joe3012Avatar border
TS
joe3012
Nasi Uduk Favourite Ayam Goreng " IBU IRNA "
Nasi Uduk Favourite Ayam Goreng: Sedap dan Semerbak Nasi Uduk Khas Benteng -TANGERANG
emoticon-2 Jempol



Nasi uduk khas Betawi memang terkenal dengan gaya racikannya. Nasinya gurih, diberi lauk bihun goreng, kerupuk dan ditaburi bawang goreng. Semur jengkol atau ayam goreng jadi lauknya. Wah, gaya racikan ini pun sama dengan nasi uduk di Tangerang!

Nasi yang berbumbu santan ini terasa gurih, tak heran jika disebut juga dengan nasi gurih. Sering dinikmati sebagai menu sarapan juga menu makan malam. Rasanya yang gurih enak makin mantap jika disantap dengan lauk-pauk dan disajikan hangat.

Melintas jalan Jl. Dr. Sitanala, Tangerang lumayan padat, pasalnya penjaja kue basah berjejer disepanjang trotoar hingga larut malam. Tapi saya justru tergoda dengan banner bertuliskan Nasi Uduk Favourite Ayam Goreng yang berukuran besar berkibar-kibar dan menutupi warung.

Warung ini terkenal akan racikan nasi uduk khas Benteng yang terkenal enak di kawasan Tangerang. Terbukti dari jejeran kendaraan yang parkir tepat di depan warung. Warung makannya mengandalkan teras rumah dan trotoar, tidak terlalu luas. Meja dan bangku makan ditata sederhana dan memanjang.

Dibagian depannya ada lemari kaca yang penuh dengan jajaran ayam goreng bumbu kuning, tempe dan tahu goreng, perkedel kentang, telur balado dan semur jengkol yang ditata rapi. Wah, persediaan lauknya lumayan banyak!

Untuk racikan utama nasi uduknya adalah bihun goreng, emping goreng, kerupuk merah, sambal tomat godog, taburan bawang merah goreng dan irisan mentimun. Meski ramai pembeli namun tak perlu menunggu lama untuk dilayani, pasalnya tiga orang wanita dengan cekatan meracik pesanan nasi uduk.

Wah, seporsi nasi uduk dengan lauk ayam goreng, perkedel kentang dan semur jengkol pesanan kami langsung tersaji. Nasi uduk disajikan di atas piring bulat dan masih hangat. Nasinya terlihat sedikit kusam karena dimasak dengan santan. Pulen dan wangi. Bahkan masih terselip daun salam dan serpihan batang serai di sela-selanya.

Dalam suapan, tekstur nasi uduknya pulen lembut dan tidak pera. Sepertinya jenis beras yang digunakan berkualitas bagus sehingga menghasilkan tekstur pulen. Aoma wanginya menguar hingga mengelus hidung.

Bihun goreng yang jadi lauk utamanya kenyal manis. Tapi saya justru menemukan sensasi gurih enak dari ayam goreng bumbu kuning. Bagian luarnya kering dan bagian dalamnya terasa sangat kuat bumbu bawang putih dan kunyitnya.

Semur jengkolny juga istimewa. Jengkolnya dipotong-potong menjadi empat, legit lembut dan menyisakan sedikit rasa pahit di lidah. Namun aromanya tidak menyengat. Dibalut bumbu kecap yang pekat gurih manis. Makin enak disupa dengan sedikit sambal.

Perkedel yang lembut dan gurih melengkapi sensasi rasa di lidah. Ternyata makin enak saat disuap dengan sambal tomat yang pedas asam. Tak sampai 10 menit seporsi nasi uduk pun tandas. Antrian tempat duduk pun sudah makin panjang, tentunya menandakan saya harus segera bergantian dengan pembeli lainnya. Cukup membayar Rp. 23.000 saja untuk seporsi nasi uduk pelus tiga pilihan lauk yang sangat memuaskan ini.

emoticon-Ngacir2 emoticon-Ngacir Yang mau Ngabuburit...sekitar TANGERANG

Nasi Uduk Favourite Ayam Goreng
Jl. Dr. Sitanala No 4 (Dekat RS Dr. Sitanala)
Kota Tangerang
Buka Jam 17.00-23.00 WIB

emoticon-2 Jempol

SUMBER : [url]http://food.detik..com/ramadan/read/2013/07/29/153135/2317695/933/nasi-uduk-favourite-ayam-goreng-sedap-dan-semerbak-nasi-uduk-khas-benteng?[/url]
0
5.6K
30
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan