Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

sam122Avatar border
TS
sam122
[CATPER] Cikuray 13-14 April 2013
Permisi Mod, Min, Gan dan Sis….
Numpang mau sharing aja. Walaupun udah lama, tapi karena masih di tahun yang sama, ane dan temen2 tetep sharing, mudah2an bermanfaat….

Sekitar hari selasa 9 April 2013, iseng2 buka website BPI (Backpacker Indonesia), ane liat ada thread ngajak jalan ke Cikuray. Tanpa mikir panjang, langsung ngehubungin sang TS om adi. Ternyata, thread ini udah nongol cukup lama di website BPI dan Kaskus dan udah ada beberapa peserta yang mau gabung. TS om adi nih jempolan banget, karena semua rencana udah disiapin mateng2…Langsung aja diceritain per-harinya gan..

Jumat, 12 April 2013
Sesuai kesepakatan, meeting point kita ada di Kampung Rambutan (ceritanya base camp para pendaki nih). Kita ngumpul jam 10 malam teng dan langsung berangkat. Kebetulan saya nyampe jam 9 dan om TS udah nunggu di warung depan markas tentara di Kampung Rambutan. Jadilah kita nunggu temen2 lain. Mendekati jam 10 malam, temen2 pada berdatangan. Ada 13 orang dari wilayah Jabotabek yang berangkat dari terminal Kampung Rambutan, sementara 2 orang bakal langsung berangkat dari Bandung ke Garut.
Sebelumnya, saya dan om TS udah ngecek bis, dan kita naik bis Karunia Bakti, bis AC dengan ongkos Rp. 40.000,-. Tunggu punya tunggu, nih bis ternyata lelet amat. Kita naik bis jam 10 malam, eh si sopir ngetem ampe jam 12 malam. Lewat jam 12 tengah malem baru brangkat. Itupun setelah ada bersitegang beberapa penumpang dengan si Sopir.

Sabtu, 13 April 2013
(Pindah hari gan, karena udah lewat tengah malam). Dan bis pun berjalanlah, setelah lelah menanti (macam lagu peterpan). Sepanjang perjalanan, para pendaki pun tertidur lelap, nabung tenaga buat nanjak pagi harinya. Sekitar jam 3 subuh (pastinya jam 3 lewat), kita sampai di Garut dan berhenti di Pom Bensin Tanjung. Nah, kita langsung menuju mesjid yang ada di area pom bensin. Beberapa pendaki sholat dan ada yang tidur sambil kita nunggu 2 mobil pick up yang udah dipesen, buat nganter ke kaki gunung cikuray, sambil nunggu 2 teman kita yang dari Bandung. Setelah menunggu lama, ternyata kita baru sadar kalau 2 teman dari Bandung itu udah nyampe dari jam 1 subuh dan tidur di mesjid…
Beberapa temen mulai re-packing dan beli air minum buat persiapan mendaki (kebetulan ada alfa mart yang buka 24 jam). Beberapa saat kemudian, 2 mobil pick up pun datang dan kita berangkat sekitar jam 5 subuh lewat. Mobil pick up ini udah disewa sama TS dengan harga Rp. 30,000 per orang.
Dan perjalananpun dimulai. 15 orang pendaki disapa dengan udara dingin pagi hari (subuh tepatnya). Sekitar jam 7, kita berhenti di sebuah warung yang juga warteg untuk sarapan pagi. Disini, selain sarapan, beberapa pendaki membeli bahan sayuran, bumbu dan lainnya untuk bahan memasak di puncak Cikuray. Setelah beres, kitapun naik pick up lagi dan brangkat ke pos pendaftaran Cikuray.
Jam 8 kita sampai di pos pendaftaran/pos pemancar Cikuray (relay station). Sambil turunin barang, temen2 mulai ngedaftar dan bayar sumbangan sukarela masing-masing Rp. 5.000,-. Setelah siap-siap, re-packing dan ganti kostum (banyak yang menggunakan kostum lara croft ala tomb raider), pendakian pun dimulai. Ternyata, hari itu cukup ramai karena banyak pendaki lain juga naik, mulai dari anak-anak muda a.k.a SMA hingga yang tidak muda lagi.
Baru mulai ngedaki aja udah ngosngosan, karena kita langsung disambut dengan tanjakan ekstrim melewati kebun teh. Pendakian dimulai kira-kira jam 9 kurang. Setelah ngedaki tanjakan pertama, ketemu jalanan landai. Wah, lumayan lah buat nabung napas. Namun ternyata kebahagian tidak berlangsung lama, memasuki daerah hutan, perjuangan pun dimulai. Dan sejak itu hingga puncak, hampir tidak ditemukan sedikitpun jalan yang tidak menanjak. Bahkan seringkali lutut ketemu muka gan….
Melewati pos ke pos, semakin mendekati puncak, jalanan semakin berat. Sepanjang perjalanan, 15 orang pendaki mulai berpencar, ada yang jalan duluan, ada yang istirahat lebih lama. Di tengah jalan, sekitar jam 12 siang kami disambut dengan hujan kecil, namun beberapa saat kemudian, hujan berhenti dan matahari bersinar terang hingga kami sampai di Puncak Cikuray.
Sekitar jam 3 sore (3 lewat) beberapa teman pendaki sudah sampai duluan di Puncak. Beberapa teman pendaki lainnya pun sampai di Puncak beberapa menit kemudian. 4 teman pendaki kebetulan tertinggal jauh dan baru sampai 1.5 jam berikutnya. DI puncak, kita semua langsung tepar karena medan yang berat. Setelah beristirahat beberapa menit dan tentunya sambil foto-foto, kita memutuskan untuk turun sedikit dari Puncak dan langsung milih spot untuk mendirikan tenda (mumpung belum rame gan). Rata-rata, kami menghabiskan 6-7 jam untuk mendaki Cikuray mulai dari Pos Riley Station hingga ke Puncak Cikuray.
Kami langsung mendirikan 4 tenda saling berdekatan. Setelah mendirikan tenda, beberapa teman mulai memasak dan 3 orang teman kami pun sampai dan langsung ke Puncak. Beberapa menit kemudian, 4 orang teman pendaki langsung mendirikan tenda di area sedikit lebih tinggi dari area kami.
Sore itu kami pun memasak makan malam dan saling bercengkerama sambil disambut oleh pendaki-pendaki lain yang baru sampai, bahkan ada pendaki yang baru sampai sekitar jam 8-9 malam. Malam itu, Puncak Cikuray dipenuhi oleh tenda-tenda pendaki (mungkin lebih dari 50 pendaki dan lebih dari 12 tenda berdiri). Sungguh malam minggu yang ramai sekaligus sepi di Puncak Cikuray, ditemani angin malam yang dingin dan langit yang cerah dengan bintang-bintangnya.
Malam itu, saya dan beberapa teman (5 orang), sekitar jam 11.30 malam keluar tenda dan mampir ke puncak (hanya 3 menit dari lokasi tenda kami) untuk melihat malam cerah dan suasana kota Garut di tengah malam. Walaupun sepanjang perjalanan dan di Puncak Cikuray sangat banyak sampah, namun pemandangan tengah malam itu sangat indah. Ga nyesel gan, walaupun jalan nanjak berat banget untuk sampai ke Puncak. At the end, setelah ngabisin 30an menit untuk liat pemandangan, kita masuk tenda.

Minggu, 14 April 2013
Minggu pagi jam 5 kita udah pada bangun dan muncak buat liat sunrise. Pagi itu sungguh penuh dengan banyak pendaki, hampir-hampir kaya pasar. Sampai jam 7.30 menghabiskan waktu di puncak sambil foto-foto. Jam 7.30 kita mulai masak-memasak. Sampai jam 10 kita bongkar tenda, packing dan siap-siap buat turun gunung. Perjalanan turun pun dimulai dan kami menghabiskan waktu 4-6 jam untuk sampai ke Pos Riley Station.
Disini kami membersihkan diri, ada yang mandi dan sekedar cuci muka. Namun, sayang kami harus menunggu cukup lama (sekitar 2 jam) jemputan pick up dikarenakan sang supir menerima orderan lain untuk mengantarkan pendaki yang turun sebelum kami ke terminal Guntur. Akibatnya, kami harus kehujanan sepanjang jalan (karena pick up hanya beratapkan terpal plastik).
Sesampainya di terminal Guntur, kami berpisah, ada yang ke Jakarta (Lebak Bulus), Bekasi dan Bandung. Akhirnya, perjalanan ini menjadi kisah yang menyenangkan untuk kami share ke agan-agan sekalian.
Spesial thanks to TS om Adi dan untuk semua rekan-rekan yang berpartisipasi dalam pendakian kali ini. See you next time bro…

Team pendaki:
1. gun41exe / Adi Gun (Jakarta)
2. hendriyulianto (Kalideres)
3. Ari wildan (Kalideres)
4. Andri s (Kalideres)
5. Febri Hediansyah (Bandung)
6. Amar Ribbani (Bandung)
7. Sena (Bekasi)
8. Sidqi (Bekasi)
9. dyan836 a.k.a Depex (Bekasi)
10. Agung (Bogor)
11. Topan (Bogor)
12. Sam (Jakarta)
13. Wildan Syahri a.k.a Codet (Bintaro)
14. Defri Ambarita a.k.a Gengkhis (Bintaro)
15. Anggi (Tanggerang)

[CATPER] Cikuray 13-14 April 2013 Ngangkot
[CATPER] Cikuray 13-14 April 2013 Di tengah jalan menuju pos pemancar berhenti sejenak untuk menikmatai sarapan
[CATPER] Cikuray 13-14 April 2013 Sebelum nanjak
[CATPER] Cikuray 13-14 April 2013 Tanjakan kebon teh [CATPER] Cikuray 13-14 April 2013 Istirahat di tanjakan 1
[CATPER] Cikuray 13-14 April 2013
Pos 2
[CATPER] Cikuray 13-14 April 2013
Pos 6
[CATPER] Cikuray 13-14 April 2013 Bangun tenda
[CATPER] Cikuray 13-14 April 2013 Suasana Garut dari Puncak Cikuray sekitar tengah malam (aslinya lebih keren gan)
[CATPER] Cikuray 13-14 April 2013 Pemandangan dari Puncak saat sunrise

[CATPER] Cikuray 13-14 April 2013 Puncak
[CATPER] Cikuray 13-14 April 2013
[CATPER] Cikuray 13-14 April 2013[CATPER] Cikuray 13-14 April 2013[CATPER] Cikuray 13-14 April 2013[CATPER] Cikuray 13-14 April 2013 Beberes Tenda
Diubah oleh sam122 11-05-2019 21:47
0
3.1K
16
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan