Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

trendtalkingAvatar border
TS
trendtalking
It Doesn’t Have to Be Remade


TrendTalking.com – Tahukah kamu kalau sebenarnya kebanyakan penonton film di Amerika adalah penonton yang paling tidak suka membaca subtitle pada saat menonton film? Sudah tidak aneh lagi bila film yang tidak berbahasa Inggris sedikit kesulitan mencari jumlah penonton di Amerika sana, walaupun film itu memiliki kualitas yang baik. Ingat film The Raid? Walaupun di Amerika diputar di banyak teater, tetapi kebanyakan penonton adalah penonton yang benar-benar penggemar film martial arts atau memang yang penasaran karena hype yang sudah tersebar di banyak media, sehingga ada kabar kalau The Raid akan di remake oleh Hollywood.

Bicara soal remake, tahun ini ada dua judul film yang menarik perhatian karena dibuat ulang oleh Hollywood. Yang pertama adalah “Oldboy”, film korea yang disebut-sebut sebagai salah satu masterpiece dengan twist ending-nya yang cukup mencengangkan dan originalitas ceritanya. Dengan di remake-nya film ini, membuat banyak penggemar film berteriak kalau ini adalah salah satu film yang sama sekali tidak perlu dibuat karena diperkirakan akan menghancurkan image film aslinya terdahulu. Lalu ada “Lof”t sebuah film Belgia yang memiliki cerita yang penuh dengan twist hingga pernah dibuat ulang pada tahun 2010 oleh sineas di Belanda, lalu kini di remake kembali oleh sutradara aslinya dengan versi Hollywoodnya.

Sekarang muncul pertanyaan, apakah Hollywood sudah kehabisan ide untuk membuat film dengan ide-ide yang lebih original dan fresh? Bila kita urutkan, tentunya sudah banyak film yang di remake oleh industri film Amerika ini, seperti The Grudge yang berasal dari horor Jepang berjudul Ju-On, Shutter yang merupakan film horor asal Thailand, hingga The Ring dan The Eye pun dibuat ulang. Infernal Affairs yang dibuat ulang menjadi The Departed malah bisa menyabet Oscar.

Tidak hanya itu, pada sebuah artikel yang dibuat oleh situs shortoftheweek pada tahun lalu menunjukkan fakta yang cukup mengejutkan, yaitu 10 film berpenghasilan terbesar pada tahun 2011 tidak satu pun yang menggunakan ide original, kebanyakan adalah sequel, prequel, adaptation, dan reboot. Bahkan franchise film yang dimulai dari 2001 terus bertahan hingga 2011, seperti Harry Potter dan The Fast and The Furious. Dan tahukah kamu kalau The Lion King 3D yang dirilis ulang dengan budget kurang dari 10 juta dollar bisa meraup keuntungan 100 juta dollar. Begitu juga dengan Titanic yang dirilis ulang pada tahun 2012 dengan menggunakan teknologi 3D mendapat keuntungan yang cukup besar juga.

Mengapa ini terjadi? Mungkin ini diakibatkan oleh industri film Hollywood yang menginvestasikan uangnya untuk membuat film yang benar-benar pasti bisa menghasilkan keuntungan yang lebih besar dengan mengesampingkan sisi originalitas. Tidak jauh dari tahun sebelumnya, bahkan tahun ini pun beberapa film kebanyakan adalah sequel, prequel, adaptation, remade, dan reboot. Iron Man 3, Man of Steel, Captain America, Thor, The Wolverine, Grown Ups 2 , The Smurfs 2, adalah beberapa contohnya. Tetapi, walaupun begitu mungkin kita bisa berharap akan lebih banyak film yang menyuguhkan sebuah film dengan ide-ide original dan fresh nantinya.

Sumber
0
1.2K
7
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan