Kaskus

Entertainment

reyronldAvatar border
TS
reyronld
(Share) Pengalaman(keluhan) TS tentang Kasir Supermarket.
Selamat pagi momod, mimin, agan2 dan aganwati semua, sebelumnya ijinkan TS untuk menceritakan pengalaman TS tentang kasir di salah satu supermarket gede dekat rumah TS, siapa tau bisa menjadi hikmah atau bahan pengetahuan agan2 sekalian.

Kebetulan dekat rumah TS ada sebuah supermarket retail gede yg baru berdiri kira2 5 tahun terakhir ini, sebelumnya tidak ada supermarket sekelas deket rumah TS, jadinya dulu TS biasanya paling belanja di warung kelontong utk barang2 kelontongan, sedangkan utk bahan2 segar kyk buah, jus, telor dll harus ke supermarket lain yg letaknya sedikit lebih jauh dari rumah TS. Terus terang TS merasa terbantu dgn berdirinya supermarket tsb krn tinggal jalan kaki ato naik motor klo lagi males utk beli apa aja, pokoknya barang2 yg tdk tersedia di warung, apalagi tempatnya nyaman ber-AC.

Tetapi ada 1 yg menjadi keluhan TS(sebenarnya sih beberapa tp yg 1 ini adalah yg paling annoying sampe2 TS sharing di lounge), hal itu adalah soal kasir, dan akhir2 ini hal ini makin menjadi. TS rasa agan dan aganwati tau klo belanja di supermarket, harganya suka ganjil, misalnya Rp2.951 yg tentunya dibulatkan menjadi RP3.000 pas bayar dikasir. Nah yg bikin TS sebel adalah para kasir supermarket itu klo membulatkan harga suka gk pake otak(excuse me) krn klo jumlah bayar selalu dibulatkan keatas tapi klo uang kembalian selalu dibulatkan kebawah contoh; misalnya belanja senilai Rp5.225 sama kasir uang yang diminta adalah Rp5.300, yg bikin TS heran itu kasirnya belajar matematika gk sih? pembulatan kok jauh banget dari 5.225 dibuletin ke 5.300?!, ini baru masalah pas kita bayar, nah klo pas kasir ngasih kembalian ke kita klo pas kita bayar pake uang lebih krn gk ada recehan beda lagi gan, contoh; misalnya setelah dihitung di cash register, kembalian yg yg tertera di monitor adalah Rp5.485, klo menurut aturan pembulatan, kembalian yg seharusnya diterima konsumen adalah Rp5.500 tetapi sama si kasir supermarket ini, kembalian yg diberikan adalah Rp5.400, jomplang kan?! nah akhirnya saking empetnya TS sama kelakuan para kasir ini, pada suatu hari TS memutuskan utk ngetes mereka. Beberapa hari yg lalu TS Belanja lagi disitu dengan sengaja TS bawa uang receh pecahan 100 dan 50 dikantong, pas bayar ke kasir, nilai yg tertera di monitor adalah RP26.481, nah kesempatan nih!! akhirnya TS bayar dengan nilai Rp26.400 krn pengen ngeliat aja apa respon kasirnya, dan responnya adalah,..ding,..ding,..jutek, muka kusut, tidak bilang terima kasih dan tidak ngasih struk. Terbukti kan, klo dia ngasih kembalian kurang, mukanya rata aja se-akan2 itu suatu hal yg wajar dan merupakan hak para kasir itu tp giliran kita bayar kurang si kasir BT bin murka krn merasa hak dirampas.

Sorry ya utk agan2 yg mungkin beranggapan TS itu pelit, alasan TS komplain soal ini adalah:
1. Orang yg lulus SMU(yg merupakan syarat pendidikan minimal utk jadi kasir) pasti belajar matematika, dan di matematika mulai SD - SMU diajarin yg namanya aturan pembulatan dan angka 5.225 klo menurut aturan pembulatan itu seharusnya dibulatkan 5.250.
2. Di Indonesia tersedia uang logam pecahan Rp50,00
3. Kembalian merupakan hak konsumen sama seperti produsen/penjual berhak utk menerima pembayaran penuh dari harga barang yg dijualnya.
4. Klo misalnya kasirnya(ato org lain for that matter) beranggapan "duit segitu aja kok dipikirin, pelit banget sih!" well klo gitu gw juga bisa berargumen "klo emang duit segitu gk perlu dipikirin, kenapa gk sekalian aja supermarket itu setiap kembalian dilebihin 50 ato 100?!" klo misalnya supermarket itu gk mau rugi, kenapa harus ngerugiin konsumen?
5. Yg namanya orang jualan ya wajib utk nyediain uang receh utk kembalian, klo gk mau yg jgn jualan, ato paling gk, klo ngasih harga jgn keriting2. coba liat tukang nasi goreng gerobakan ato warung rokok, mereka gk pernah bermasalah sama kembalian dan selalu ngasih kembalian lengkap, masa supermarket gede kalah sama pedagang kecil?!
6. klo misalnya ada yg beranggapan "anggap aja amal" well, supermarket tersebut adalah organisasi yg berorientasi laba, alias bukan organisasi nirlaba seperti lembaga amal, dan bukan koperasi karyawan yg duitnya bakal balik2 juga ke anggota, klo mo amal langsung aja ke gelandangan ato org jompo, masa' Supermarket gede mengharapkan amal?!, utk amal ada jalurnya sendiri.

Ending ceritanya adalah, kemarin malam TS kesitu lagi(krn emang bener2 mo ada yg dibeli) dan TS memutuskan utk nyari Manajernya utk menyampaikan keluhan ini secara langsung, singkat cerita pas ketemu manajernya, TS sampaikan keluhan ini secara sopan, padat, dan bergizi.

TS: Selamat malam pak, sebelumnya mohon maaf mengganggu.

Manajer: iya tidak apa2 pak, ada yg bisa saya bantu?

TS: begini pak saya punya keluhan soal kasirnya, kenapa ya klo ngasih kembalian kok sering kurang? klo pun dibulatkan kok jauh banget, kan di Indonesia ada pecahan Rp50 tp kenapa klo misalnya belanja Rp5.225, uang yg diminta Rp5.300, klo memang gk ada kembalian ya minimal bilanglah "maaf kembaliannya gk ada" saya juga ngerti kok pak, dan ini bukan masalah nominalnya krn duit segitu juga gk bikin kaya, tp itu kembalian itu hak saya sebagai konsumen.

Manajer: baik pak terima kasih, hal ini juga sebagai masukan bagi kami, akan saya tindaklanjuti, nanti klo misalnya kami perlu konfirmasi lebih lanjut akan saya tlp(sebelumnya sudah TS kasih no hp TS)

Dan untuk "closing act" abis belanja tomat dengan jumlah bayar Rp25.003, TS bayar Rp26.000, nah kasirnya heran, dia bilang "bayarnya kelebihan pak" trus TS bilang "gpp mbak, itu sumbangan saya buat supermarket ini"

Sekali lagi TS cuma ngeshare pengalaman TS siapa tau berguna, tidak bermaksud menggiring opini utk setuju dgn TS atau mengharapkan cendol, klo gk setuju jg gpp, tp tolong secara tepat dan sopan. sekian dan terima kasih dari TS.

0
4.7K
40
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan