cadangana7Avatar border
TS
cadangana7
Cara Jitu Mendapatkan Pekerjaan
Setiap orang pasti ingin mendapatkan pekerjaan, tetapi banyak langkah yang salah dalam mencari pekerjaan. Berikut saya babarkan beberapa langkah efektif dalam mendapatkan pekerjaan:

1. Tetapkan Target dan Kriteria
Sebelum mencari pekerjaan kita harus menetapkan pekerjaan macam apa yang ingin kita ambil, misal jika ingin menjadi programmer, tentunya mulai lamar bidang tersebut, dan lihatlah iklan lowongan kerja di koran dan website lowongan kerja.

2. Jangan Menetapkan Gaji
Menetapkan mau gaji berapa adalah nanti saat kita sudah berpengalaman kerja. Kalau kita belum pernah kerja sama sekali lebih baik jangan menetapkan mau gaji berapa, yang penting carilah pengalaman terlebih dahulu, dan jika disuruh isi kolom ekspetasi gaji, isilah dengan "Sesuai standar gaji perusahaan."

Sehingga kita tidak dianggap perhitungan dan chance diterima kerja lebih besar, jika kita sudah berpengalaman 1 tahun lebih, barulah kita boleh menetapkan gaji karena sudah berpengalaman.

3. Masuklah Lewat Magang
Pada saat lulus kuliah banyak orang yang langsung melamar untuk mendapatkan kerja, dan harus banyak menghadapi saingan. Cara tersebut tentu ampuh tetapi jika kalian berasal dari universitas yang biasa, atau IP tidak tinggi lebih baik lewat magang. Kesempatan diterima magang tentunya lebih besar daripada melamar kerja biasa, dan jika kinerja kita pas saat magang baik, tentunya perusahaan akan merekrut kita menjadi karyawan tetap.

Magang juga memberikan pengalaman nyata bagaimana cara bekerja di perusahaan tersebut, jadi lebih baik mulailah dari magang agar bisa diterima di perusahaan tersebut.

4. Perbanyak Koneksi
Masuk pekerjaan dengan jalur koneksi tentunya lebih cepat dan terjamin dibanding jalur biasa. Jadi perbanyaklah koneksi kalian, sehingga lebih mudah dalam mendapatkan info pekerjaan dan diterima kerja.

Misal: melamar pekerjaan dengan mengirim email ke perusahaan tentunya lebih susah dikarenakan banyak email yang masuk ke perusahaan tersebut. Jika diantara teman kalian ada yang tau email HRD spesifik perusahaan tersebut dan kontek HRD tersebut, tentunya lebih mudah bukan dalam melamar kerja dan dipanggil tes.

5. Masukan Lamaran Ke Mana Saja Tanpa Perlu Ada Pengumuman Lowongan
Terkadang HRD perusahaan tidak mempublikasikan lowongan kerja, dan ketika perusahaan butuh orang, mereka biasanya menanyakan ke internal perusahaan tersebut apakah ada kenalan yang mau kerja dibagian itu. Jadi janganlah menunggu perusahaan tersebut membuka lowongan, tetapi inisiatif lah dengan mengirimkan CV kepada perusahaan meskipun lowongan belum dibuka, sehingga kalian bisa masuk daftar tunggu pertama. (berasal dari pengalaman saya sendiri)

6. Perbagus CV
Buatlah CV dengan bahasa Inggris sehingga menambah nilai jual, selain itu masukan kemampuan kalian seperti pengalaman organisasi, seminat, kursus, hobby, dan keterampilan komputer. Karena jika kita belum ada pengalaman kerja maka pengalaman diatas bisa menjadi nilai tambah.

Untuk orang yang jarang berogranisasi malah belum pernah sama sekali berorganisasi, kalian bisa membuat organisasi sendiri. Asalkan jangan menipu HRD dengan membuat organisasi fiktif. Buatlah organisasi kecil bersama dengan teman yang bertujuan untuk membantu orang yang berkekurangan, seperti organisasi amal. Hal tersebut tentu akan menambah nilai kita dimata perusahaan dan Tuhan.

Nb: CV yang baik maksimal 3 haln.

7. Berdoa + Bersedekah
Memberi dan Menuai, apapun yang anda lakukan dalam hidup ini pasti tidak terlepas dari bantuan Tuhan. Selayaknya kita bersedekah dengan ikhlas kepada orang yang berkekurangan, karena siapa yang membantu orang lain pasti dirinya akan dibantu juga emoticon-Smilie

8.Saran Terakhir
Jangan cuma menunggu panggilan kerja, tetapi gunakan waktu anda sembari menunggu panggilan kerja dengan usaha. Buat bisnis bersama teman-teman sehingga saat anda bekerja bisnis tersebut masih bisa diurus karena anda tidak sendirian.

Quote:


Diubah oleh cadangana7 25-05-2013 12:30
0
6.7K
26
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan