Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

crazyapoloAvatar border
TS
crazyapolo
Artefak ditemukan di gletser mencair
Mencairnya lapisan es di pegunungan di Norwegia akibat pemanasan global telah memunculkan suatu penemuan artefak peninggalan masa silam.
Salah satu penemuan ini adalah sebuah tunik dari zaman besi, anak panah dan busur fragmen dari zaman Neolitikum yang diperkirakan berusia sekitar 6000 tahun.
Temuan ini diterbitkan dalam dua makalah di jurnal Antiquity.
"Penemuan baru ini sangat penting untuk menggambarkan bagaimana kaitan dunia pakaian dan produksi tekstil Eropa utara dengan bangsa Romawi," kata Marianne Vedeler dari Universitas Oslo, Norwegia, yang meneliti pakaian tersebut.
Tunik tersebut, ditemukan di gletser Lendbreen di Norwegia, sebagian berwarna keputihan akibat paparan matahari dan angin.
Pakaian ini dibuat antara tahun 230 dan 390 Masehi dan merupakan salah satu dari hanya segelintir tunik yang berasal dari periode ini. Dua kain yang berbeda yang ada dan ujung serat mengungkapkan bahwa keduanya terbuat dari wol.
"Tunik dari Lendbreen sekilas seperti sejenis pakaian hangat yang sering digunakan oleh pemburu yang kerap berburu di dataran es Skandinavia untuk mengejar rusa. Di baju itu tidak ada tombol atau ikatan, tetapi itu hanya seperti sweater," kata Vedeler.

Spoiler for Artekak nya nih ganz:



TS BERHARAP emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
2.4K
25
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan