, dan lain-lain).

Kali ini, segi pembahasan tentang suksesnya dari sudut pandang yang berbeda. Kesehatan! Ya, mungkin Agan lebih sering dengar ‘pola hidup sehat’, mirip. Kira-kira inilah yang ingin saya bahas. Kenapa? Karena orang yang sukses secara karir, kalau sakit-sakitan, ngga bisa dibilang sukses. Percuma banget punya jabatan tinggi, gaji gede, atau punya perusahaan besar kalau hidupnya sakit-sakitan?

Saya yakin, ngga ada satu orang pun yang ingin sakit. Apalagi sakit-sakitan. Tapi pertanyaannya: Kenapa banyak yang ngga peduli dengan badannya? Dugem setiap malam, makan makanan yang ngga sehat, dan ngga pernah olah raga.. kalau Agan Superman yang ngga pernah bisa jatuh sakit sih silahkan. Tapi, ingat, Superman cuma ada di komik dan film; di kehidupan nyata ngga ada!

Alasan untuk ngga olah raga pun macem-macem, tapi yang paling banyak: sibuk, ngga sempat. Hmm.. sebelum melemparkan alasan, seharusnya kita nanya dulu ke diri kita, “Apakah kita bener-bener mau hidup sehat?” Secara psikologis, kalau kita benar-benar mau hidup sehat, kita akan.. ya itu tadi: jaga makan, istirahat cukup, dan olah raga.

Memang ngga setiap orang seberuntung mba Susan yang saya temui beberapa waktu lalu. Siapa dia? Mba Susan itu ngaku dulunya chubby, tapi dengan bertambahnya umur, bukannya makin gendut, eh makin cantik dan slim! Kenapa saya bilang ngga setiap orang seberuntung mba Susan?

Dia itu udah kerja belasan tahun di Nutrifood. Sebuah perusahaan yang peduli banget terhadap kesehatan. Bukan terefleksi dari produk-produk yang dipasarkannya (L-Men, WRP, Hi-Lo, dan lain-lain), tapi juga terlihat di kultur perusahaannya!

Mba Susan itu Health Committee di Nutrifood! Berapa banyak perusahaan yang punya “Health Committee”? Tau ngga, di kantor Nutrifood, ada ruang fitness, ada ruang serba guna yang setiap minggu diisi dengan body combat, pilates, dan yoga. Juga ada program dimana semua karyawan bisa ngecek kesehatannya gratis setiap beberapa bulan sekali!

Yang saya suka ketika berkunjung ke kantornya, ketika saya mau naik lift, eh ada stiker yang intinya ngajak orang-orang untuk lebih baik naik tangga. Hal-hal kecil kayak begini, ngajak karyawannya sehat, benar-benar terlihat di kantor ini. Nah, kantinnya pun sudah dibredel habis oleh Health Committee. Dulunya, yang namanya gorengan masih merajai kantor ini, selayaknya kantor-kantor pada umumnya. Makan siang yang ada di kantin juga dulu selalu ada menu kerupuknya. Sekarang udah ngga ada sama sekali! Jadi, kalau meeting di kantor ini, jangan harap disuguhin goreng-gorengan yang ‘enak’ namun tidak sehat itu!

Hmm.. saya harus akui, Nutrifood adalah salah satu perusahaan inspiratif.

Rasanya, saya mau matiin aja deh lift yang ada di kantor saya, biar karyawan-karyawan saya mau ngga mau naik tangga. Hmm..

Pola hidup sukses = pola hidup sehat. Dan sehat itu bukan cuma sekedar kurus loh ya. Nutrisi harus seimbang. Yang pasti gampangnya gini, kalau Agan lagi ngga ideal berat badannya dan mau kurusin badan, jumlah kalori yang masuk harus lebih sedikit dari jumlah kalori yang dikeluarkan. Kalau mau naikin berat badan karena sekarang kekurusan, ya tinggal dibalik: jumlah kalori yang masuk harus lebih banyak dari jumlah kalori yang dikeluarkan. Kalau Agan sudah di berat badan ideal, ya jumlah kalori yang masuk harus +/- sama dengan yang dikeluarkan. Simple kan?

Kalau bisa sukses dan sehat, tanpa harus ngerasain sakit-sakitan, kenapa ngga?

See You ON TOP!

Billy Boen
CEO PT. YOT Nusantara (@youngontop)
Co-Founder & Shareholder PT. Jakarta International Management (@JIMModels @JIMExecutive)
Co-Founder & Shareholder Rolling Stone Cafe (@RSCafeINA)
Co-Founder & Shareholder @DeHUB_JKT

@billyboen
facebook.com/billyboenYOT
www.youngontop.com

***Untuk yg mau bertanya ke saya, sign up di youngontop.com & tanya di #YOTForum: https://www.youngontop.com/forum/for...Ask-Billy-Boen

***Tidak ada orang sukses yang tidak mengenali dirinya sendiri. Seberapa seimbang hidup Agan? Ambil Tes Keseimbangan Pribadi (TKP) di sini: www.youngontop.com/balpil sekarang!

***Baca tulisan saya di Koran Sindo: "Kita Semua Klub 99": https://www.youngontop.com/buddies/k...ub-99-e2roakov

***Saksikan YOTMetro setiap hari Sabtu pukul 13.30-14.00. Nah, Sabtu 21 September ini di episode khusus ngebahas tentang 'Hidup Sehat'. Jangan lewatkan!
Diubah oleh yotkc 21-09-2013 03:27
0
27.9K
346
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan