Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

priadanidebyAvatar border
TS
priadanideby
sekilas pengetahuan pasar oligopoli
PASAR OLIGOPOLI adalah suatu bentuk pasar yang terdiri atas beberapa penjual. Biasanya 2 sampai dengan 10 penjual. Tiap-tiap perusahaan menetapkan kebijaksanaan sendiri, dan setiap aksi dari suatu perusahaan seperti mengadakan perubahan harga , akan direspon oleh perusahaan lainnya. Karena setiap perusahaan yang ada dalam pasar yakin bahwa kebijakan suatu perusahaan akan mempengaruhi penjualan dan keuntungan perusahaan lainnya.


Dalam pasar oligopoly tidak dapat keseragaman sifat-sifat perusahaan dalam berbagai industri. Kelakuan perusahaan-perusahaan dalam pasar-pasar oligopoly akan sangat berbeda jika didalam pasar hanya terdapat tiga perusahaan, dibandingkan jika dalam pasasr terdapat lima belas perusahaan. Bila di pasar dijumpai sejumlah kcil pesaing,keputusan pemasaran dari suatu perusahaan akan berdampak langsung an sangat dirasakan oleh perusahaan yang lainnya. Karakteristik pasar oligopoly yang demikian ini membuat analisis pasar menjadi lebih pelik.


A. Ciri-ciri pasar Oligopoli:

- Menghasilkan komoditas standar atau komoditas berbeda corak.
Industry dalam pasar oligopli yang demikian banyak dijumpai dalam industry yang menghasilkan bahan mentah seperti baja, industry bahan baku seperti industry semen dan bahan bangunan.disamping itu banyak pula pasar oligopoly yang terdiri dari perusahaan-perusahaan yang menghasilkan komoditas berbeda corak.

- Kekuasaan menentukan harga ada kalanya lemah ada kalanya sanagat tangguh.
Tanpa adanya kerja sama diantara perusahaan-perusahaan yang beroperasi di pasar, kekuasaan menentukan harga menjadi lebih terbatas. Saat suatu perusahaan menurunkan harga, dalam waktu yang singkatperusahaan tersebut akan menarik banyak pembeli dari perusahaan-perusahaan lainnya. Perusahaan yang kehilangan pembeliakan melakukan tindakan balasan serupan dengan mengurangi harga lebih besar lagi sehingga akhirnya perusahaan yang mula-mula menurunkan harga kehilanagan pelanggan. Tetapi bila perusahaan dalam pasar oligopoly bekerja sama dalam menentukan harga, maka harga dapat distabilkan pada tingkat yang mereka kehendaki. Pada kondisi ini kekuasaan mereka untuk menentukan harga adalah sangat kuat.

- Pada umumnya perusahaan oligopoly melakukan promosi iklan yang intensive terutama bila perusahaan oligopoli tersebut menghasilkan komoditas yang berbeda karakteristik.
Promosi melalui iklan tersebut ditujukan untuk menarik pembeli baru dan mempertahankan pembeli lama. Perusahaan oligopoly yang menghasilkan komoditas standard melakukan pengeluaran untuk iklan yang lebih sedikit karena iklan tersebut terutama ditujukan untuk menjalin hubungan baik dengan masyarakat.


Pada umumnya terdapat empat model oligopoli yaitu model duopoli, model kinked demand curve, model kartel, dan model kepemimpinan harga. Penggolongan berdasarkan macam barang yang dihasilkan dan bentuk kebijaksanaan yang ditetapkan pasar oligopoli terdiri atas oligopoli murni, oligopoli tidak murni, dan kolusi. Sedangkan penggolongan berdasarkan barang yang dibuat dibedakan menjadi oligopoli dengan differensiasi produk dan oligopoli tanpa defferensiasi produk.



emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
0
1.5K
22
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan