Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

luxboyAvatar border
TS
luxboy
Hobby RC Helikopter? Semua Pilot kumpul disini yok!
Pendahuluan ala narator

Kenapa saya tertarik helikopter?
Menurut pendapat pribadi saya, helikopter termasuk mainan RC (radio control) yg keren. Bisa terbang, bermanufer, spin kiri spin kanan bahkan bisa gerakan aneh2 ala 3D seperti inverted (terbang dengan posisi baling2 utama di bawah), tictoc dsb.

Dulu RC Heli mahal beut harganya, kalo sekarang dah mayan terjangkau. Kalo ga salah dari range 300rb an dah dapet heli. Karna harganya sudah lumayan murah inilah saya jadi tertarik membeli heli.

Kesiapan dan resiko bermain helikopter
Selain heli dan remote nya, pilot pemula (seperti saya) harus menyadari resiko dari bermain rc heli. Bagi pemula yang baru megang heli apapun itu, disarankan untuk tidak bermain di lokasi yang sempit, berdekatan dengan barang pecah belah, lampu, makhluk hidup dan tentu saja air. Sehari setelah heli saya tiba, heli saya masuk selokan, pilot2 pemula biasanya mengalami hal2 lucu (yg duitnya ga lucu) seperti masuk selokan, heli hilang tertiup angin ato bahkan dibawa lari anak2 kecil yg nonton agan maen heli. saya ga bangga banget harus beli board baru gara2 kebegoan ini, tapi saya share disini spy agan2 ga mengalami hal serupa.

Baling-baling merupakan bagian yang paling berbahaya pada heli, jadi jangan sampai agan terkena sabetan baling-baling. kalo helinya gede, bisa pake gips ato bahkan 'go home'. kalo helinya kecil, bisa gores dan buta (kalo nyolok di mata).

Karna heli termasuk benda yang melawan gravitasi, maka jangan heran jika heli mudah rusak ketika jatuh, apalagi heli2 yg gede2. Sangat disarankan bagi pemula untuk bermain heli jenis micro maksimal 4 channel. Jika sudah rusak, siapkan kocek dan waktu serta kesabaran. kocek buat beli barang, waktu buat nyari barangnya, dan kesabaran nunggu barangnya dateng.

Di satu sisi, disinilah tantangan bermain rc heli, ada risk yg harus diterima dan award ketika bisa memaenkannya tanpa merusaknya. apalagi kalo agan bisa ngerakit/ngebenerin + jadi pilot handal, wuih hebat banget! bagi orang yg nonton mungkin cuma bergumam hebat saja, tapi bagi yg pernah megang heli, pasti tau heli itu ga gampang.

Bagaimana dengan spare part nya?
Untuk heli2 buatan ch*na yg beredar di pasaran dengan harga kisaran 200rb an memang bisa dibilang ga ada spare partnya. karna heli ini termasuk jenis heli maenan. (meski heli maenan tetep harus 14+ yg memainkannya).

Nah bagi agan yg berniat mencoba tapi ga mau putus di tengah jalan, mending beli heli yg bermerk dan ada spare partnya, sukur2 di kota agan ada yg jual spare part nya. Maklum aja di indo masi sedikit banget toko ginian, kalo pun ada ga jual semua merk. Soal harga dari range 400rb an dah dapet kok. klo mo lebih murah bisa beli langsung di LN.

Helikopter gede, sedang, kecil atau micro?
Tergantung kebutuhan dan kesiapan. kalo emang sudah mahir maen yg micro, bisa naik ke kelas sedang sampe yg gede, tentunya kesiapan seperti ruang bermain juga harus diperhitungkan. Bagi pemula jangan coba2 beli yg sedang ato gede, saya sangat menyarankan yg micro saja. Biasanya heli jenis micro ini dianggap separuh maenan separuh hobby. saya anggap sih ini heli merupakan level awal (beginner) bagi yg mo serius jadi pilot ato kata orang sih levelnya class hobby.

Kok ada channelnya sih? Emang indov*sion emoticon-Hammer
RC Heli ada banyak channel, dari yg 2ch, 3ch, 3.5ch, 4ch dan 6ch. Setau ane sih ini, penjelasannya menyusul emoticon-Big Grin

Elektrik / Nitro?
bahan bakar bagi heli kecil dan micro setau saya sih elektrik semua. untuk heli gede dan profesional sekelas ALIGN, ada yang berbahan bakar nitro. Tapi bagi pemula sekali lagi saya tekankan pilih yang elektrik ajalah, gampang, batre habis tinggal di cas emoticon-Big Grin

So, demikian ulasan singkatnya, bisa googling lebih lanjut mengenai helikopter.

Spoiler for klik klo pengen tau heli ane:


Review Heli Micro:
Spoiler for wl toys v911:

Spoiler for nine eagles solopro v2:


( segera diupdate gan, klo ada yg mo nambahin monggo banget ane juga awam banget soal ginian. tujuan ane bikin tret ini mo ngeracunin kaskuser gresik emoticon-Big Grin)

NB: lokasi ane di menganti gan, mo maen bareng monggo ane tunggu emoticon-Embarrassment
Diubah oleh luxboy 15-07-2013 14:46
0
37.7K
141
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan