Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ProfessorSapiAvatar border
TS
ProfessorSapi
Tak Punya Memori, Hidup Remaja Ini Bergantung pada Alarm dan Catatan Kecil


Daily Mail
Jakarta - Masih ingatkah Anda pada tokoh Lucy Whitmore yang diperankan Drew Barrymore di film '50 First Dates'? Kondisi Lucy di film tersebut yang memiliki keterbatasan dalam mengingat juga dialami di kehidupan nyata oleh Ricky Dean (19). Setiap hari, ia harus mengatur alarm dan menulis catatan di seluruh rumahnya karena ia tidak memiliki memori jangka pendek.

Biasanya kita membutuhkan catatan kecil atau pengingat untuk hal-hal penting seperti tugas, ulang tahun, atau mungkin janji bertemu seseorang. Namun masalah memori yang dialami oleh Ricky justru lebih parah, ia harus diberitahu untuk melakukan hampir segala hal. Termasuk untuk makan dan menyikat gigi, seperti dilansir Daily Mail, Kamis (8/8/2013).

Di rumahnya, Ricky juga selalu dikelilingi oleh daftar, catatan, dan papan tulis untuk mengingatkannya apa saja yang harus ia lakukan hari tersebut. Handphone yang ia miliki juga dimanfaatkan untuk menulis segala janji temu yang ia buat bersama teman-temannya.

Memori Ricky tak hanya bermasalah dengan apa saja yang harus ia lakukan berikutnya atau di masa depan. Sebab, memori masa lalunya juga tak bisa ia ingat. Ricky awalnya mengalami masalah kekurangan oksigen ketika ia lahir dan kemudian didiagnosis dengan autisme. Dokter mengatakan belum ada nama untuk kondisinya tersebut.

"Kondisi ini sangat sulit, tapi keluarga dan teman-teman saya sangat mendukung," ungkap Ricky.

Namun meskipun demikian, beberapa orang yang baru mengenal Ricky seringkali bermasalah saat berkomunikasi dengannya. Tak jarang pula ini menimbulkan kondisi frustasi bagi orang-orang tersebut.

"Tanpa daftar di dalam hidup saya, saya bahkan tidak tahu kapan saya harus makan atau sekadar menyikat gigi. Saya seperti tersesat oleh waktu. Hal terburuk juga terjadi jika saya melupakan janji temu dengan teman," ujar Ricky.

Saat ia berusia 11 tahun, Ricky dibawa oleh orang tuanya untuk scan memori penuh. Saat itu terungkap sepenuhnya bahwa Ricky kehilangan ingatannya. Kini Ricky telah berusaha untuk menjalankan hidupnya secara normal, meskipun lengkap dengan segala macam daftar dan catatan kecilnya. Ia kini sedang mempelajari pertanian dan hortikultura.

sumber : [url]http://health.detik..com/read/2013/08/08/105742/2325806/1202/tak-punya-memori-hidup-remaja-ini-bergantung-pada-alarm-dan-catatan-kecil?l992203755[/url]


Ternyata yang di film "50 first dates" beneran ada gan di dunia nyata,ane uda nonton filmnya,recommended gan!kasihan ya ada yang mengalami lupa ingatan seperti itu,bersyukurlah bagi kita yang masih sehat seperti ini emoticon-Smilie.
Diubah oleh ProfessorSapi 08-08-2013 04:35
0
5.3K
106
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan