BobbygantengAvatar border
TS
Bobbyganteng
Kontrol Nafsu Kala Lebaran gan... :D :D
Ketika berpuasa sekitar satu bulan lamanya, kita belajar menahan lapar dan haus juga menahan nafsu. Ini berarti juga menahan nafsu makan. Nah, kalau Anda berhasil saat puasa, pas Lebaran seharusnya juga demikian. Bukan begitu?

Istilah ‘gelap mata’ seringkali jadi alasan seseorang kalap makan minum ini itu di hari kemenangan. Untuk mengatasinya, Anda perlu untuk ‘terang mata’, kontrol mata, kontrol nafsu, ingat tujuan hidup sehat Anda. Caranya sebagai berikut:

Sebelum berangkat silaturahmi, makan sebuah apel dengan kulitnya yang sudah dicuci bersih. Serat dari apel ini bisa membantu menahan nafsu makan yang muncul saat melihat hidangan lebaran yang menggugah selera.

Setiap bertandang ke rumah handai taulan, biasakan untuk tidak menyantap semua makanan. Jangan memaksakan memakan segala yang dihidangkan dan ditawarkan. Kehatui batas kemampuan perut Anda. Dan ingat, masih berapa rumah lagi yang perlu Anda kunjungi supaya Anda masih bisa menyediakan “kavling” dalam perut Anda untuk hidangan berikutnya di rumah lain.

Bila Anda makan ketupat, sebaiknya hanya mengambil beberapa potong saja. Lengkapi dengan lauknya. Pilih lauk yang melengkapi nutrisi yang Anda butuhkan. ambillah cukup satu protein saja, misalnya sepotong daging, ayam, atau telur. Ini supaya ginjal Anda tidak bekerja terlalu keras dalam satu waktu.

Sebaiknya tidak menyantap hidangan penutup yang manis setelah makan lengkap.

Lengkapi makanan yang menurut Anda kurang sehat dengan menu sehat lainnya misalnya buah-buahan.

Bila disuguhkan kue atau cake, Anda bisa mengambilnya masing-masing satu untuk menjaga kadar gula darah Anda.


tipsdokter.com

Quote:
0
1.7K
16
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan