beside.dudeAvatar border
TS
beside.dude
[MITOS or FACT] KARMA untuk buyer PARANOID?
As a Seller,
ane mau angkat masalah ini kepada kalian semua,
keluarga besar KASKUS

KARMA?
Spoiler for arti karma:


So? apa hubungannya KARMAdengan BUYER yang PARANOID?
Percaya ga percaya, ADA
DAN SAYA SAKSINYA


Saya sudah 1 tahun bergelut di bidang Online Shop Fashion in Frame



Saya banyak sekali menjumpai Buyer yang baik hati, ramah, dan sabar ..
Barang ga sampai sampai seminggu, mereka tetap sabar dan tenang ..

Namun banyak juga saya menghadapi BUYER PARANOID?
Spoiler for arti paranoid:


Ciri-ciri buyer paranoid :
1. Menanyakan kapan sampai? terus menerus, terus menerus, terus menerus
2. Menanyakan kirim memakai expedisi apa? resi nomor berapa?
3. Bila ada kesalahan resi mereka akan bertindak agresif, dan bahkan memaki-maki seller seakan penipu, dll
4. Memakai kata-kata yang se-akan menusuk, menjurus dan bahkan mengancam seller
5. Menelpon terus menerus, bahkan hari ini 19-20 September 2013, TS menerima telepon hingga 25X( 10 X diterima, 15 X di-diamkan)
6. Membaca setiap detail sms/ kata-kata seller, dan menggunakan itu untuk kembali menyerang
7. Tidak ada terimakasih setelah barang datang (Optional, ga selalu, ada pula yang setelah barang datang, mereka menjadi baik kembali)

Lalu, apakah ada solusi untuk orang seperti itu?
ADA, it's not impossible to be handle

1. Tenang
2. Jangan emosi
3. Upayakan memberikan kata-kata yang baik
4. Bila Seller Utama, usahakan nomor resi
Bila Dropshipper, usahakan tanya kepada Supplier
5. Namun, ada kalanya resi pun tidak membantu kalau ternyata :
a. Nomor resi salah
b. Tidak terdaftar
6. Resi bukan segalanya, PARANOID IS PARANOID, mereka tidak akan tenang sebelum barangnya tiba
7. Tidak perlu mengangkat telepon dari mereka
8. Tetap lakukan komunikasi walaupun dengan SMS
9. Upayakan pemberitahuan, seperti ini terakhir saya menanggapi, ini terakhir, dll
10. Tetap tenang dan sabar

Lalu apa akibatnya untuk BUYER PARANOID?
ADA dan bahkan SANGAT BURUK
ini MITOS? entahlah, namun ini terjadi dan SELALU
1. 80% Buyer Paranoid akan menerima barangnya delay (Truly this is FACT, i'am one of KASKUS Seller too)
2. 50% Buyer Paranoid menerima barang yang tidak sesuai dengan pesanannya (Cacat, size tidak sesuai, dll)
3. 1% Barang hilang di expedisi

Lalu, bagaimana seharusnya menjadi BUYER YANG MANTAP?
1. Cek keabsahan lapak penjual yang anda inginkan
2. Cek reputasi penjual, yakinkan diri anda
3. Cek testimonialnya
4. PERCAYA PADA PENJUAL YANG ANDA INGIN BELI
5. Transfer via bank bila ANDA PERCAYA
6. Gunakan REKBER bila jumlah sangat besar, atau Seller meragukan
7. TUNGGU, dan BERSABAR
8. Jangan memikirkan barang yang anda beli, karena anda akan STRESS
9. Berdoa saja supaya Expedisinya cepat ..

Sekian, cerita ane sebagai SELLER di dunia online,
Bila ada yang tersinggung, saya tidak ada maksud apa-apa
Bila ada yang suka, mohon rate-nya
Bila ada yang ingin menambahkan, PM me for page one

TERIMAKASIH,
SALAM SUKSES!


Agan-agan yang mendapat pengalaman serupa, sebagai saksi fenomena ini:


Quote:
Diubah oleh beside.dude 26-09-2013 03:31
0
2.2K
26
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan