rien23Avatar border
TS
rien23
Sahabat Bisa Jadi MUSUH!!! [Muslim masuk]
Assalammu'alaikum Wr. Wb.
Ini trit pertama ane gan,, semoga bisa untuk jd bahan renumgan ya ganemoticon-Matabelo langsung to the point gan. Kita hidup di dunia ini jd makhluk sosial gan,jadi membutuhkan satu sama lain,contohnya berteman.

Teman-teman kita ini semua…emoticon-Traveller.
Spoiler for teman-teman 1:


Spoiler for teman-teman 2:


Spoiler for teman-teman 3:


akan menjadi MUSUH kita di akherat kelak gan!!! emoticon-Takut,bila tidak diniatkan berteman karena Allah swt..

Artinya semua pertemanan dan persahabatan yang tidak dilandasi karena ALLAH, kelak pada hari Kiamat akan berbalik menjadi permusuhan dan kebencian. Mereka saling menyalahkan satu sama lain. Mereka saling berkata kepada sahabatnya: engkaulah yang telah menyesatkan dan membuatku sesat. Masing-masing mencela yang lain, dan satu orang melaknat temannya yang lain, serta mereka saling membebaskan diri dari masing-masing, saling bermusuhan dan mencoba menyalahkan satu sama lain karena mau menyelamatkan diri masing-masing. Begitulah keadaan mereka kelak.

emoticon-Takut emoticon-Takut

Berbeda dengan pertemanan yang dijalin karena ALLAH, mereka akan menjadi saudara yang saling mengasihi dan saling membantu,saling mengingatkan satu sama lain, dan persaudaraan itu tetap akan berlanjut hingga di akhirat. Sebab pertemanan yang dijalin karena ALLAH adalah pertemanan yang kekal abadi.emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo


Dalilnya gan spya ane gak mengada2emoticon-Wowcantik :

“Dan (ingatlah) hari (ketika itu) orang yang zalim menggigit dua tangannya, seraya berkata: ‘Aduhai kiranya (dulu) aku mengambil jalan bersama-sama Rasul. Kecelakaan besarlah bagiku; kiranya aku (dulu) tidak menjadikan si fulan itu teman akrab(ku). Sesungguhnya dia telah menyesatkan aku dari Al Quran ketika Al Quran itu telah datang kepadaku. Dan adalah syaitan itu tidak mau menolong manusia’.” (Al Furqaan: 27-29)

“Teman-teman akrab pada hari itu sebagiannya menjadi musuh bagi sebagian yang lain kecuali orang-orang yang bertaqwa.” (QS. Az-Zukhruf: 67) Yaitu semua pertemanan dan persahabatan yang bukan kerana Allah subhanallahu wa ta’ala akan menjadi permusuhan pada hari Kiamat, kecuali persahabatan yang dilandasi niat kerana Allah subhanallahu wa ta’ala, sebab persahabatan seperti itu akan kekal selamanya. (Shahih Tafsir Ibnu Katsir (Jilid 8), Juz 25, m/s 233-236

Sedangkan dalam hadist disebutkan:
Hadist Pertama:
Rasulullah Saw bersabda, "Perumpamaan teman yang baik dan teman yang buruk, adalah seperti penjual minyak wangi dan peniup api (pandai besi), adakalanya memberi anda (minyak wangi), atau anda membeli darinya, atau anda mendapat bau wangi darinya. Adapun peniup api (pandai besi), adakalanya membakar pakaian anda, atau anda mendapatkan bau yang kurang sedap darinya." (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadist Kedua:
"Seseorang itu mengikuti agama sahabatnya. Maka, hendaklah kalian memperhatikan siapa sahabat kalian." (Hadits Hasan, diriwayatkan Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzi)

Kesimpulannye:
• Teman itu akan mempengaruhi diri kita, baik tingkah laku, cara berfikir. Dan yang paling berbahaya ketika teman itu mepengaruhi ke Imanan kita. Artinya bukan mustahil kita akan berlaku buruk tanpa kita sadari akibat pengaruh teman itu.
• Nilai keimanan, takwa ataupun semangat pembaharuan dalam konteks Islam sangat berpengaruh dalam pergaulan. Seorang teman yang shaleh, sering membaca Qur’an, rajin ke majelis ilmu dsb tentulah lambat laun teman-temannya akan mengikuti jejaknya.
• Teman yang buruk, baik buruk tingkah lakunya, bicaranya kotor, tidak sopan, jauh dari agama, tidak pernah shalat, acuh dengan anjuran agama tidak akan membuat teman-temannya menjadi baik. Malah akan bersama-sama terjerumus dalam kesesatan.
• Berteman boleh dengan siapa saja dan tidak ada larangan untuk itu. Namun seorang teman sejati haruslah dapat membawa kita kearah kebaikan, taat dan soleh.
• Jika suami atau istri itu dianggap teman di dunia dan di akhirat kelak apakah juga akan mempengaruhi pasanggannya?? Sungguh sangat berbahagia jika pasangan ini berdoa agar pasangannya adalah teman yang soleh.
Sekarang agan mau pilih yang mana???emoticon-cystg
Pertemanan yg barokah
Spoiler for teman:

yg membuat setan galau
Spoiler for setan galau:


atau pertemanan yang membuat setan ketawa girang??tinggal pilih gan..
Spoiler for teman:


Spoiler for komen2:


moga bermanfaat gan,,aminnnn emoticon-Kiss

Spoiler for sumber:
Diubah oleh rien23 07-01-2014 07:41
0
6.6K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan