Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

AkuCintaNaneaAvatar border
TS
AkuCintaNanea
Amankan BALI Selenggarakan ''Miss World'' & APEC, 1 Batalyon KOPASSUS Sterilkan Bali





Sukseskan ''Miss World'' dan APEC, Prajurit Kopassus akan Sterilkan Bali
04 September 2013 | BP

Denpasar (Bali Post) - Saat ini Bali menjadi fokus perhatian aparat keamanan, karena Bali dipercaya menjadi tuan rumah pelaksanaan kegiatan berskala internasional. Di antaranya Miss World yang akan dilaksanakan mulai tanggal 8 sampai 14 September 2013 dan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) APEC yang akan dilaksanakan tanggal 6 sampai 8 Oktober 2013. Kepercayaan ini telah disepakati Pemerintah Provinsi Bali dengan segenap unsur penegak keamanan, termasuk pecalang, tokoh masyarakat maupun tokoh agama. Semuanya mendukung suksesnya kegiatan berskala internasional ini. Pelaksanaan Miss World dan APEC harus sukses, lancar dan aman.

Berkenaan dengan kegiatan tersebut, Kopassus sebagai pasukan elite TNI Angkatan Darat yang saat ini sedang melaksanakan latihan di wilayah Provinsi Bali, juga dilibatkan dalam pengamanan kegiatan tersebut. Dengan kekuatan satu bataliyon lebih, prajurit Kopassus saat ini melaksanakan latihan di seluruh wilayah Provinsi Bali, terutama di wilayah Kota Denpasar, Kabupaten Badung, Tabanan, Bangli dan Gianyar serta daerah-daerah penyeberangan yang ada di Provinsi Bali. Tujuannya, untuk meningkatkan kemampuan, keterampilan, dan penguasaan taktik, baik secara perorangan maupun dalam tingkatan satuan.

Demikian siaran pers Pendam IX/Udayana yang Bali Post terima Selasa (3/9) kemarin. Disebutkan, latihan prajurit Kopassus yang dilaksanakan di Provinsi Bali yang digagas Danjen Kopassus dan Pangdam IX/Udayana ini juga bertujuan untuk mensterilkan wilayah Provinsi Bali dari berbagai macam kemungkinan yang dapat mengganggu stabilitas keamanan di Provinsi Bali, khususnya menjelang pelaksanaan Miss World dan APEC. Lebih-lebih terhadap orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan secara sengaja ingin menghambat dan mengganggu kelancaran pelaksanaan kegiatan tersebut, secara dini pasti akan terendus.

Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Wisnu Bawa Tenaya menyampaikan, latihan lapangan Tri Buana Sakti XIX TA 2013 prajurit Kopassus di wilayah Provinsi Bali ini merupakan rangkaian latihan yang telah dilaksanakan sebelumnya dengan tujuan untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan olah yudha prajurit Kopassus, baik secara perorangan maupun satuan. Di samping itu, latihan ini juga sebagai pengamanan preventif pelaksanaan Miss World dan APEC yang secara beruntun dilaksanakan di akhir tahun 2013 ini.

''Kita semua, masyarakat Bali dengan segala unsurnya wajib ikut berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan ini. Pegang teguh dan jangan sia-siakan kepercayaan dunia ini demi kehormatan bangsa dan negara khususnya Bali. Dengan demikian, diharapkan latihan prajurit Kopassus di Provinsi Bali yang pelaksanaannya bersamaan dengan beberapa kegiatan berskala internasional dapat memberikan sumbangsih yang berarti bagi stabilitas keamanan khususnya di Provinsi Bali, sehingga semuanya dapat berjalan dengan lancar dan aman,'' tegasnya.
http://www.balipost.co.id/mediadetai...id=10&id=79477



Tiga Pasukan Khusus TNI Siap Berantas Terorisme
Selasa, 3 September 2013 16:35 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Tiga pasukan khusus TNI menyatakan siap diterjunkan untuk memberantas terorisme di Indonesia. Ketiga pasukan khusus TNI adalah Komando Pasukan Khusus (Kopassus), Detasemen Jala Mangkara (Denjaka), dan Detasemen Bravo 90 (Den Bravo-90). Mewakili ketiga pasukan elite tersebut, Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus Mayor Jenderal Agus Sutomo mengatakan, pihaknya memiliki kualifikasi untuk diturunkan memberantas dan menangkap teroris.

Menurutnya, keterlibatan ketiga pasukan khusus TNI, hanya menunggu kebijakan. "Kami dari pasukan khusus, dalam hal ini Sat-81/Gultor (Satuan 81/Penanggulangan Teror) memang punya kapasitas dan kemampuan, tinggal kebijakan," ujar Agus saat mendampingi Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro, meninjau persiapan latihan bersama 18 negara penanggulangan terorisme di Indonesia Peace and Security Centre, Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/9/2013). Sebetulnya, lanjut Agus, sudah ada instruksi dari presiden, yakni Keppres Nomor 2 Tahun 2013, yang merupakan kelanjutan dari payung hukum Undang-undang Nomor 34 Tahun 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia.
Pasal 7b 14 menyebutkan item tugas atau kegiatan TNI yang masuk dalam operasi militer selain perang.

"Di antaranya adalah penanggulangan terorisme. Kami selaku satuan operasional 24 jam, siap oprasional bila ada kebijakan dan di manapun berada, khususnya kami Kopassus punya kemampuan operasional di darat laut, dan udara," paparnya. "Kami juga punya partner dari Denjaka dan Denbravo. Sehingga, sebetulnya kami sudah siap tinggal tunggu kebijakan. Payung hukum kebijakan sudah ada, tinggal aksi yang sekarang masih dalam proses," papar pria yang mengaku paling bertanggung jawab atas penyerbuan 11 Pasukan Kopassus Grup II Kandang Menjangan Kartasura, ke Lapas Sleman Yogyakarta.
http://www.tribunnews.com/nasional/2...ntas-terorisme


Denbravo, pasukan komando TNI-AU


Denjaka, pasukan komando TNI-AL




Kopassus, pasukan komando TNI-AD

Ini Maksud Latgab Tiga Pasukan Elite Kopassus-Denjaka-Denbravo
Selasa, 3 September 2013 16:08 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan arti penting Komando Latihan Asean Defence Minister's Meeting (ADMM-Plus) EWG On CTx (Counter Terorism Exercise) 2013 di Indonesia Peace and Security Centre, Bogor, Jawa Barat. Menurut Purnomo latihan bersama penanggulangan terorisme itu untuk mempelajari perkembangan ancaman yang berkembang di kawasan global dan menemukan cara atau bentuk untuk mengatasinya.

Dalam kunjungannya, Menteri Purnomo berkesempatan menyaksikan latihan gabungan pasukan khusus dari tiga matra yakni Kopassus, Denjaka, dan Denbravo. Latihan tersebut mengisahkan ketangguhan ketiga pasukan khusus tersebut beroperasi secara bersama-sama dalam menyelamatkan sandera yang ditahan teroris dalam dua gedung secara terpisah. "Bagaimana cara mempelajari perkembangan ancaman yang berkembang di kawasan maupun global kita bisa menemukan bentuk atau cara mengatasi. Baru kita kerja sama beberapa negara ini untuk membentuk suatu format kerja sama dimana suatu saat apabila ada ancaman yang timbul kita bisa bekerja sama mengatasinya," kata Purnomo didampingi pimpinan pasukan khusus TNI dan perwakilan Amerika Serikat di Bogor, Selasa (3/9/2013).

Dikatakan Purnomo, latihan kali ini merupakan lanjutan dari pertemuan 18 negara di Hanoi pada tahun 2010 lalu. Purnomo pun mengatakan sejak tahun lalu, para negara tersebut telah mempersiapkan dirinya menemukan format untuk mengatasi ancaman baik kawasan ataupun global. Terkait teknologi yang akan digunakan mengingat latihan tersebut diikuti belasan negara, Purnomo mengatakan itu persoalan belakangan. Bekas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu menegaskan yang terpenting adalah bagaimana mengenali ancaman dan bagaimana mengatasinya.

"Masalah nanti tekonologi itu situasional, tetapi yang penting bagaimana mengenali ancaman yang timbul dan bagaimana kita membuat format mengatasinya. Setelah itu mengorganisir dari negara-negara sahabat untuk membentuk organsisasi kerja sama yang baik. Kita utamakan tindakan preventif. Represif itu terakhir manakala preventif tidak bisa lagi," tukas Guru Besar Ekonomi Unika Atma Jaya di Jakarta itu. Latihan tersebut akan diikuti oleh 10 negara ASEAN ditambah 8 negara sahabat yakni Amerika Serikat, China, India, Korea, Australia, Jepang, Selandia Baru, Rusia. Latihan tersebut akan dilaksanakan pada 9-13 September.
http://www.tribunnews.com/nasional/2...njaka-denbravo



Densus 88, pasukan SWAT Polri


TNI Terlibat Pemberantasan Terorisme Jika Polisi Tidak Mampu
Selasa, 3 September 2013 16:55 WIB

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro mengatakan keterlibatan aktif TNI dalam penanganan terorisme di Indonesia sudah diatur dalam undang-undang. Menurutnya, pasukan seragam loreng tersebut hanya terlibat untuk operasi di luar kemampuan polisi. "Memang ada pembagian tugas antara kita dengan polisi. Ini yang kita lakukan adalah 'beyond police capacity'. Jadi ada ranah-ranah dimana itu masuk di dalam batas lingkup dari publik threat (ancaman publik)," ujar Purnomo saat meninjau kesiapan latihan bersama 18 negara penanggulangan terorisme di Indonesia Peace and Security Centre, Bogor, Jawa Barat, Selasa (3/9/2013).

Dikatakan Purnomo jika masih dalam tahap ancaman publik, maka penanganannya diatur dalam Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP). Maka, jika ancaman publik tersebut sudah di luar kemampuan polisi, maka TNI yang beroperasi. "Public threat itu ancaman keamanan publik lingkupnya itu adalah undang-undangnya KUHP. Kalau sudah 'beyond police capacity' nanti tiga-tiganya yang bertanggung jawab. Untuk Sat-81/Gultor, Denjaka dan Denbravo," tegas bekas Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral itu. Sementara itu, Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) Mayor Jenderal Agus Sutomo, mengatakan pihaknya siap untuk terlibat secara aktif menangani tindakan terorisme jika undang-undang mengamatkan demikian.

Mewakili ketiga pasukan khusus TNI tersebut, Agus mengatakan pihaknya memiliki kemampuan untuk itu dan siap beroperasi dalam 24 jam. "Kami juga punya partner dari Denjaka dan Denbravo sehingga sebetulnya kami sudah siap tinggal nunggu kebijakan. Payung hukum kebijakan sudah ada , tinggal (payung hukum) aksi yang sekarang masih dalam proses," kata Agus di tempat yang sama didampingi Komandan Korpaskhas Marsekal Muda TNI Amarullah, Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) A. Faridz, dan
Direktur Konvensi dan Perangkat Hukum Internasional pada Deputi Kerja Sama Internasional BNPT Brigjen TNI (Mar) Prang Verry Kunto.
http://www.tribunnews.com/nasional/2...si-tidak-mampu

-------------------------------

Aman ... aman ... aman ...BALI pasti aman!


emoticon-Angkat Beer
Diubah oleh AkuCintaNanea 04-09-2013 11:34
0
10K
67
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan