a70n98Avatar border
TS
a70n98
Resmi, Microsoft Akuisisi Nokia Senilai Rp 79 Triliun
Resmi, Microsoft Akuisisi Nokia Senilai Rp 79 Triliun



Liputan6.com,Kabar mengejutkan datang dari Nokia dan Microsoft. Menurut Nokia, Microsoft telah sepakat membeli unit Device and Service Nokia, serta lisensi paten dan layanan pemetaan Nokia. Kabar ini sebenarnya sudah pernah mencuat sebelumnya.

Untuk akuisisi tersebut, perusahaan pembuat software asal Redmond, Amerika Serikat itu telah merogoh kocek senilai $ 4,99 milyar untuk divisi tersebut, dan $ 2,18 milyar untuk lisensi paten. Total uang yang dikeluarkan Microsoft mencapai $ 7,17 milyar atau sekitar Rp 79 triliun.

Melalui kesepakatan dengan Nokia, yang notabene merupakan produsen Windows Phone terbesar, Microsoft berharap dapat mempercepat pertumbuhan perusahaan dan meningkatkan pangsa pasar smartphone Nokia. Keduanya akan saling bersinergi lebih banyak lagi ke depannya.

"Kesepakatan ini merupakan langkah berani ke depan, win-win bagi karyawan, pemegang saham dan konsumen dari kedua perusahaan," kata CEO Microsoft Steve Ballmer yang dikutip dari Engadget, Selasa (3/9/2013).

Sekitar 32.000 orang karyawan Nokia nantinya akan ditransfer ke Microsoft, termasuk 4.700 orang di Finlandia dan 18.300 karyawan yang terlibat langsung dalam pembuatan produk.

Melalui perjanjian ini, Microsoft akan mendapatkan lisensi non-eksklusif selama 10 tahun terhadap ide-ide Nokia dan "hak timbal balik" untuk menggunakan paten Microsoft dalam layanan pemetaan Nokia Here.

Perjanjian ini diperkirakan akan rampung pada kuartal pertama 2014. Nokia sendiri telah bermitra dengan Microsoft sejak tahun 2011 dan menggunakan software Microsoft para ponsel-ponsel besutannya.

Sebagai bagian dari kesepakatan itu, Stephen Elop akan mengundurkan diri sebagai CEO Nokia dan menjadi executive vice president divisi tersebut. (dew)

Sumber:
http://tekno.liputan6.com/read/68207...-rp-79-triliun


Microsoft Resmi Akuisisi Unit Perangkat dan Pelayanan Nokia


REDMOND, (PRLM).-
Microsoft telah mencapai kesepakatan untuk mengakuisisi unit perangkat dan pelayanan Nokia. Kesepakatan itu juga akan mencakup hak paten dari perusahaan yang berbasis di Kota Espoo itu dan layanan pemetaan, demikian dilaporkan laman GSMarena, Selasa (3/9/13).

Berdasarkan kesepakatan yang dicapai antara dewa direksi kedua perusahaan, Microsoft akan membayar sebesar 3,79 miliar euro untuk perangkat dan bisnis surface. Pabrikan teknologi yang berbasis di Kota Redmond itu pun akan membayar sebesar 1,65 miliar euro untuk lisensi selama 10 tahun guna menggunakan paten milik Nokia. Namun, kesepakatan paten antara Nokia dan Microsoft tidak eksklusif dan Nokia bebas untuk lisensi paten mereka kepada perusahaan lain juga.

Hal ini membawa total jumlah transaksi sebesar 5,44 miliar euro dan raksasa teknologi yang didirikan oleh Bill Gates dan Paul Allen itu akan membayarnya secara tunai. Kesepakatan ini akan mengembalikan CEO Nokia Stephen Elop untuk kembali ke Microsoft, dimana ia akan memimpin divisi Devices. Sementara Risto Siilasmaa akan menjadi CEO Nokia sementara.

Setelah kesepakatan ini ditutup, sebanyak 32.000 orang karyawan Nokia akan ditransfer ke Microsoft. Sebanyak 4.700 orang akan tetap berada di Finlandia. Semetara sebanyak 18.300 karyawan lainnya secara langsung akan dilibatkan untuk pembuatan dan perakitan produk di seluruh dunia.

Kesepakatan itu diharapkan untuk ditutup pada kuartal pertama 2014, setelah melewati persetujuan regulator.(Ton/A-89)***

Sumber:
http://www.pikiran-rakyat.com/node/249168


Wah.....Nokia hanya pakai Window Phone lah, selamat tinggal Symbian..... emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S) emoticon-Berduka (S)
Smoga Nokia bisa membaik pamornya..... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Diubah oleh a70n98 04-09-2013 04:24
0
1.6K
8
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan