Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ElangRimba27Avatar border
TS
ElangRimba27
Belajar Aksara Lampung Lewat Software

Bukti Tread Ane Aman...



Permisi agan semua,

Cekibroot....!!!!

Ada sekitar 700 bahasa daerah yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia, tetapi hanya 13 bahasa daerah yang memiliki aksara dan sistem bahasa.

"Ke-13 bahasa daerah itu masih memiliki dokumentasi dan sistem bahasa yang cukup lengkap. Yang lainnya hanya berupa bahasa tutur dan sulit menemukan lagi aksaranya," kata Guru Besar Fakultas Ilmu Pengetahuan dan Budaya Universitas Indonesia Prof Dr Achadiati Ikram di Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu (28/4).

Bahasa daerah yang memiliki sistem bahasa yang lengkap dan aksaranya ataupun dokumentasinya masih ditemukan hingga saat ini berasal dari Aceh, Batak, Melayu, Minangkabau, kelompok bahasa-bahasa Melayu di Sumatra bagian tengah dan Lampung.

Selain itu, lanjut Achadiati, bahasa daerah Sunda, Jawa, Madura, Bali, Bugis, Sasak, Makassar, dan Buton masih dapat ditemukan aksaranya, termasuk para penuturnya di daerah asal.

Dominannya bahasa daerah yang tidak memiliki aksara, karena kelemahan dalam pendokumentasian di kalangan masyarakat. "Kalau kita ke pelosok desa, kerap ditemukan hanya tiga penutur. Itu pun semua sudah lanjut usia," katanya.

Akibatnya, ketika ahli bahasa menemukannya untuk membantu menuliskan aksara dari bahasa daerah itu, pengucapan bahasa daerah yang benar dan tepat sudah sangat sulit ditemukan, karena penuturnya sudah lanjut usia.

Berawal dari semakin berkurang dan terancam punahnya para pemakai bahasa daerah maka berhubung ane orang Lampung jadi ane buat tread ini gan...
Dengan harapan agan-agan yang pengen kenal dan ikut melestarikan bahasa dan budaya kita...

Buat yang pengen belajar aksara lampung boleh Download klik pada link
[url]http://www.4*shared.com/file/BzoF695n/KaGaNga.html[/url]
serial number : KSV1-DP01-1802

Maaf klo ada salah tempat atau melanggar rules, maklum Newbieemoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S)
0
4.3K
25
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan