Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

muhajirmuriAvatar border
TS
muhajirmuri
Seperti Apa SEO Google di Tahun 2013?
Trend SEO tidak diragukan lagi akan terus berkembang. Misalnya selama tahun 2012 saja, Google telah meluncurkan banyak perubahan-perubahan yang bisa dikatakan cukup signifikan. Maka di tahun 2013, tren ini masih akan terus berkembang lagi. Namun di tengah perkembangan-perkembangan ini, ada aturan-aturan dasar dan visi yang nampaknya tidak akan berubah. Aturan-aturan dan visi ini bisa anda jadikan sebagai pedoman upaya SEO di tahun 2013. Berikut di antaranya:

1. Geo-lokasi

Google bisa diprediksi akan lebih fokus pada hasil pencarian berbasis lokal dan kontekstual. Artinya, hasil pencarian akan lebih ditekankan pada situs-situs dari wilayah negara yang disesuaikan dengan kata kunci yang tepat. Maka, anda juga harus lebih pintar dalam menyesuaikan kata kunci dengan target market dari website anda.

2. Konten

Secara mengejutkan, Google menyatakan bahwa konten yang beredar di Internet, 60% di antaranya diklasifikasikan sebagai spam. Maka, konten anda tidak boleh masuk dalam klasifikasi ini. Teknik SEO terbaik adalah menyajikan konten berkualitas yang benar-benar layak untuk dikunjungi, bukan hanya sekedar spam.

3. Selektif dalam Backlink

Jika menyangkut dengan backlink, maka kuncinya adalah jadi lebih selektif. Relevansi masih jadi hal terpenting. Memasang backlink berkualitas rendah dan mengarah ke blog spam di website anda, beresiko membuat peringkat SEO anda jatuh. Begitu juga dengan meninggalkan backlink pada situs-situs spam yang tidak punya relevansi dengan website anda.

4. SocMed

Social Media seperti Twitter, Facebook, apalagi Google+ juga memegang peranan penting dalam SEO. Meski tidak mempengaruhi SEO secara langsung, namun berbagi pada situs socmed merupakan cara yang bagus untuk menunjukkan visibilitas anda dan meraih lebih banyak trafik kunjungan.

5. Smartphone

User yang datang dari hasil pencarian Google lewat gadget jenis smartphone atau iPad bisa dikatakan lebih pemilih. Apabila website anda nyatanya tidak kompatibel dengan gadget mereka, website anda akan ditinggalkan. Padahal perkembangan gadget jenis smartphone dan iPad bisa dikatakan sangat signifikan. Dan ke depannya pasti semakin banyak orang yang akan mengakses situs anda dari gadget jenis ini. Maka optimasikan situs anda sekarang juga.

6. Panda dan Penguin

Beberapa hari setelah diaplikasikan, update pada Panda dan Penguin pasti mendatangkan dampak yang besar dan mimpi buruk bagi banyak situs. Sebab rata-rata 3% dari total website yang beredar di dunia akan kehilangan ranking setiap kali update terbaru dirilis. Algoritma-algoritma ini akan terus-terusan diperbaiki oleh Google hingga seluruh website spam berhasil dipangkas dari hasil pencarian Google.

7. Sejarah Penguin dan Panda

Penguin diperkenalkan pada 24 April 2012 dan setiap bulannya selalu ada update terbaru terhadap algoritma ini, dan Panda. Setiap update difokuskan untuk subjek tertentu yang mempengaruhi cara penentuan ranking. Misalnya fokus dari algoritma Panda adalah menyaring konten-konten berkualitas rendah dan dupikasi, sedangkan fokus dari Penguin lebih pada backlink tidak wajar yang dianggap sebagai tindakan memanipulasi ranking search engine.

8. Link yang tidak wajar (Unnatural Links)

Penguin mengenakan sanksi yang berat untuk situs yang dianggap Google memiliki backlink2 yang tidak wajar, seperti: Paid Text Links, Comment Spam, Cloaking, dlsb. Katanya, analisis algoritma ini didasarkan pada anchor text. Apabila ketahuan kata kunci yang sama digunakan ribuan kali, dan kelihatan tidak wajar, maka situs tersebut akan dikenai penalti oleh Google.

9. Survive dari Penguin

Langkah pertama menghadapi kerasnya algoritma Penguin kembali lagi pada poin ketiga. Yaitu melakukan analisis secara menyeluruh terhadap semua link yang anda pasang di website. Hapus semua link yang mengandung/mengarah ke website spam.

10. Kesimpulan

Backlink itu seperti pisau bermata dua. Jika digunakan dengan bijak, maka hasilnya akan efektif. Namun anda harus berhati-hati. Kehati-hatian merupakan kunci utama untuk menghadapi algoritma Google. Kehati-hatian ini pulalah yang harus ditunjukkan pada konten anda. Buatlah konten yang benar-benar berkualitas, bukan sekedar copy-paste untuk memenuhi kuota post harian anda. Selama anda tetap mengikuti pedoman Google Webmaster dan tetap fokus pada konten yang berkualitas, pelan-pelan tapi pasti website anda akan berkembang dari sisi mesin pencari. Bukankah untuk membangun sebuah gedung tinggi diperlukan pondasi yang kokoh dan tahan gempa?

sumber : Jagoan Hosting
Polling
0 suara
Apakah artikelnya bermanfaat?
0
1.2K
6
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan