Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BankBCAAvatar border
TS
BankBCA
APA ARTI MERDEKA BUAT AGAN?
Buat para pejuang jaman dulu, arti merdeka mungkin bebas dari penindasan dan penjajahan. Setelah 68 tahun merdeka, tentu saja banyak yang berubah dengan Indonesia dan sekeliling kita. Secara udah lebih dari setengah abad kita merdeka. Ya gak, Gan?
Perjuangan mereka kini bakal diteruskan oleh generasi muda kita. Nah, pasti Agan dan Aganwati penasaran gimana sih anak muda jaman sekarang menyikapi kemerdekaan. Makanya yuk coba kita simak arti merdeka menurut mereka!

Uky/Malang/20 tahun/Mahasiswi

Foto: Istimewa

“Merdeka buat aku artinya bebas. Jadi ya bebas ngapain aja. Bebas jalan-jalan sendiri. Bebas nongkrong sama temen. Bebas makan kapan aja. Bebas deh pokoknya. Yang jelas nggak banyak aturan. Kalo menurut aku sih ya…”
Asal jangan kebablasan bebasnya ya, Neng emoticon-Malu (S) Soalnya bisa jadi kebebasan kita malah mengekang kebebasan orang lain.

Dwi Wardiansah/Bali/22 Tahun/Programmer

Foto: Istimewa

“Merdeka itu bebas. Bebas berekspresi. Bebas deketin mantan. Bebas mata-matain gebetan. Bebas jadi negara yang maju. Bebas memilih pemimpin yang jujur. Bebas jadi manusia yang lebih baik.”
Yah, si Agan curcol, gagal move on nih ceritanya emoticon-Ngakak Tapi sebebas-bebasnya kita, mesti bertanggung jawab juga dong ya 


Icha/Tulungagung/15 Tahun/Pelajar

Foto: Istimewa

“Merdeka buat saya artinya menang. Artinya kita sudah menang dari para penjajah. Kita sudah bisa melakukan apa yang kita mau. Kita memenangkan pertempuran. Ini nggak hanya bisa diasosiasikan dengan perang saja namun juga bisa buat hal lain. Misalnya seperti selesai mengikuti ujian nasional dan ternyata nilai saya bagus, itu juga bisa diartikan bahwa saya telah merdeka.”
Asyik, dah! Setiap orang memang punya perjuangan sendiri-sendiri. Buat pelajar ya salah satunya belajar dan bikin orangtua bangga. Kalau orangtua bangga, wah itu baru rasanya merdeka. emoticon-Selamat Setuju gak, Gan?

Mike/Jakarta/20 Tahun/Mahasiswa


Foto: Istimewa

“Merdeka artinya sungguh-sungguh. Niat yang kuat. Jadi kalau kamu masih belum bersungguh-sungguh dalam melakukan apapun dalam hidup ini, ya berarti kamu masih belum bisa disebut merdeka.”
Keren deh si Agan yang satu ini. Buat mangap aja sungguh-sungguh ya, gan emoticon-Matabelo Tapi keliatan banget deh kalo Agan yang satu ini benar-benar merdeka! emoticon-I Love Indonesia


Bianca/Jakarta/20 Tahun/Graphic Designer


Foto: Istimewa

“Merdeka artinya berani. Berani melakukan apapun dalam hidup. Berani hidup sendirian tanpa harus minta duit orang tua walaupun harus nggak jajan dan nabung tiap hari. Berani untuk hidup dengan dua kaki kita nyentuh tanah dengan kerja keras kita sendiri.”
Wuih, Agan-Agan di sini pastinya punya tabungan dong? Tabungannya BCA dong? emoticon-Cool

Well, kalau dilihat-lihat ternyata memang banyak sekali definisi merdeka menurut orang-orang. Jadi, kalau menurut Agan dan Aganwati sendiri, merdeka itu artinya apa?
0
3K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan