xenosignAvatar border
TS
xenosign
Keren gan..org terkaya di Afrika bgn kilang agar negaranya ga tergantung sm impor BBM
Lagos - Orang terkaya Afrika yaitu Aliko Dangote mengumumkan dirinya akan membangun kilang minyak dan pabrik petrokimia senilai US$ 9 miliar atau sekitar Rp 90 triliun. Ini dilakukan agar negaranya, yaitu Nigeria, bisa mengurangi ketergantungan impor BBM.

Rencana pembangunan kilang ini diumumkan oleh Dangote Industries Limited yang dimiliki oleh Dangote, pengusaha Nigeria yang menjadi orang terkaya Afrika versi majalah Forbes.

Dalam pernyataannya, perusahaan tersebut telah menandatangani kesepakatan kredir dengan konsorsium bank lokal dan asing senilai US$ 3,3 miliar.

"Ini untuk pembangunan konstruksi kilang minyak dan pabrik petrokimia terbesar di Nigeria. Proyek senilai US$ 9 miliar ini akan menyerap secara langsung 9.500 tenaga kerja dan 25 ribu tenaga kerja tak langsung. Proyek ini juga akan mengurangi volume impor BBM Nigeria hingga 50%," kata Dangote Industries Limited dalam pernyataannya yang dikutip dari AFP, Kamis (5/9/2013).

Kilang minyak dan pabrik petrokimia ini akan dibangun di wilayah barat daya Nigeria. Pembangunan proyek ini bakal memakan waktu 3-4 tahun. Pembangunan proyek ini selain menguntungkan Nigeria, juga akan menguntungkan negara lain di Afrika. Nigeria yang merupakan produsen minyak terbesar di Afrika sampai saat ini masih mengimpor BBM.

"Hasil dari proyek ini, beberapa negara di Afrika bakal bisa mengurangi ketergantungan impor BBM, dan bisa meredam dampak negatif apabila ada guncangan pada pasar minyak dunia," kata Dangote dalam pernyataannya.

Meski jadi produsen minyak terbesar di Afrika, Nigeria masih mengimpor BBM karena minimnya kapasitas kilang minyak di negaranya. Situasi ini juga makin parah karena salah kelola sektor migas dan maraknya korupsi.

Kilang minyak Dangote ini rencananya bisa memproses 400 ribu barel minyak mentah per hari, untuk dijadikan BBM dan produk turunannya.

TS : Ini br contoh org yg peduli sama negaranya, bukan ngegrogotin negaranya sendiri dengan korupsi dan lain lain..kayaaaa siapa ya? emoticon-Shutup
Diubah oleh xenosign 05-09-2013 03:28
0
2K
21
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan