Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

delfacAvatar border
TS
delfac
Tabiat Buruk Cara Makan Seperti Ini Jangan Ditiru Gan!!

Bismillahirrahmanirrahim. Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Banyak kita temui dalam kehidupan sehari-hari, dari anak kecil sampai orang dewasa yang mempunyai tabiat buruk gemar menyisakan makanandalam berbagai kesempatan. Dan tabiat buruk ini paling sering ane jumpai saat menghadiri undangan sebuah acara, seperti undangan pernikahan, acara reuni, buka bersama dan selainnya. Malu ketika piringnya bersih tak bersisa!

Dari sekedar sedih melihat fenomena ini, akhirnya TS geregetan dan memilih menulis trit ringkas ini. Pemicunya adalah ketika beberapa kali menghadiri undangan berbuka puasa di beberapa tempat yang berbeda, yang TS saksikan semuanya sama.. hampir tak ada yang menghabiskan makanan mereka tanpa sisa. Ada yang setengah piring mereka sisakan, dan rata2 menyisakan seperempat piring hidangan yang ada.Padahal mereka lapar karena berpuasa lho!


Tabiat Tercela: Seseorang yang terbiasa dan sengaja menyisakan makanan


2 tabiat buruk penyebab utama penyebab seseorang sering menyisakan makanan:
(1) Sengaja menyisakan makanan.Meskipun sebenarnya mampu menghabiskan makanan yang terhidangkan.
(2) Terlalu kekenyangan. Dikarenakan porsi berlebihan sehingga tidak mampu menghabiskan makanan.


Alasan atau latar belakang pelaku yang suka memubadzirkan makanan dan solusinya:
(1) Sengaja menyisakan makanan. Lebih memilih menyisakan makan agar dianggap kaya atau berkecukupan, terbiasa makan enak. Sebagian orang merasa takut dan malu ketika mereka menghabiskan makanan tanpa sisa akan dianggap sebagai orang yang kurang makan, gak pernah makan enak atau bahkan anggapan aji mumpung.

Latar belakang jaim atau jaga image dengan cara selalu menyisakan makanan ini akan semakin menjadi-jadi tatkala acara makan bersama atau acara jamuan makannya satu meja dengan kolega kerja, pejabat, orang penting, dll.

Jadi perlu disadari bersama bahwasanya tabiat kebiasaan menyisakan makanan adalah tabiat yang tercela di hadapan Allah. Kebiasaan menyisakan makanan adalah kebiasaan orang-orang fasik dan munafik yang tak dapat mensyukuri nikmat dari Allah Subhanahu wa Ta'ala. Seorang yang pandai bersyukur kepada Allah, maka dia akan menghargai sekecil apapun nikmat dari Allah, termasuk dalam hal ini adalah membuang kebiasaan gemar menyisakan makanan.

Quote:


TS lebih memilih masa bodoh semisal ada orang yang menganggap TS kurang makan, orang miskin, gak pernah makan enak, aji mumpung atau pemikiran negatif lainnya yang muncul tatkala TS senantiasa menghabiskan makanan, bahkan menjilati jari maupun sendok. Orang yang berpikiran seperti itu adalah orang-orang yang jahil akan perkara syariat dan ilmu agama. Biarlah orang-orang seperti itu menganggap tabiat menghabiskan makanan tanpa sisa sebagai suatu yang ironis bahkan jadi bahan pembicaraan, yang lebih utama adalah perkara tersebut terpuji di hadapan Allah 'Azza wa Jalla.

Quote:


(2) Terlalu kekenyangan. Jika sering menyisakan makanan karena kekenyangan, maka ada solusi untuk mencegahnya, yaitu: jangan mengambil porsi berlebihan, jangan mengambil porsi yang dapat menjadikan perut penuh sesak. Ambil secukupnya, jika kurang lebih baik nambah, daripada membuang makanan. Jika makan di rumah makan atau restoran, ketika memesan makanan, sampaikan kepada pelayanan untuk porsinya dikurangi dari porsi standar yang mungkin terlalu banyak. Selama ada niat untuk tidak menyisakan makanan, selalu ada jalan!


Ingatlah: Ketika Allah limpahkan kita nikmat dalam bentuk makanan, di luar sana banyak saudara-saudara kita yang miskin dan kelaparan. Jadi jangan suka menyisakan makanan.


Seorang anak kelaparan memungut roti yang berceceran di tanah


Seorang anak Indonesia yang kurang gizi akibat busung lapar


Jutaan penduduk di Afrika hidup kelaparan sehari-harinya

Sebagian masyarakat miskin di Indonesia makan nasi aking

Bisakah agan membayangkan betapa sering mereka kelaparan?

Saat obesitas kegemukan mewabah, mereka tinggal tulang dan kulit

Quote:


Tabiat terpuji:Senantiasa berusaha menghabiskan makanan tanpa tersisa


Wallahu A'lam Ta'ala Bishawab. Semoga Bermanfaat. Barakallahufiikum.


Tolong bantu emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Starjika berkenan
Bantulah ane berdakwah di jalan Allah wahai saudaraku sekalian

Diubah oleh delfac 04-08-2013 13:24
0
14.1K
177
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan