Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

RavliAvatar border
TS
Ravli
Semangat Fitri Di Bulan Agustus ini
emoticon-ToastHallooo.. emoticon-Toast
emoticon-Maaf AganAgan - Agan Dan Aganwati emoticon-Maaf Aganwati

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
emoticon-I Love IndonesiaSemangat Merah Putih Kawan emoticon-I Love Indonesia

Di bulan Agustus ini Adalah Bulan yang Special Karena Kita Akan Bertemu 2 Hari Raya yaitu Hari Kemerdekaan RI dan Hari Raya Idul Fitri seperti Layaknya warna Bendera Indonesia, Merah menyatakan Keberanian dan Semangat Sedangkan Putih bermakna Suci atau bersihnya Hati Kita ini di bulan Ramadhan ini

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Gk Terasa yah Lebaran Tinggal beberapa Hari Lagi setelah perjuangan untuk menahan Haus dan Lapar pun sebentar lagi akan terbayarkan sudah dengan adanya Hari Raya Idul Fitri ini, belum lagi setelah kita merayakan Hari Raya Idul Fitri kita akan di sambut juga oleh Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

emoticon-Matabeloemoticon-Matabelo emoticon-Matabelo

------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Di Dalam Thread kali ini saya akan membahas Sedikit Tentang Sejarah Dan Makna
Hari Raya Idul Fitri dan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Pengertian Idul Fitri serta makna Hari Lebaran yang sebenarnya bagi umat Islam.Bagi sebagian orang di Indonesia, khususnya umat muslim, Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran begitu sangat identik dengan tradisi mudik, halal bihalal, kesuka citaan, hidangan kue lebaran dan lain sebagainya. Namun apakah makna sebenarnya dari Hari Raya Idul Fitri?



Idul Fitri juga bisa diartikan sebagai puncak dari pelaksanaan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Idul Fitri sendiri memiliki keterkaitan makna dengan tujuan akhir yang ingin diraih dari pelaksanaan kewajiban berpuasa. Idul Fitri secara bahasa atau etimologi bisa berarti Hari Raya Kesucian atau bisa juga diartikan sebagai Hari Kemenangan umat Islam. Kemenangan disini adalah bentuk dari kemenangan dalam menggapai kesucian atau perwujudan dari kembali kepada keadaan fitrah (Fitri).

Dari penjabaran tersebut berarti kata Idul Fitri atau kembali kepada fitrah merupakan pengertian yang sangat relevan atau berhubungan dengan makna sebenarnya dari keberhasilan yang diperoleh setelah berakhirnya pelaksanaan ibadah puasa.

Spoiler for Idul Fitri:

Pengertian atau makna dari Idul Fitri (Lebaran) yang berikutnya adalah:


Idul Fitri merupakan penggabungan kata "Ied" yang berarti Hari Raya dan "Fitri" yang artinya berbuka puasa. Jadi Idul Fitri bisa juga diartikan sebagai hari berbuka secara massal kaum muslimin setelah sebulan lamanya menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Kebahagiaan yang dirasakan pada saat menjelang waktu berbuka puasa di waktu maghrib selama sebulan seakan dimanifestasikan pada tanggal 1 Syawal di Hari Raya Idul Fitri. Idul Fitri merupakan bentuk dari pengekspresian sebagai ”Iduna Ahlil Islam”, sabda Nabi, (Hari Raya kami penganut Islam) sebab Hari Raya Idul Fitri adalah hari makan-minum serta bersuka cita atau " yaumu aklin wa syurbin wa bahjatin" sehingga diharamkan bagi umat muslim untuk berpuasa.

Oleh karena Idul Fitri bermakna Hari bersuka cita, maka pada hari besar itu semua harus terbebas dari kesedihan, kesusahan dan jangan sampai ada orang yang meminta-minta. Makna sebenarnya dari kalimat tersebut adalah diwajibkan bagi umat muslim yang mampu untuk membayar zakat yang berupa zakat fitrah kepada fakir miskin sebagai bentuk dari berbagi kebahagiaan dari mereka yang tidak berpunya agar bisa merasakan suka cita pada hari tersebut.



Sejarah Singkat Kemerdekaan Republik Indonesia



Republik Indonesia merdeka pada Jum'at tanggal 17 Agustus 1945, Indonesia merdeka dengan dibacanya proklamasi oleh Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta sebagai pendampingnya, yang bertempat di Jl. Pegangsaan Timur no. 56 di Jakarta Pusat.

Pada tanggal 06 Agustus 1945 sebuah bom atom meledak di kota Hirosima, Jepang yang pada saat itu sedang menjajah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan terbentuklah BPUPKI (Badan Penyelidik Usaha Persiapan kemerdekaan Indonesia) atau dalam bahasa jepang Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai yang didirikan oleh pemerintah jepang pada tanggal 29 april 1945 yang beranggotakan 63 orang. kemudian berganti pada tanggal 07 Agustus 1945 menjadi PPKI (Panitian Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau dalam bahasa jepang disebut Dokuritsu Junbi inkai, dan pada tanggal 9 Agustus Bom atom kembali dijatuhkan di kota Nagasaki yang membuat Negara Jepang Menyerah Kepada Amerika Serikat.



Momen ini dimanfaatkan Indonesia Untuk memproklamasikan kemerdekaannya. pada tanggal 10 Agustus 1945, Sutan syahrir mendengar lewat radio bahwa jepang telah menyerah pada sekutu, yang membuat para pejuang Indonesia semakin mempersiapkan kemerdekaannya. saat kembalinya Soekarno dari Dalat, sutan syahrir mendesak kemerdekaan Indonesia. pada tanggal 15 agustus 1945 Jepang benar-benar menyerah pada Sekutu. pada dini hari 16 Agustus 1945 Para pemuda membawa Soekarno beserta Istri dan Anaknya dan Hatta dibawa ke rengasdengklok dengan tujuan agar Soekarno dan Hatta tidak terpengaruh oleh jepang. di Jakarta Wikana dan Mr. Ahmad Soebarjo menyetujui untuk memproklamasikan Kemerdekaan Indonesia. maka diutuslah Yusuf Kunto menjemput Soekarno dan keluarga dan juga Hatta. Soekarno dan Hatta kembali ke jakarta ia dibawa ke rumah nishimura dan di bawa kembali ke rumah Laksamana Maeda. untuk membuat konsep kemerdekaan. teks porklamasi pun disusun pada dini hari yang diketik oleh sayuti melik. pagi harinya 17 Agustus 1945 di kediaman soekarno, Jl. Pegangsaan Timur No. 56. dan dibacalah teks Proklamasi Itu pada pukul 10:00 WIB dan dikibarnya Bendera Merah Putih yang dijahit oleh Istri Soekarno, Fatmawati. dan disambut gembira oleh seluruh rakyat Indonesia.

Pada tanggal 18 Agustus 1945, PPKI mengambil keputusan, mengesahkan UUD 1945, dan terbentuknya NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia, serta terpilihnya Ir. Soekarno dan Moh. Hatta sebagai Presiden dan Wakil Presiden. berikut Video Proklamasi Indonesia


------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Begitulah Sejarah dan Makna Hari Raya Idul Fitri dan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia

Tapi Hari Perayaan Sepertinya Kurang Afdol klo gk ada Tradisi Atau Lomba - Lomba untuk merayakannya bukan? Simak Apa saja makna dalam Lomba -Lomba 17 Agustusan dan Sejarah Ketupat
Dalam Post #2dan #3
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
emoticon-SalamanSekian Dari Ane Mohon Maaf Lahir Dan Batin gan emoticon-Salaman

emoticon-Blue Guy Cendol (L)Ane Mau Donk Dapet THRnya Cendol emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh Ravli 13-08-2013 11:10
0
20.6K
323
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan