Yamaha YZR500 Dari Masa Ke Masa (YamahaLovers silahkan disedot!!!)
TS
4036
Yamaha YZR500 Dari Masa Ke Masa (YamahaLovers silahkan disedot!!!)
Selama hampir 30 tahun berkiprah di GP500, YZR500 telah mengantarkan pembalapnya menjadi juara dunia 10 kali lewat Giacomo Agostini (1975), Kenny Roberts (1978-1980), Eddie Lawson (1984, 1986, 1988) & Wayne Rainey (1990-1992) serta juara konstruktor sebanyak 8 kali.
Selama kurun waktu yang begitu panjang tersebut pasti YZR500 mengalami perubahan entah itu evolusi atopun revolusi. Biar gak penasaran bagaimana perubahannya yuk kita amati gambar2 YZR500 dari masa ke masa.
Quote:
Quote:
YZR500 tahun 1973 dikendarai oleh Jarno Saarinen. Berkode OW20 ini memiliki spek 4 silinder & berpendingin radiator
Quote:
YZR 500 berkode OW23 tahun 1974-1975, mengantarkan Giacomo Agostini menjadi juara dunia GP500
Quote:
YZR500 berkode OW35 tahun 1977 terjadi perubahan pada sektor saluran masuk & karburator
Quote:
YZR500 berkode OW35K tahun 1978, memperkenalkan Yamaha Power Valve System yang mengantarkan Kenny Roberts menjadi juara dunia
Quote:
YZR500 berkode OW45 tahun 1979
Quote:
YZR500 berkode OW48R tahun 1980 mengalami perubahan pada sasis yang menggunakan aluminium & modifikasi pada saluran gas buang
Quote:
YZR500 berkode OW54 tahun 1981, penerapan rotary disc valve
Quote:
YZR500 berkode OW61 tahun 1982, terjadi revolusi yaitu pertamakalinya menggunakan mesin berkonfigurasi V4 & rangka deltabox yang didesain oleh insinyur Spanyol bernama Antonio Cobas
Quote:
YZR500 berkode OW70N tahun 1983, terjadi modifikasi pada sasis aluminium deltabox & penggunaan velg 17 inch (sebelumnya 18 inch)
Quote:
YZR500 berkode OW76 tahun 1984, memperkenalkan crankcase reed valve system mengantarkan Eddie Lawson menjadi juara dunia GP500
Quote:
YZR500 berkode OW81 tahun 1985, redesain ulang mesin V4
Quote:
YZR500 berkode OW86 tahun 1987 mengalami modifikasi pada sektor pendingin
Quote:
YZR500 berkode OW98 tahun 1988, mengalami rancang ulang desain knalpot & swingarm
Quote:
YZR500 berkode OWA8 tahun 1989, implementasi pertama kali data recording berupa sensor untuk mengetahui kondisi mesin
Quote:
YZR500 berkode OWC1 tahun 1990, mengantarkan Wayne Rainey menjadi juara dunia GP500
Quote:
YZR500 berkode OWD3 tahun 1991, penggunaan piranti elektronik yaitu electronic control rear suspension
Quote:
YZR500 berkode OWE0 tahun 1992, menerapkan teknologi Big Bang versi Yamaha guna mengimbangi Big Bang-nya Honda NSR500 & screamer-nya Suzuki RGV500, output mesin naik dari 153 hp menjadi 158 hp
Quote:
YZR500 berkode OWF2 tahun 1993, fokus pada desain ulang rangka & revisi mesin hingga outputnya naik menjadi 168 hp
Quote:
YZR500 berkode OWF9 tahun 1994-1995, fokus pada pengembangan aerodinamika & ram air intake
Quote:
YZR500 berkode OWJ1 tahun 1996, perubahan pada mesin dimana diameter x langkah sama 54 x 54 mm serta penggunaan bahan yang ringan pada sektor mesin
Quote:
YZR500 berkode OWH0 tahun 1997, pengembangan mesin V bersudut 75 derajat serta modifikasi pada ram air intake
Quote:
YZR500 berkode OWK1 tahun 1998-1999, perubahan pada mesin untuk mengikuti regulasi baru yaitu penggunaan bensin tanpa timbal
Quote:
YZR500 berkode OWK6 tahun 2000, fokus pada meningkatkan top speed & akselerasi
Quote:
YZR500 berkode OWL6 tahun 2001, fokus pengembangan sama dengan tahun 2000
Quote:
YZR500 berkode OWL9 tahun 2002, merupakan versi terakhir YZR500 sebelum berpindah ke mesin 4 tak, tidak ada perubahan apapun di versi 2002 ini karena Yamaha mulai fokus mengembangkan 4 tak
New King Of MotoGP
Spoiler for Siapakah dia........:
Jreng-jreng icik icik (suara backsound maksudnya ini gan)