- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Jembatan Misterius Didunia
TS
nugiealindro
Jembatan Misterius Didunia

Budayakan Comment Bermutu dan Rate 5


Quote:
Jembatan Adam
Ada sebuah jembatan yang disebut Adam Bridge, atau dikenal juga dengan Rama Bridge penuh misteri. Alasannya, karena umur jembatan ini diperkirakan lebih dari 1 juta tahun.
Letak Adam Bridge sepanjang 30 Km ini menghubungkan antara Manand Island (Srilanka) dan Pamban Island (India). Strukturnya sangat mudah terlihat dari atas permukaan air laut karena kedudukannya yang tidak terlalu dalam.
Status jambatan ini masih merupakan misteri sehingga kini. Menurut tafsiran, Adam Bridge mempunyai kaitan dengan mitos terkenal India, Ramayana.
Yang bikin heboh, Srilankan Archeology Department mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan usia Adam Bridge mungkin berkisar diantara 1.000.000 hingga 2.000.000 tahun. Yang menjadi pertanyaan, apakah jambatan ini benar-benar terbentuk oleh proses alam atau ciptaan manusia?
S.U.Deraniyagala, Pengarah Pusat Arkeologi Sri Lanka yang juga merupakan pengarang buku “Early Man and the Rise of Civilization in Sri Lanka: the Archaeological Evidence mengatakan bahwa peradaban manusia telah muncul di Kaki Gunung Himalaya sekitar 2.000.000 tahun lalu. Para sarjana menaksirkan bahawa kemungkinan jambatan purba ini dibangunkan setelah daratan Sri Lanka terpisah daripada India jutaan tahun silam.
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Ada sebuah jembatan yang disebut Adam Bridge, atau dikenal juga dengan Rama Bridge penuh misteri. Alasannya, karena umur jembatan ini diperkirakan lebih dari 1 juta tahun.
Letak Adam Bridge sepanjang 30 Km ini menghubungkan antara Manand Island (Srilanka) dan Pamban Island (India). Strukturnya sangat mudah terlihat dari atas permukaan air laut karena kedudukannya yang tidak terlalu dalam.
Status jambatan ini masih merupakan misteri sehingga kini. Menurut tafsiran, Adam Bridge mempunyai kaitan dengan mitos terkenal India, Ramayana.
Yang bikin heboh, Srilankan Archeology Department mengeluarkan pernyataan yang menyebutkan usia Adam Bridge mungkin berkisar diantara 1.000.000 hingga 2.000.000 tahun. Yang menjadi pertanyaan, apakah jambatan ini benar-benar terbentuk oleh proses alam atau ciptaan manusia?
S.U.Deraniyagala, Pengarah Pusat Arkeologi Sri Lanka yang juga merupakan pengarang buku “Early Man and the Rise of Civilization in Sri Lanka: the Archaeological Evidence mengatakan bahwa peradaban manusia telah muncul di Kaki Gunung Himalaya sekitar 2.000.000 tahun lalu. Para sarjana menaksirkan bahawa kemungkinan jambatan purba ini dibangunkan setelah daratan Sri Lanka terpisah daripada India jutaan tahun silam.
Quote:
JEMBATAN CINCIN JATINAGOR
Bila kita sedang berjalan-jalan di kampus Unpad Jatinangor dan kebetulan melewati Fakultas Komunikasi, dan bila kita menghadap ke sebrang, kita akan melihat sebuah jembatan tua yang cukup menarik perhatian. Jembatan tersebut sudah terlihat sangat tua, dan oleh masyarakat sekitar biasa disebut dengan nama Jembatan Cincin.
Jembatan Cincin dibangun oleh perusahaan kereta api Belanda yang bernama Staat Spoorwagen Verenidge Spoorwegbedrijf pada tahun 1918. Jembatan Cincin ini pada mulanya dibangun sebagai penunjang lancarnya kegiatan perkebunan karet. Jembatan ini berguna untuk membawa hasil perkebunan. Dan pada masanya, jembatan ini menjadi salah satu roda penggerak perkebunan karet terbesar di Jawa Barat.
Nasib Jembatan Cincin tidak berbeda jauh dengan nasib Menara Loji. Tidak adanya instansi yang mau menangani perawatan situs-situs bersejarah ini. Baik Pemda Sumedang maupun PT KAI (Kereta Api Indonesia) – dua pihak yang cukup berkepentingan dengan Jembatan Cincin – menyatakan bahwa pemeliharaan Jembatan Cincin tidak termasuk dalam tanggungjawabnya. Menurut PT KAI, jembatan ini tidak pernah diperbaiki karena sudah tidak digunakan lagi. Sedangkan menurut Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Pemda Sumedang, perawatan bangunan bersejarah tidak termasuk dalam tanggung jawab dinas tersebut karena dinas ini hanya bertugas memperhatikan dan membina nilai-nilai budaya.
Walaupun sudah tidak mendapatkan perawatan, Jembatan Cincin sampai saat ini masih memberikan manfaatnya bagi masyarakat sekitar. Jembatan ini masih digunakan oleh masyarakat sebagai jalan penyambung antara Desa Cikuda dan Desa Cisaladah, dan juga digunakan oleh mahasiswa yang tinggal atau pun kost di daerah Cikuda untuk menuju kampus Unpad.
Ada cerita berbalut mistis di sebuah jembatan bekas rel kereta api tepatnya di kampung Neglasari, kecamatan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Banyaknya makhluk gaib yang sering menampakkan diri, juga tentang cerita seseorang yang mengakhiri hidupnya dengan melompat dari jembatan ini. Membuat nama jembatan cincin ini sangat tersohor dengan keangkerannya. Kali ini tim Dua Dunia akan menelusuri cerita mistis dari Jembatan Cincin Jatinangor.
Spoiler for :
Spoiler for :
Spoiler for :
Bila kita sedang berjalan-jalan di kampus Unpad Jatinangor dan kebetulan melewati Fakultas Komunikasi, dan bila kita menghadap ke sebrang, kita akan melihat sebuah jembatan tua yang cukup menarik perhatian. Jembatan tersebut sudah terlihat sangat tua, dan oleh masyarakat sekitar biasa disebut dengan nama Jembatan Cincin.
Jembatan Cincin dibangun oleh perusahaan kereta api Belanda yang bernama Staat Spoorwagen Verenidge Spoorwegbedrijf pada tahun 1918. Jembatan Cincin ini pada mulanya dibangun sebagai penunjang lancarnya kegiatan perkebunan karet. Jembatan ini berguna untuk membawa hasil perkebunan. Dan pada masanya, jembatan ini menjadi salah satu roda penggerak perkebunan karet terbesar di Jawa Barat.
Nasib Jembatan Cincin tidak berbeda jauh dengan nasib Menara Loji. Tidak adanya instansi yang mau menangani perawatan situs-situs bersejarah ini. Baik Pemda Sumedang maupun PT KAI (Kereta Api Indonesia) – dua pihak yang cukup berkepentingan dengan Jembatan Cincin – menyatakan bahwa pemeliharaan Jembatan Cincin tidak termasuk dalam tanggungjawabnya. Menurut PT KAI, jembatan ini tidak pernah diperbaiki karena sudah tidak digunakan lagi. Sedangkan menurut Dinas Budaya dan Pariwisata (Disbudpar) Pemda Sumedang, perawatan bangunan bersejarah tidak termasuk dalam tanggung jawab dinas tersebut karena dinas ini hanya bertugas memperhatikan dan membina nilai-nilai budaya.
Walaupun sudah tidak mendapatkan perawatan, Jembatan Cincin sampai saat ini masih memberikan manfaatnya bagi masyarakat sekitar. Jembatan ini masih digunakan oleh masyarakat sebagai jalan penyambung antara Desa Cikuda dan Desa Cisaladah, dan juga digunakan oleh mahasiswa yang tinggal atau pun kost di daerah Cikuda untuk menuju kampus Unpad.
Ada cerita berbalut mistis di sebuah jembatan bekas rel kereta api tepatnya di kampung Neglasari, kecamatan Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat. Banyaknya makhluk gaib yang sering menampakkan diri, juga tentang cerita seseorang yang mengakhiri hidupnya dengan melompat dari jembatan ini. Membuat nama jembatan cincin ini sangat tersohor dengan keangkerannya. Kali ini tim Dua Dunia akan menelusuri cerita mistis dari Jembatan Cincin Jatinangor.
Quote:
JEMBATAN ANCOL
Jembatan ancol yang dulunya merupakan jembatan goyang ini berada di jakarta utara.Si manis jembatan ancol dipercayai adalah arwah dari Maryam atau Siti Ariah.Menurut cerita yang berkembang di daerah itu,mariyam adalah seorang gadis kembang desa yang dirudapaksa lalu kemudian dibunuh dan mayatnya dibuang ke sungai yang ada dibawah jembatan ancol tersebut.Semenjak itu seringkali terjadi penampakan seorang wanita cantik di tengah-tengah malam.
Pernah ada seorang pemilik kios di daerah tersebut pada tengah malam,melihat gadis yang lewat di depan kiosnya.kemudian dia keluar dan melihat gadis tersebut,kira-kira 50 meter dari tempatnya,gadis tadi berhenti lalu menatapnya tersenyum dan kemudian menghilang.Diyakini gadis tersebut adalah si manis jembatan ancol.Selain itu,ada juga cerita mengenai penampakan si manis ini di depan hotel horison ancol.Konon sering ada wanita cantik yang melintas didepan hotel ini dan ketika akan dilihat secara seksama,wanita itu menghilang entah kemana.Dan kabarnya management hotel membuat kamar khusus untuk "si manis" ini.
Dengan semakin banyaknya cerita mistis mengenai keberadaan si manis jembatan ancol.Sehingga akhirnya kisah ini di angkat menjadi sinetron berjudul si manis jembatan ancol.Film yang dibintangi oleh Diah Permatasariini dirilis pada tahun 1993.
Spoiler for :
Jembatan ancol yang dulunya merupakan jembatan goyang ini berada di jakarta utara.Si manis jembatan ancol dipercayai adalah arwah dari Maryam atau Siti Ariah.Menurut cerita yang berkembang di daerah itu,mariyam adalah seorang gadis kembang desa yang dirudapaksa lalu kemudian dibunuh dan mayatnya dibuang ke sungai yang ada dibawah jembatan ancol tersebut.Semenjak itu seringkali terjadi penampakan seorang wanita cantik di tengah-tengah malam.
Pernah ada seorang pemilik kios di daerah tersebut pada tengah malam,melihat gadis yang lewat di depan kiosnya.kemudian dia keluar dan melihat gadis tersebut,kira-kira 50 meter dari tempatnya,gadis tadi berhenti lalu menatapnya tersenyum dan kemudian menghilang.Diyakini gadis tersebut adalah si manis jembatan ancol.Selain itu,ada juga cerita mengenai penampakan si manis ini di depan hotel horison ancol.Konon sering ada wanita cantik yang melintas didepan hotel ini dan ketika akan dilihat secara seksama,wanita itu menghilang entah kemana.Dan kabarnya management hotel membuat kamar khusus untuk "si manis" ini.
Dengan semakin banyaknya cerita mistis mengenai keberadaan si manis jembatan ancol.Sehingga akhirnya kisah ini di angkat menjadi sinetron berjudul si manis jembatan ancol.Film yang dibintangi oleh Diah Permatasariini dirilis pada tahun 1993.
Quote:
JEMBATAN SURAMADU
Cerita ini ane dapetin dari tetangga ane yg berasal dr surabaya, dan dia adalah salah seorang teknisi listrik untuk jembatan Suramadu.
Ceritanya, pada waktu pembangunan jembatan Suramadu, sebagian pekerja adalah dari orang dari negeri ginseng (Korea). Yah..agan tau sendiri orang sana kalo kerja lebih serius dan punya stamina yg lebih daripada orang kita. Mungkin karena minum ginseng itu tadi.
Hampir semua proyek pembangunan berskala besar memakai jasa orang Korea, seperti pembangunan PLTU Pacitan yg kini sedang dibangun juga.
Kembali ke Suramadu.
Nah, yg mungkin orang-orang gak tau, orang Korea yg dipekerjakan di Suramadu sebenarnya adalah para narapidana yg hukumannya di atas 15 tahun dan sudah menjalani hukuman sekitar 10 tahun. Mereka dijanjikan bebas oleh pemerintah mereka setelah pembangunan jembatan selesai. Tentu saja mereka bersedia dan seneng dengan tawaran tersebut.
Mungkin agan tanya, selama sekian waktu pembangunan jembatan, dimana mereka tinggal? Ternyata mereka diberi tempat tingal di ruangan yg ada di dalam tiang pancang utama Jembatan
Jadi sebelum dibeton, rangka tiang pancang itulah yg jadi tempat tinggal para pekerja kasar asal Korea. Jumlah mereka sekitar 20an orang.
Nah, yang mengerikan pada waktu tahap akhir pengecoran tiang pancang yg menggunakan concrete pump, para pekerja Korea yg sedang tidur siang disiram berton-ton material beton sehingga terkubur hidup-hidup di tiang pancang Jembatan Suramadu. Mereka dijadiin tumbal jembatan Suramadu
Cerita ini gak pernah tersebar soalnya ada pihak-pihak yg dengan rapat menutupi cerita ini agar gak terdengar masyarakat. Tapi kalo agan tanya ke mereka yg pernah terlibat dalam pembangunan suramadu, pasti mendapat cerita yg sama.
Keanehan selanjutnya,
pada waktu instalasi listrik, kan ada pipa pvc berdiameter sekitar 10 CM yg terbentang sepanjang jembatan sebagai tempat kabel. Nah, pada waktu kabel listrik dimasukkan ke pipa, setelah setengah jalan tiba-tiba kabel tersebut seperti membentur sesuatu dan ga bisa di dorong lebih jauh lagi. Para pekerja coba mengetes lagi dengan menembakkan senapan ukur ke dalam pipa tetapi hasilnya sama! seperti membentur "sesuatu", padahal pipa PVC yg di pasang sebelumnya dipastikan tidak ada sambungan dan tidak tersumbat. Sehingga diputuskan kabel listrik di tanam di badan jembatan (jalur motor).
Itu tadi misteri seputar pembangunan jembatan Suramadu menurut tetanga ane. Benar gak-nya Wallahu'alam.
Spoiler for :
Cerita ini ane dapetin dari tetangga ane yg berasal dr surabaya, dan dia adalah salah seorang teknisi listrik untuk jembatan Suramadu.
Ceritanya, pada waktu pembangunan jembatan Suramadu, sebagian pekerja adalah dari orang dari negeri ginseng (Korea). Yah..agan tau sendiri orang sana kalo kerja lebih serius dan punya stamina yg lebih daripada orang kita. Mungkin karena minum ginseng itu tadi.
Hampir semua proyek pembangunan berskala besar memakai jasa orang Korea, seperti pembangunan PLTU Pacitan yg kini sedang dibangun juga.
Kembali ke Suramadu.
Nah, yg mungkin orang-orang gak tau, orang Korea yg dipekerjakan di Suramadu sebenarnya adalah para narapidana yg hukumannya di atas 15 tahun dan sudah menjalani hukuman sekitar 10 tahun. Mereka dijanjikan bebas oleh pemerintah mereka setelah pembangunan jembatan selesai. Tentu saja mereka bersedia dan seneng dengan tawaran tersebut.
Mungkin agan tanya, selama sekian waktu pembangunan jembatan, dimana mereka tinggal? Ternyata mereka diberi tempat tingal di ruangan yg ada di dalam tiang pancang utama Jembatan
Spoiler for :
Nah, yang mengerikan pada waktu tahap akhir pengecoran tiang pancang yg menggunakan concrete pump, para pekerja Korea yg sedang tidur siang disiram berton-ton material beton sehingga terkubur hidup-hidup di tiang pancang Jembatan Suramadu. Mereka dijadiin tumbal jembatan Suramadu
Cerita ini gak pernah tersebar soalnya ada pihak-pihak yg dengan rapat menutupi cerita ini agar gak terdengar masyarakat. Tapi kalo agan tanya ke mereka yg pernah terlibat dalam pembangunan suramadu, pasti mendapat cerita yg sama.
Keanehan selanjutnya,
pada waktu instalasi listrik, kan ada pipa pvc berdiameter sekitar 10 CM yg terbentang sepanjang jembatan sebagai tempat kabel. Nah, pada waktu kabel listrik dimasukkan ke pipa, setelah setengah jalan tiba-tiba kabel tersebut seperti membentur sesuatu dan ga bisa di dorong lebih jauh lagi. Para pekerja coba mengetes lagi dengan menembakkan senapan ukur ke dalam pipa tetapi hasilnya sama! seperti membentur "sesuatu", padahal pipa PVC yg di pasang sebelumnya dipastikan tidak ada sambungan dan tidak tersumbat. Sehingga diputuskan kabel listrik di tanam di badan jembatan (jalur motor).
Itu tadi misteri seputar pembangunan jembatan Suramadu menurut tetanga ane. Benar gak-nya Wallahu'alam.
Sekian dlu gan nanti ane update lagi pegel tangan

Spoiler for Sumber:
Quote:
Sumber : Wikipedia,google,youtube
Spoiler for :
Norepost
Diubah oleh nugiealindro 19-09-2013 19:14
0
5.8K
Kutip
42
Balasan
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan