Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

cliquerzzzAvatar border
TS
cliquerzzz
Tren Foto Spidometer Saat Ngebut Bisa Berujung Maut!


Jakarta, KompasOtomotif — Di kalangan anak gaul atau komunitas mobil saat ini tengah merebak tren memotret spidometer saat ngebut. Tujuannya tidak lain untuk memamerkan kenekatannya mengemudikan mobil di luar batas kecepatan normal (di atas 120 kpj). Bahkan di Twitter ada hashtag khusus, yakni #speedometer, dan ada komunitas mobil yang membuat "Member of 200 kmh".

"Tren tersebut tidak ada manfaatnya dan bukan prestasi jika bisa melakukannya. Yang pasti bisa menyebabkan kecelakaan dan berpeluang besar menimbulkan korban jiwa!" tegas Bintarto, pengelola Indonesia Defensive Driving Centre (IDDC). Bagi yang berhasil, dikatakan nasibnya sedang bagus, dan belum tentu pada masa mendatang akan mendapat keberuntungan tersebut.

Dijelaskan, mengemudi adalah pekerjaan yang membutuhkan konsentrasi tinggi dan tidak bisa disambi. Tugas utama sopir adalah mengemudi, seperti slogan yang selalu dikampanyekan IDDC, "Good driver, just drive". Artinya, saat menjalankan tugas, pengemudi tidak boleh melakukan hal lain yang dapat mengganggu konsentrasi, antara lain, menelepon, mengirim pesan, merekam, makan dan minum, atau bercanda dengan penumpang. Jika penting, maka pinggirkan dahulu mobil baru lakukan aktivitas tersebut.

Efek
Bahaya memotret spidometer saat ngebut adalah hilangnya kontrol terhadap kendaraan. "Makin kencang mobil melaju, pengemudi harus makin waspada dan konsentrasi penuh," papar Bintarto yang juga mantan pebalap dan pereli nasional ini. Nah, apa pun jenis gangguan konsentrasi akan mengakibatkan berkurangnya kewaspadaan dan reflek.

Jika ada kejadian atau gejala yang terjadi pada waktu yang bersamaan, otomatis tidak bisa diantisipasi dengan cepat dan tepat. Dapat dipastikan akan terjadi insiden. Dalam kondisi normal, reaksi manusia membutuhkan waktu 1,5 - 2 detik, belum lagi reaksi mekanis mobil yang butuh waktu maksimal 0,5 detik. Jika ditambah kecepatan tinggi, bisa dibayangkan efek yang akan terjadi. Parahnya jika mengikutsertakan pengguna jalan lain yang tidak bersalah.

"Ingat selalu, mengemudi merupakan perkerjaan penuh yang tidak bisa disambi dan terlalu bahaya jika diacuhkan," tutup Bintarto.

kompas otomotif

"Good driver, just drive" emoticon-2 Jempol


komen dari kaskuser:

Quote:


Quote:


Quote:


pake google glass juga, mata mesti ke arah spidometer gan, emoticon-Malu (S)

Quote:


########################################################################

Ternyata di kaskus ada threadnya emoticon-Malu (S)
Quote:


Diubah oleh cliquerzzz 12-09-2013 03:45
0
7.6K
92
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan