Tib0Avatar border
TS
Tib0
[Menengok Nasib Kendaraan Politik] Mesin Mobil Esemka Kini Teronggok Di Sudut Bengkel


Wartawan Surya (Tribunnews.com Network) berkunjung langsung ke bengkel pendidikan dan pelatihan pelajar SMK milik Pemkot Solo itu pada akhir Juli lalu.

Memasuki bengkel, Wartawan Surya (Tribunnews.com Network) disambut dua mobil Esemka Rajawali I yang sempat dipakai Jokowi kala masih menjadi Wali Kota Solo dan wakilnya, Hadi Rudyatmo. Dua mobil itu kondisinya masih terlihat baik. Mobil milik Jokowi ditutup kain pelindung.

Sedangkan mobil bernopol AD 2 A dibiarkan terbuka. Kaca depan mobil warna hitam ini pecah dan belum diganti. “Pecah karena tidak ada ruang saat kaca memuai,” ujar Galih Ferry Firtada, perakit mobil itu.


Hanya ada belasan pelajar yang praktik di bagian mesin bubut. Sedangkan ruang perakitan kosong melompong.
Ada beberapa mesin Esemka yang teronggok di sudut ruangan. Ada mobil Esemka Rajawali II yang masih dalam proses perakitan di bagian mesin.

Ruangan ini sudah diplot menjadi beberapa bagian. Ada yang untuk pemasangan bodi, mesin, knalpot, kelistrikan, tangki dan finishing. Bengkel tampak lengang karena tidak ada satupun pelajar SMK yang merakit mobil di sana. Hanya ada mobil pikup Esemka Bima yang terparkir di salah ruang bagian proses finishing.

Di kantor PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang membidani perakitan mobil Esemka, juga tidak telihat aktivitas yang ramai. Kantor ini menempati gedung sederhana, yang hanya memiliki dua ruang.

Ruang bagian luar dimanfaatkan untuk menerima tamu. Sedang ruang bagian dalam biasa digunakan rapat manajemen perusahaan. Namun, ruangan itu tidak terlihat seperti kantor perusahaan. Tidak terlihat sarana penunjung layaknya kantor perusahaan otomotif. “Ruangan ini milik Pemkot Solo. Kami hanya numpang lahir di sini,” ungkap Sabar Budi, public relation PT SMK kepada Surya.

Di ruang rapat, hanya terdapat white board, yang memuat catatan desain assembly line (pabrik perakitan). Catatan itu memperlihatkan standarisasi assembly line mulai proses, pemilihan komponen, metode perakitan dan tools.

http://www.tribunnews.com/regional/2...-sudut-bengkel


Melejit Sesaat, Mobil Esemka Kini Mati Suri


TRIBUNNEWS.COM - Lahirnya mobil Esemka akhir tahun 2012 lalu memunculkan kebanggaan. Bangga dengan skill dan kemampuan para siswa yang tidak kalah lulusan luar negeri.

Eforia pun bermunculan. Banyak kalangan, terutama pejabat negeri ini, berkoar-koar untuk mengembangkan karya anak bangsa itu sebagai mobil nasional (mobnas).

Heboh mobil Esemka sendiri tidak lepas dari peran Joko Widodo (Jokowi). Pejabat berparas sederhana inilah yang mengorbitkannya saat masih menjadi Wali Kota Solo. Ia yang memotivasi dan memelopori dilanjutkannya, pilot project mobil karya para pelakar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) ini. Jokowi pula yang pertama kali memamerkan mobil itu.

Pamor mobil makin meroket bersamaan dengan rencana pencalonan Jokowi sebagai Gubernur DKI. Jokowi membawanya ke Jakarta untuk uji emisi sekaligus putar-putar Ibu Kota.

Kini mobil Esemka nyaris tak terdengar. Berbeda dengan Jokowi yang makin meroket setelah menjadi Gubernur DKI Jakarta, kabar mobil Esemka justru hilang, bagai ditelan bumi.

Di Solo saja, yang merupakan kota tempat perakitannya, mobil tidak bergaung. Di kota kecil ini, ribuan kendaraan roda empat lalu lalang di jalanan. Tapi tidak satupun yang bermerek Esemka terlihat. Padahal mobil ini juga sudah mendapatkan izin untuk diproduksi massal.

Tak cuma itu, pemesan mobil juga sudah berdatangan. Sejak diekpose besar-besaran oleh media, berbagai kalangan, utamanya pejabat ramai-ramai memesan. Tidak kurang dari 7.000 pemesan antre. Namun hingga kini, ternyata 40 unit mobil yang bisa dihasilkan.

Pasca penyerahan 40 unit itu, aktivitas pabrik yang digadang-gadang menjadi embrio mobil nasional (mobnas) di Solo itu mati suri. Tidak ada aktifitas perakitan di Solo Teknopark, pabrik yang memproduksinya. (idl/ab)

http://www.tribunnews.com/regional/2...kini-mati-suri

Quote:


Quote:





nasibnya apes kali ini mobil, cuma dipakai buat pencitraan belaka
habis manis, sepah dibuang
emoticon-Berduka (S)
Diubah oleh Tib0 27-08-2013 08:19
0
32K
295
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan