ronaldinhoAvatar border
TS
ronaldinho
GNU/Linux itu Free Software BUKAN Open Source



GNU/Linux itu Free Software BUKAN Open Source


Sory Momod dan Mimin, ane tempatin di lounge, karna tidak bersifat pure teknis, karna pada dasarnya sekarang GNU/Linux based machine hampir dimiliki oleh semua orang via Android, tapi kalo salah, monggo di move emoticon-Smilie.

Tanpa basa basi mari kita mulai emoticon-Smilie

Quote:



Quote:



Quote:



Banyak yang menyebut GNU/Linux (selebihnya disebut Linux) itu Open Source, entah dari mana asalnya "kesalahan ini" tapi kita akan mencoba membongkar sedikit "awal dari kesalahan ini" :
1. source code (kode sumber/listing code/kode sebelum di compile) Linux itu sifatnya open (open disini artinya terbuka untuk di lihat, jadi Linux bisa dilihat source code-nya, bukan cuma bentuk file binari (kalo di windows di kenal dengan file exe).
2. Berdasarkan sifat ini banyak yg "TERKECOH" (saya sebut banyak, bukan semua) dan menyangka bahwa Linux itu merupakan bagian dari open source movement atau open source project http://opensource.org/.NOpe, sifatnya, memang terbuka, makanya ada yang menyebutnya open source, tapi sekali lagi Linux BUKAN bagian dari open source movement atau open source project. Simple memang seh emoticon-Smilie.

APA YANG BENAR ???

Mari kita tengok dari mana asalnya Linux dan apa sebenarnya itu saat kita menyebut "Linux".

Linux si Pinguin yang imut seperti TS hehehee, aduh kok jadi curhat.

Saat kita menyebut Linux itu sebenarnya merajuk ke kernel (baca http://www.gnu.org/gnu/linux-and-gnu.html "Linux is the kernel"), yah apa itu kernel ? heem singkatnya kernel itu jiwanya system operasi, yah sekali lagi Linux itu KERNEL, ane yakin pengguna Android dah terbiasa dengar istilah kernel.Nah sekarang kita lihat kenapa SEHARUSNYA kita sebut Linux itu Free Software, tapi sebelumnya kita lirik dulu dari mana lahirnya itu si Linux(Kernel).

Tersebutlah GNU (http://www.gnu.org/) yang merupakan singkatan dari "GNU's Not Unix!" yang di launched pada 1984 (cukup lama juga khan emoticon-Smilie ) pelopornya kakek Richard Stallman . GNU itu sendiri menganut paham/pergerakan/movement Free Software. Tahun ini Linux belum lahir sama sekali dari rahim GNU. Apa tujuan GNU? yaitu membuat system operasi yang "FREE" (BEBAS) Free as Free Speach not Free Beer emoticon-Smilie, kira2 versi TS artinya menjadi seperti ini Bebas seperti "KEBEBASAN BERBICARA" bukan "Gratis Makan Siang" terjemahan bebas dari TS).

Lalu tahun 1991 Linus Torvalds mengembangkan si kernel(a.k.a Linux) (baca http://www.gnu.org/gnu/linux-and-gnu.html "These users often think that Linus Torvalds developed the whole operating system in 1991").

Nah dari sini, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa GNU/Linux itu merupakan Free Software. Yaah memang, source code Linux dapat di lihat tapi itu cuma merupakan sifat bukan FILOSOFI ATAU PUN MOVEMENT-nya, so next time sebut GNU/Linux atau Linux itu sebagai Free Software!!!.

Bagi yang berminat membaca berikut ini link-link yang bisa agan baca sendiri, kalo di paste quote disini jadinya kepanjangan bangets emoticon-Smilie

1. Apa dan siapa itu GNU http://www.gnu.org/
2. Hubungan batin GNU dan Linux http://www.gnu.org/gnu/linux-and-gnu.html
3. GNU Free Software Filosofi http://www.gnu.org/philosophy/free-s...r-freedom.html , linknya aja menyebutkan ini filosofi emoticon-Smilie
4. Licence ala GNU di http://www.gnu.org/licenses/gpl.html
5. Licence ala GNU quick read http://www.gnu.org/licenses/quick-guide-gplv3.html
6. Apa itu Free Software dalam benak GNU http://www.gnu.org/philosophy/free-sw.html


Penutup seperti kata kakek Richard Stallman "Integrating a complete system as a distribution that would work “out of the box” was a big job" ... so sekali lagi SEBUT GNU/LINUX atau LINUX ITU FREE SOFTWARE, hargai kerja keras mereka emoticon-Smilie.

Sekian -ronaldinho-
*setelah sekian lama menjadi silent reader*
Diubah oleh ronaldinho 03-09-2013 23:59
0
5.2K
60
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan