Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

arifdoankAvatar border
TS
arifdoank
Apa Saja Mobile OS yang Digandrungi di Indonesia?
Sebelum kita melihat mobile OS yang digandrungi di Indonesia, mari kita lihat terlebih dahulu peta mobile OS di dunia berikut ini


Peta Mobile OS didunia, data diambil antara bulan mei – juli 2013

Terlihat jelas kalau android sudah menguasai dunia, termasuk Indonesia. Disusul oleh iOS dan Series 40. Ternyata Blackberry yang sempat menjadi primadona di Indonesia, pasarnya sangat kecil dikancah global. Dan wow nya lagi, ternyata negara asal blackberry justru dikuasai oleh iOS keluaran Apple Inc. Sementara itu Series 40 yang terdapat pada nokia, ternyata mampu menjadi tuan rumah di negeri sendiri yaitu Finlandia.

Sementara ini adalah grafik mobile OS dikancah global


statistik mobile OS dunia dari 2008-2013

Di tahun 2008, android belum punya pangsa pasar. Namun secara bertahap pengguna android terus naik sampai mendekati 40% di tahun ini. Sementara itu pasar blackberry mengalami puncaknya ditahun 2010, namun sejak itu, pasarnya terus turun, saat ini pasar blackberry hanya dibawah 10%. Pasar yang paling tergerus justru pasarnya symbian. Walaupun demikian, pasar series 40 justru masih besar di indonesia. Kita lihat statistiknya dibawah ini.

Bagaimana dengan Indonesia? Beginilah grafik mobile OS di tanah air


statistik mobile OS di Indonesia dari 2008-2013

Tampak Android menguasai pasar bersama dengan Series 40 (seri Nokia asha). Sementara platform symbian terus menerus mengalami penuruan. Di tahun 2009, Symbian masih rajanya handphone di indonesia, namun di tahun 2013 ini, Pasarnya kurang dari 20%. Bagaimana dengan blackberry? Walaupun sempat mengalami puncak kejayaan di tahun 2010, namun sekarang pasar Blackberry dibawah 10% di indonesia. Satu hal lagi yang penting dari graphic diatas, walaupun secara global iOS merupakan mobile OS terbesar kedua dunia, namun di indonesia, pasar iOS sangat kecil, bahkan jauh lebih kecil dari pasar Symbian.

Quote:


Quote:


Spoiler for referensi:
Polling
0 suara
Apa Mobile OS Pilihan Agan?
Diubah oleh arifdoank 24-08-2013 20:27
0
4.4K
54
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan