- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
BAGAIMANA PELAYANAN PT.KAI & PT.COMMUTERLINE


TS
ndho46
BAGAIMANA PELAYANAN PT.KAI & PT.COMMUTERLINE
BERBAGI INFO SEPUTAR PELAYANAN
KERETA API INDONESIA
KERETA API INDONESIA

Selamat datang Disini kita Saling berbagi informasi Tentang Pelayanan Kereta Api PT.KAI Commuter Di JABODETABEK & Diseluruh Indonesia
Tentang PT. Kereta Api Indonesia
Spoiler for Tentang PT. KAI:
1. SEJARAH PERKERETAAPIAN
Kehadiran kereta api di Indonesia ditandai dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan KA di desa Kemijen, Jum'at tanggal 17 Juni 1864 oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km) dengan lebar sepur 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada hari Sabtu,10 Agustus 1867.
Keberhasilan swasta, NV. NISM membangun jalan KA antara Kemijen - Tanggung, yang kemudian pada tanggal 10 Februari 1870 dapat menghubungkan kota Semarang - Surakarta (110 Km), akhirnya mendorong minat investor untuk membangun jalan KA di daerah lainnya. Tidak mengherankan, kalau pertumbuhan panjang jalan rel antara 1864 - 1900 tumbuh de-ngan pesat. Kalau tahun 1867 baru 25 Km, tahun 1870 menjadi 110 Km, tahun 1880 mencapai 405 Km, tahun 1890 menjadi 1.427 Km dan pada tahun 1900 menjadi 3.338 Km.
Selain di Jawa, pembangunan jalan KA juga dilakukan di Aceh (1874), Sumatera Utara (1886), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), bahkan tahun 1922 di Sulawasi juga telah dibangun jalan KA sepanjang 47 Km antara Makasar-Takalar, yang pengoperasiannya dilakukan tanggal 1 Juli 1923, sisanya Ujungpandang - Maros belum sempat diselesaikan. Sedangkan di Kalimantan, meskipun belum sempat dibangun, studi jalan KA Pontianak - Sambas (220 Km) sudah diselesaikan. Demikian juga di pulau Bali dan Lombok, pernah dilakukan studi pembangunan jalan KA.
Sampai dengan tahun 1939, panjang jalan KA di Indonesia mencapai 6.811 Km. Tetapi, pada tahun 1950 panjangnya berkurang menjadi 5.910 km, kurang Iebih 901 Km raib, yang diperkirakan karena dibongkar semasa pendudukan Jepang dan diangkut ke Burma untuk pembangunan jalan KA di sana.
Jenis jalan rel KA di Indonesia semula dibedakan dengan lebar sepur 1.067 mm; 750 mm (di Aceh) dan 600 mm di beberapa lintas cabang dan tram kota. Jalan rel yang dibongkar semasa pendudukan Jepang (1942 - 1943) sepanjang 473 Km, sedangkan jalan KA yang dibangun semasa pendudukan Jepang adalah 83 km antara Bayah - Cikara dan 220 Km antara Muaro - Pekanbaru. Ironisnya, dengan teknologi yang seadanya, jalan KA Muaro - Pekanbaru diprogramkan selesai pembangunannya selama 15 bulan yang mempekerjakan 27.500 orang, 25.000 diantaranya adalah Romusha. Jalan yang melintasi rawa-rawa, perbukitan, serta sungai yang deras arusnya ini, banyak menelan korban yang makamnya bertebaran sepanjang Muaro- Pekanbaru.
Setelah kemerdekaan Indonesia diproklamir-kan pada tanggal 17 Agustus 1945, karyawan KA yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta Api (AMKA) mengambil alih kekuasa-an perkeretaapian dari pihak Jepang. Peristiwa bersejarah tersebut terjadi pada tanggal 28 September 1945. Pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya, menegaskan bahwa mulai tanggal 28 September 1945 kekuasaan perkeretaapian berada di tangan bangsa Indonesia. Orang Jepang tidak diperbolehkan campur tangan lagi urusan perkeretaapi-an di Indonesia. Inilah yang melandasi ditetapkannya 28 September 1945 sebagai Hari Kereta Api di Indonesia, serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Republik Indonesia (DKARI).

2. SUMBER DAYA MANUSIA
Sampai dengan Bulan Mei Tahun 2013, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki karyawan 26.467 orang untuk menyelenggarakan pelayanan angkutan kereta api di Jawa dan Sumatera. Jumlah tersebut terbagi menurut pendidikan, pangkat, usia, dan jenis kelamin pegawai seperti pada tabel di bawah ini :




Ini Link Forum nya : http://www.krl.co.id/forum/
Data Dari : http://www.kereta-api.co.id/
Visi & Misi Perusahaan
VISI PERUSAHAAN
Visi Perusahaan adalah mewujudkan jasa angkutan kereta api komuter sebagai pilihan utama dan terbaik di wilayah Jakarta dan sekitarnya.
MISI PERUSAHAAN
Misi Perusahaan adalah menyelenggarakan jasa angkutan kereta api komuter yang mengutamakan keselamatan, pelayanan, kenyamanan dan ketepatan waktu, serta yang berwawasan lingkungan.
Disadur Dari : http://www.krl.co.id/visi-a-misi-perusahaan.html
Call Center
Spoiler for Call Center & SMS:
Call Center (021) 380 7777
Layaknya call center pada umumnya, Call Center PT KAI Commuter Jabodetabek melalui agent-agentnya yang telah terlatih dan berpengalaman akan melayani permintaan informasi dari penumpang melalui hubungan pesawat telepon langsung.
Dengan menghubungi Call Center PT KAI Commuter Jabodetabek via telepon di nomor (021) 380 7777, Anda akan mendapatkan informasi lengkap dan langsung tentang produk dan layanan perusahaan ini mulai dari jadwal perjalanan KRL, harga tiket, regulasi dan sebagainya. Dalam layanan ini, para pelanggan setia KRL Commuter juga dapat menyampaikan kritik serta saran tentang produk dan pelayanan KRL Commuter Jabodetabek.
Khusus mengenai kritik dan saran, agent call center PT KAI Commuter Jabodetabek akan menampung seluruh kritik dan saran yang masuk. Kemudian para agent ini akan menyampaikannya kepada bagian yang terkait dan bertanggung jawab langsung sesuai dengan jenis kritik dan saran yang disampaikan.
Dalam kondisi tertentu, agent call center tidak memberikan tanggapan langsung atas saran serta kritik yang disampaikan para pelanggan setia KRL. Di sini agent call center akan menjalankan fungsi sebagai media penyampaian pesan. Kritik dan saran tersebut akan disampaikan kepada bagian yang terkait dan bertanggung jawab langsung atas hal atau masalah yang disampaikan pelanggan.
Lalu, bagaimana dengan nasib saran dan kritik yang telah disampaikan? Saat Anda selesai menyampaikan keluhan, kritik ataupun saran, agent call center akan memberikan nomor komplain sebagai tanda bahwa Anda telah menyampaikan keluhan, kritik ataupun saran. Jawaban serta tanggapan atas semua keluhan, kritik dan saran yang disampaikan pelanggan dapat dilihat melalui “Tanggapan Komplein & Keluhan Pelanggan” di website kami di [url=http://www.krl.co.id.]www.krl.co.id.[/url]
Anda dapat mengetahui tanggapan atas keluhan, kritik atau saran yang telah Anda sampaikan dengan memasukkan nomor komplain atau Anda dapat mencarinya berdasarkan tanggal Anda menyampaikan keluhan, kritik atau saran tersebut.
Sebagai informasi, ini yang kerap ditanyakan pelanggan, apakah seluruh komplein sampai ke pimpinan PT KAI Commuter Jabodetabek, dapat kami sampaikan di sini tidak ada komplein, kritik dan saran yang sia-sia. Seluruhnya akan sampai kepada pimpinan PT KAI Commuter Jabodetabek sesuai bidang, bagian atau seksi yang menanggungjawabinya masing-masing.
SMS Center 9559
Layanan SMS Center 9559 ini serupa dengan layanan call center, hanya saja untuk mendapatkan informasi, menyampaikan keluhan, kritik dan saran, pelanggan setia KRL harus menggunakan media telepon seluler. Di SMS center ini, penumpang bisa mendapatkan layanan informasi seperti jadwal, posisi KRL atau bahkan menyampaikan keluhan dan saran.
Tidak hanya itu, penumpang pun dapat menjadi langganan SMS Center dengan melakukan registrasi terlebih dahulu. Informasi lebih detail dapat Anda lihat melalui website www.krl.co.iddengan memilih menu ”Panduan SMS KRL” (seperti terlihat pada gambar di bawah).
Untuk saat ini baru empat provider seluler yang dapat mengakses layanan SMS ini, yaitu Flexi, Indosat, Esia dan Telkomsel. Tarif yang dibebankan untuk setiap menu dalam layanan ini berbeda-beda, tergantung pada provider yang Anda gunakan.
Fax Center 021-3807777
Melalui media ini, Anda dapat menanyakan informasi maupun menyampaikan keluhan, kritik dan saran. Namun, sama seperti layanan call center dan SMS, tanggapan atau jawaban dari keluhan, kritik dan saran yang Anda kirim melalui fax ini dapat dilihat melalui website di www.krl.co.id atau [url=http://www.krljabotabek.co.id.]www.krljabotabek.co.id.[/url] Fax yang Anda kirim, langsung masuk dalam data dan system informasi di dalam website kami.
Catatan: ada pertanyaan yang masuk, apakah mungkin layanan call center dengan layanan fax menggunakan nomor yang sama? Dapat kami informasikan di sini, jawabannya adalah mungkin dan bisa. Ini karena kami menggunakan teknologi dan system informasi yang memungkinkan lalu lintas data, informasi dan suara dapat menggunakan saluran yang sama.
Email: pelanggan@krl.co.id
Layanan yang satu ini memiliki keunggulan dibanding layanan lainnya. Selain dapat menanyakan informasi serta menyampaikan keluhan, kritik dan saran, Anda akan mendapatkan email balasan langsung dari manajemen melalui pelanggan@krljco.id.
Email yang Anda kirimkan pun dapat dilihat melalui website kami di [url=http://www.krl.co.id.]www.krl.co.id.[/url] Manfaat dari layanan ini antara lain Anda dapat melaporkan apapun yang menurut Anda layak diketahui oleh pihak PT KAI Commuter Jabodetabek, mulai dari pelayanan yang diberikan sampai saran untuk pihak manajemen untuk meningkatkan kinerja pegawai dalam melayani penumpang.
Namun, email yang Anda kirimkan ada yang membutuhkan waktu untuk menanggapinya dan ada yang dapat langsung ditanggapi. Tergantung dari berat ringannya permasalahan yang disampaikan.
PO BOX (9559)
Selain layanan yang harus menggunakan perangkat elektronik, Anda pun bisa mengirimkan keluhan, kritik, saran dan lainnya melalui surat (pos). Dengan mengirimkan melalui PO BOX 9559, informasi, keluhan, kritik dan saran yang Anda sampaikan sudah dapat kami terima.
Kemudian bagaimana dengan tanggapan yang akan diberikan? Sama seperti layanan lainnya, Anda dapat melihatnya melalui website kami di [url=http://www.krlj.co.id.]www.krlj.co.id.[/url]
Forum KRL
Merupakan fasilitas yang disediakan oleh PT KAI Commuter Jabodetabek yang memungkinkan para pengguna jasa KRL maupun masyarakat biasa berdiskusi secara online tentang berbagai topik mengenai KRL Jabotabek dan sebagainya. Di sini pengguna jasa maupun masyarakat dapat berinteraksi langsung dengan pihak manajemen PT KAI Commuter Jabotabek sehingga tercipta hubungan yang harmonis.
Disadur Dari : http://www.krl.co.id/c-care.html
Tentang Perusahaan Afiliasi
Spoiler for Perusahaan Afiliasi:
A. PT. Reska Multi Usaha
PT. Reska Multi Usaha bergerak dalam bidang usaha Restorasi KA, Service On Train (SOT), Jasa Boga (Catering), Resto & Cafe, Parkir, Housekeeping, On Trip Cleaning (OTC), Cuci Kereta, RES-TV dan Pendukung Kenyamanan.
Alamat Kantor :
PT. RESKA MULTI USAHA
JL. BENGAWAN NO.25 BANDUNG
No telp: (022) 7234716 – 7234717
Facs : (022) 7234716
Website : www.reska.com
Email: reska.pusat@yahoo.com
B. PT. Railink
PT. Railink merupakan joint venture antara PT. Kereta Api Indonesia (Persero) dengan PT. Angkasa Pura II (Persero) dengan komposisi kepemilikan saham 60% PT KAI dan 40% PT AP II. Kegiatan usaha yang dijalaninya yakni pengoperasian, Pengoperasian pengelolaan dan pengusahaan kereta api bandara, Pengembangan dan pengelolaan stasiun kereta api di bandara dan di pusat kota, Pengadaan dan pemeliharaan sarana dan prasarana kereta api, Pembagunan prasarana kereta api, Konsultasi dan desain sistem perkerataapian, Pengusahaan jasa lainnya yang menunjang usaha-usaha pokok.
Alamat Kantor :
PT. RAILINK
GEDUNG JRC LT.1 JL IR.H.DJUANDA 18 NO.8 JAKARTA PUSAT
No.Telp: 0213502963
Fax: 0213503235
C. PT. KAI Commuter Jabodetabek
PT. KAI Commuter Jabodetabek dibentuk berdasarkan Inpres No. 5 tahun 2008 dam surat Menneg BUMN No.S-653/MBU/2008 tanggal 12 agustus 2008. Tugas pokok PT KCJ adalah menyelenggarakan pengusahaan jasa angkutan kereta api commuter dengan menggunakan sarana Kereta Rel Listrik di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi serta pengusahaan di bidang usaha non angkutan penumpang.
Alamat Kantor :
PT. KCJ (KERETA COMMUTER JABODETABEK)
GEDUNG JRC LT.3 JL IR.H.DJUANDA 1B NO.8 JAKARTA PUSAT
No telp: 0213453535 ext 319
Fax: 02134834084
Website: www.krl.co.id
D. PT. KA Pariwisata
PT KA Pariwisata atau disingkat PT KA Wisata bertujuan untuk menyediakan barang atau jasa yang bermutu tinggi dan berdaya saing kuat di pasar dalam wilayah Indonesia dibidang pariwisata kereta api, dan kegiatan usaha yang mendukung pariwisata kereta api dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.
Alamat Kantor :
PT. KA PARIWISATA
GEDUNG JRC LT. DASAR JL IR.H.DJUANDA 1B NO.8 JAKARTA PUSAT 10120
No telp: (021) 3452310 atau Frida:08113452310, Silvi:087773452310 dan Evi:08153452310, Fax: (021) 3452509
Email: info@indorailtour.com
Website: www.indorailtour.com
E. PT. KA Logistik
PT. KERETA API LOGISTIK (KALOG) memiliki usaha di bidang layanan distribusi logistik berbasis kereta api, dengan kemasan bisnis door to door service untuk memberikan pelayanan yang parnipurna bagi pelanggan kereta api yang didukung dengan angkutan pra dan lanjutan serta layanan penunjangnya, meliputi pengelolaan Termianal Peti Kemas (TPK), bongkar muat, pergudangan, pengepakan, pelabelan, pengangkutan, penjejakan, pengawalan logistik serta manajemen logistik dengan menerapkan prinsip-prinsip perseroan terbatas. Orientasi bisnis KALOG kedepan adalah sebagai jasa layanan distribusi logistik secara Total Solution melalui End-to-End Services atau dengan kata lain sebagai SCM Service Provider.
Fungsi dan peran kontributif KALOG terhadap jasa layanan yang telah disediakan oleh induknya adalah sebagai pencipta nilai tambah (value creator) sepanjang rantai nilai (value chain) layanan distribusi logistik, termasuk layanan yang telah disediakan oleh PT. Kereta Api Indonesia (Persero), seperti angkutan barang dan pergudangan.
Alamat Kantor :
PT. KA LOGISTIK
GEDUNG JRC Lt. 2 JL IR.H.DJUANDA 1B NO.8-10 JAKARTA PUSAT
No telp: 021-3510471 (hunting)
Fax: 021-3510472
web: www.kalogistics.co.id
email: informasi@kalogistics.co.id
F. PT. KA Property Management
PT KA Property Management atau disingkat PT KA Property memiliki usaha di bidang pengelolaan aset/properti perkeretaapian milik PT. Kereta Api Indonesia (Persero) maupun pihak lainnya dengan tujuan mengoptimalkan pemanfaatan serta memberikan nilai tambah aset/properti tersebut guna memenuhi standar mutu terbaik dengan menerapkan prinsip-prinsip Perseroan Terbatas.
Alamat Kantor :
PT. KA PROPERTI MANAJEMEN
GEDUNG JRC Lt. 3 JL IR.H.DJUANDA 1B NO.8-10 JAKARTA PUSAT
No telp: 021-3451040,3451404
Fax: 021-3451087
Disadur dari : http://www.bumn.go.id/keretaapi/tent...ahaan-afiliasi
Tentang Peraturan TIKET BERJAMINAN
Spoiler for Penjelasan RESMI:
Mulai 22 Agustus 2013, Kartu Single Trip (KST) KRL Jabodetabek Akan Diganti Dengan Tiket Harian Berjaminan (THB)
Jakarta, 20 Agustus 2013
Hilangnya sekitar 800 Ribu tiket KRL sekali jalan atau yang dikenal dengan Kartu Single Trip selama E-ticketing diterapkan menjadi fokus penting pada evaluasi yang dilakukan oleh PT KAI Commuter Jabodetabek (PT KCJ).
Selain terus melakukan penertiban dan penguatan pengamanan di Stasiun, PT KCJ juga akan menerapkan sistem uang jaminan sebesar Rp 5.000,- pada tiket sekali jalan tersebut.
Mulai Kamis 22 Agustus 2013 Kartu Single Trip untuk satu kali perjalanan akan diganti menjadi Tiket Harian Berjaminan (THB) yang digunakan untuk satu kali perjalanan pada hari pembelian.
Pada prinsipnya untuk mendapatkan THB seluruh penumpang tetap harus ke loket setiap akan melakukan perjalanan , namun ada dua biaya yang harus dibayarkan yakni harga tarif dan Uang Jaminan sebesar Rp 5.000,-.
Uang jaminan tersebut tidak hilang atau hangus selama pengguna mengembalikan tiket tersebut (melakukan Refund) atau pembelian rute perjalanan berikutnya atau perjalanan baru di loket Stasiun sesuai dengan aturan yang berlaku.
Pada Tiket Harian Berjaminan, jika tidak dikembalikan pada hari yang sama maka penumpang akan diberi masa tenggang selama 7 hari setelah hari pembelian terakhir, namun jika melewati masa 7 hari tersebut maka uang jaminan pada tiket hangus dan tidak dapat digunakan lagi untuk pembelian rute perjalanan berikutnya.
Selain melewati masa tenggang, uang jaminan pada tiket harian berjaminan juga akan hangus jika penumpang tidak melakukan tapping out pada perangkat E-Ticketing di gate out (keluar tidak melalui pintu resmi).
Menurut Direktur Utama PT KCJ, Tri Handoyo, tata cara penggunaan Tiket Harian Berjaminan di Gate out (Stasiun tujuan) juga berbeda dengan Kartu Single Trip. Saat ini di Stasiun tujuan kartu single trip harus dimasukkan pada Card Slot di Gate out, namun pada Tiket Harian Berjaminan di Stasiun tujuan penumpang hanya cukup melakukan tapping kembali pada perangkat gate out.
Ada sejumlah ketentuan penting lain yang harus diikuti oleh pengguna jasa KRL seperti:
1. Tiket tidak dapat digunakan lagi dan uang jaminan tidak dapat dikembalikan jika sudah ditempel pada pintu masuk tetapi tidak ditempel pada pintu keluar (tidak tapping pada gate out atau tidak keluar melalui pintu resmi)
2. Tiket tidak dapat digunakan kembali dan uang jaminan tidak dapat dikembalikan jika tiket rusak sehingga tidak terbaca pada sistem e-ticketing
3. Uang jaminan dan tarif dapat dikembalikan apabila penumpang batal melakukan perjalanan dan belum melakukan tapping in pada gate in
4. Uang Jaminan dikembalikan (tanpa tarif) apabila Penumpang tidak jadi melakukan perjalanan tetapi sudah melakukan Tapping in pada gate
5. Penalti dengan denda sebesar Rp5.000,- akan dikenakan jika penumpang melakukan perjalanan melebihi tarif tujuan awal/kurang bayar
6. Suplisi sebesar Rp 50.000,- akan dikenakan jika penumpang tidak memiliki tiket perjalanan yang sah dan tiket kadaluarsa
Sejumlah ketentuan tersebut harus diikuti para pengguna jasa saat Tiket Harian Berjaminan (THB) diterapkan. Diharapkan penerapan Tiket Harian Berjaminan ini dapat menjadi cara yang efektif pada penerapan E-Ticketing sehingga sirkulasi kartu dapat terjaga dengan baik.
PT Kereta Api Indonesia (Persero) PT KAI Commuter Jabodetabek
Disadur dari : http://www.krl.co.id/BERITA-TERKINI/...minan-thb.html
Tentang Peta Jalur Loopline
Spoiler for PETA JALUR:
Polling
0 suara
Seberapa Puas dengan Pelayanan KAI & COMMUTERLINE
Diubah oleh ndho46 22-08-2013 21:46
0
6.3K
Kutip
15
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan