Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jakartapeduliAvatar border
TS
jakartapeduli
SBY beli pesawat Rp 1 Trilyun
Jakarta - Pemerintah Indonesia memutuskan untuk membeli pesawat kepresidenan. Namun pembelian ini dianggap pemborosan karena dana hampir Rp 1 Triliun itu bisa digunakan untuk kepentingan masyarakat banyak.

"Pembelian pesawat itu waktunya belum tepat. Waktunya sudah tepat apabila sudah tidak ada lagi jembatan rubuh, atap sekolah ambruk atau sekolah mahal," terang Direktur Eksekutif Lingkar Madani Indonesia, Ray Rangkuti, saat dihubungi detikcom, Senin (13/2/2012).

Menurutnya, apabila salah satu alasan mengenai pembelian pesawat tersebut adalah lebih murah daripada harus menyewa, Presiden seharusnya mengurangi perjalanannya ke luar negeri bukan dengan membeli pesawat dengan biaya yang mahal.

"Kalau melihat dari sisi urgensi, saya tidak melihat adanya urgensi pengadaan pesawat keperesidenan," tegasnya.

Ray menambahkan, saat ini Pemerintah Indonesia terjebak pada pola pikir dimana para pejabat harus diberikan fasilitas mewah. Pemerintah dinilai merasa perlu memberikan fasilitas mewah agar dinilai baik dan beradab oleh negara tetangga.

"Hal seperti ini seperti tidak baik. Kalau mengelola negara seperti ini menunjukkan negara yang tidak tahu diri," tutupnya.

Sebelumnya diberitakan pemerintah akhirnya jadi juga membeli pesawat kepresidenan. Pembelian ini didasari oleh banyak pertimbangan, salah satunya adalah faktor keamanan dan analisis biaya operasional yang lebih murah dibandingkan sewa seperti selama ini. Beberapa aspek yang menjadi bahan perbandingan antara carter pesawat dengan membeli pesawat sendiri yakni aspek keamanan, aspek operasional dan aspek ekonomi.

"Untuk aspek keamanan, pesawat sewaan itu memiliki resiko keamanan yang lebih tinggi. Sebab selain digunakan untuk mendukung VVIP, pesawat juga digunakan penerbangan komersial," ujar Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg), Lambock V Nahattans.

http://news.detik..com/read/2012/02/13/100222/1840751/10/beli-pesawat-kepresidenan-kalau-sudah-tidak-ada-lagi-jembatan-rubuh?nd771104bcj

aduh pak SBY,,.. masih ada sekolah rusak dan jembatan yang ambruk, kok malah hamburin uang rakyat untuk beli pesawat sih....

emoticon-Najis

salam Jakarta
0
6.8K
141
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan