- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Mari Mengenal Augmented Reality


TS
new.dreamer
Mari Mengenal Augmented Reality


Spoiler for Repost:

Quote:
Sebelum agan baca ane saranin 
dulu.



Quote:

Sebuah Teknologi dengan nama Augmented Reality (AR) atau dalam bahasa Indonesianya Realitas tertambah adalah "teknologi yang menggabungkan benda maya tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata tiga dimensi dan menampilkannya dalam waktu nyata" tanpa banyak publikasi diluncurkan untuk digunakan di telepon seluler.
Tidak seperti realitas maya yang sepenuhnya menggantikan kenyataan, realitas tertambah sekedar menambahkan atau melengkapi kenyataan.
Pengguna telepon seluler sejauh ini sudah bisa menggunakan teknologi penunjuk lokasi untuk memantau orang di sekitar mereka. Aplikasi untuk iPhone yang dikembangkan oleh perusahaan Inggris Accrosair membantu penggunanya untuk menemukan stasiun kereta api bawah tanah terdekat.
Quote:

Sebuah jaringan sosial berdasar lokasi di Amerika, Brightkite, memungkinkan penggunanya mencari teman di seputar mereka dengan cara menghidupkan kamera di telefon seluler dan mengarahkannya ke seputar tempat mereka berada.
Kalau kebetulan ada teman di lokasi yang sama, mereka bisa melihat pesan maupun foto dari yang bersangkutan yang mereka tempatkan di situs Brightkite.
AR juga akan mampu membantu orang menemukan tempat untuk makan.
Quote:

"Akan datang satu waktu dimana ketimbang hanya melihat orang secara fisik kita juga akan melihat profil Facebook mereka dalam bentuk gelembung di atas kepala mereka" by Futurolog, Ian Pearson
Tidak mengherankan kalau Google tak sabar untuk ikut mengeksploitir gerbong teknologi AR ini.
Bulan Desember ini mereka meluncurkan Google Googles, sebuah aplikasi untuk telepon seluler Android yang memungkinkan orang untuk mencari informasi lebih lengkap tentang satu tempat atau obyek dengan cara memfotonya.
Kacamata AR kemungkinan merupakan perkembangan selanjutnya dari teknologi ini, demikian menurut Pearson. ''Tentu tidak akan besar dan merepotkan seperti prototipe kacamata dunia maya yang ada sekarang ini."
"Di masa depan akan seperti kacamata normal lengkap dengan perlengkapan laser. Saya tidak akan heran kalau kita sudah bisa melihatnya di pasaran dalam waktu setahun atau dua tahun ke depan,'' katanya. Baurnya dunia fisik dan maya sudah sangat jauh di Massachusetts Institute of Technology.
Proyek yang diberi nama Sixthsense, Indera keenam, ditujukan untuk menyatukan informasi komputer ke dunia nyata. Mereka sedang membangun satu platform komputer yang peka membaca perintah isyarat dan kemudian menyediakan informasi digital ke dunia nyata.
Browser juga mulai bergerak untuk membaurkan antara data dengan dunia nyata. Browser baru bernama Aurora diperkenalkan tahun 2008 oleh Mozilla, perusahaan pembuat browser Firefox. Penggunaan browser ini akan mempengaruhi cara penggunanya berinteraksi dengan komputer yang ia pergunakan. Seperti dalam dunia nyata pengguna akan menarik, mengangkat, mendorong, menjatuhkan data ke mesin. Namun ada persoalan pula untuk tekhnologi AR ini.
Sebuah perusahaan Belanda yang menjalankan beberapa aplikasi AR terpopuler menarik aplikasi mereka di iPhone karena terus-terusan ngadat. Banyak juga yang menyebut kecenderungan AR in hanyalah kecenderungan pemasaran saja.

Permainan "AR Tower Defense" dalam telepon genggam Nokia N95 merupakan aplikasi augmented reality

Realitas ditambah contoh "Dunia Wikitude Browser" pada sebuah iPhone 3GS
Quote:
Perangkat-Perangkat AR
Spoiler for Head Mounted Display:

Terdapat dua tipe utama perangkat Head-Mounted Display (HMD) yang digunakan dalam aplikasi realitas tertambah, yaitu opaque HMD dan see-through HMD. Keduanya digunakan untuk berbagai jenis pekerjaan dan memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing.
Spoiler for Opaque Head-Mounted Display:

Ketika digunakan di atas satu mata, pengguna harus mengintegrasikan padangan dunia nyata yang diamati melalui mata yang tidak tertutup dengan pencitraan grafis yang diproyeksikan kepada mata yang satunya. Namun, ketika digunakan menutupi kedua mata, pengguna mempersepsikan dunia nyata melalui rekaman yang ditangkap oleh kamera. Sebuah komputer kemudian menggabungkan rekaman atas dunia nyata tersebut dengan pencitraan grafis untuk menciptakan realitas tertambah yang didasarkan pada rekaman.
Spoiler for See-Through Head-Mounted Display:

Tidak seperti penggunaan opaque HMD, see-through HMD menyerap cahaya dari lingkungan luar, sehingga memungkinkan pengguna untuk secara langsung mengamati dunia nyata dengan mata. Selain itu, sebuah sistem cermin yang diletakaan di depan mana pengguna memantulkan cahaya dari pencitraan grafis yang dihasilkan komputer. Pencitraan yang dihasilkan merupakan gabungan optis dari pandangan atas dunia nyata dengan pencitraan grafis.
Spoiler for Virtual Retina Display:

Virtual retinal displays (VRD), atau disebut juga dengan retinal scanning display (RSD), memproyeksikan cahaya langsung kepada retina mata pengguna. Tergantung pada intensitas cahaya yang dikeluarkan, VRD dapat menampilkan proyeksi gambar yang penuh dan juga tembus pandang, sehingga pengguna dapat menggabungkan realitas nyata dengan gambar yang diproyeksikan melalui sistem penglihatannya. VRD dapat menampilkan jarak pandang yang lebih luas daripada HMD dengan gambar beresolusi tinggi. Keuntungan lain VRD adalah konstruksinya yang kecil dan ringan. Namun, VRD yang ada kini masih merupakan prototipe yang masih terdapat dalam tahap perkembangan, sehingga masih belum dapat menggantikan HMD yang masih dominan digunakan dalam bidang realitas tertambah.
Spoiler for Tampilan Berbasis Layar:

Apabila gambar rekaman digunakan untuk menangkap keadaan dunia nyata, keadaan realitas tertambah dapat diamati menggunakan opaque HMD atau sistem berbasis layar. Sistem berbasis layar dapat memproyeksikan gambar kepada pengguna menggunakan tabung sinar katoda atau dengan layar proyeksi. Dengan keduanya, gambar stereoskopis dapat dihasilkan dengan mengamati pandangan mata kiri dan kanan secara bergiliran melalui sistem yang menutup pandang mata kiri selagi gambar mata kanan ditampilkan, dan sebaliknya.
Tampilan berbasis layar ini juga telah diaplikasikan kepada perangkat genggam. Pada perangkat-perangkat genggam ini terdapat tampilan layar LCD dan kamera. Perangkat genggam ini berfungsi seperti jendela atau kaca pembesar yang menambahkan benda-benda maya pada tampilan lingkungan nyata yang di tangkap kamera.
Quote:
Terakhir boleh dong minta
buat ane yang udah bikin thread ini.

Quote:
Thread Menarik Lainnya
Diubah oleh new.dreamer 30-07-2013 17:57
0
3.9K
Kutip
40
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan