alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51fa6e0fe374b4475b000004/kampung-anggur
۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩
Spoiler for Term:


۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩
۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩



Sejarah

Anggur merupakan tanaman buah berupa perdu merambat yang termasuk ke dalam keluarga Vitaceae. Buah ini biasanya digunakan untuk membuat jus anggur, jelly, minuman anggur, minyak biji anggur dan kismis, atau dimakan langsung. Buah ini juga dikenal karena mengandung banyak senyawa polifenol dan resveratol yang berperan aktif dalam berbagai metabolisme tubuh, serta mampu mencegah terbentuknya sel kanker dan berbagai penyakit lainnya. Aktivitas ini juga terkait dengan adanya senyawa metabolit sekunder di dalam buah anggur yang berperan sebagai senyawa antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Tanaman ini sudah dibudidayakan sejak tahun 4000 SM di Timur Tengah. Akan tetapi, proses pengolahan buah anggur menjadi minuman anggur baru ditemukan pada tahun 2500 SM oleh bangsa Mesir. Hanya beberapa waktu berselang, proses pengolahan ini segera tersebar luas ke berbagai penjuru dunia, mulai dari daerah di Laut Hitam, Spanyol, Jerman, Perancis, dan Austria.Penyebaran buah ini berkembang samakin pesat dengan adanya perjalanan Colombus yang membawa buah ini mengitari dunia.

Varietas
Buah anggur memiliki banyak varietas, antara lain:

Vitis vinifera, anggur untuk bahan minuman anggur Eropa
Vitis labrusca, anggur Amerika Utara untuk membuat jus anggur, kadangkala untuk minuman anggur
Vitis riparia, anggur liar Amerika Utara, kadangkala untuk pembuatan minuman anggur
Vitis rotundifolia, muscadine, digunakan untuk jelly dan kadangkala minuman anggur
Vitis aestivalis, varietas Norton yang digunakan untuk pembuatan minuman anggur
Vitis lincecumii (juga disebut Vitis aestivalis atau Vitis lincecumii), Vitis berlandieri (juga disebut Vitis cinerea var. helleri), Vitis cinerea, Vitis rupestris digunakan untuk membuat minuman anggur hibrida dan "rootstock" tahan-hama.
Hibrida juga ada, utamanya merupakan persilangan dari V. vinifera dengan satu atau lebih varietas V. labrusca, V. riparia atau V. aestivalis. Hibrida cenderung lebih tidak terpengaruh dingin ("frost") dan penyakit (terutama phylloxera), tetapi minuman anggurnya kurang memiliki karakteristik aroma "foxy" labrusca.
۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩


Syarat Tumbuh

IKLIM
Anggur merupakan salah satu tanaman yang hidup pada daerah dataran rendah. Tidak seperti kebanyakan tanaman lainnya, tanaman anggur justru membutuhkan musim kemarau panjang berkisar 4-7 bulan agar dapat tumbuh dengan baik dan intensitas cahaya matahari yang cukup tinggi. Curah hujan yang diperlukan oleh tanaman ini hanya 800 mm per tahun. Oleh karena itu, penyiraman yang berlebihan dapat mengganggu proses pembuahannya. Suhu untuk tumbuh maksimal adalah 31oC dan suhu minumum adalah 23oC dengan kelembapan udara berkisar antara 75-80%.

MEDIA TANAM
Hanya beberapa jenis tanah yang dapat menunjang pertumbuhan tanaman anggur dengan baik. Secara umum, tanah tersebut harus mengandung pasir dan lempung dalam jumlah yang cukup agar tanaman tidak mengalami transpirasi berlebihan. Selain itu, tanah yang digunakan harus subur dan bertekstur gembur agar terdapat asupan nutrisi dan pasokan udara yang baik. Tanah tersebut juga harus memiliki derajat keasaman (pH) yang netral, yaitu 7

Manfaat Bagi Kesehatan
Anggur memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung berbagai jenis senyawa metabolit sekunder, terutama golongan flavonoid dan antosianin, serta resveratol. Penelitian lain mengungkapkan bahwa senyawa aktif di dalam anggur mampu meningkatkan kerja sel endotelial yang berperan dalam memperlancar aliran darah dalam arteri terkait dengan aktivitasnya terhadap sel-sel otot halus. Melalui mekanisme ini, risiko terkena serangan jantung dapat berkurang. Selain itu, anggur juga mengandung banyak senyawa antioksidan yang daya kerjanya lebih kuat daripada vitamin C dan vitamin E. Di dalam tubuh, senyawa flavonoid anggur dapat meningkatkan produksi lemak baik (HDL) sekaligus menurunkan trigliserida yang beredar di dalam darah.
Sumber WIKI

Hama Dan Penyakit

FLEA BEETLE / STEELY BEETLE

۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩ ۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩

Serangga ini berukuran 5 milimeter berwarna biru tua metalik yang mengkilap. Bisa melompat dengan cepat saat merasa terganggu. Serangga dewasa dan larvanya merusak mata tunas, daun yang masih muda dan bunga anggur sebelum mekar. Pada daun yang lebih tua biasanya larva memakan lapisan atasnya saja dengan meninggalkan serat daunnya sehingga daun menjadi berlubang-lubang. Serangan serangga dewasa berpindah-pindah sedangkan larvanya hanya menyerang tempatnya menetas saja.


SERANGGA PENGERAT BATANG

۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩

Sebenarnya serangga ini tidak memakan daun ataupun batang anggur, gangguan yang ditimbulkannya hanya saat serangga betina akan bertelur. Telur diletakkan di dalam batang angur yang masih muda, parahnya setelah telur diletakkan, serangga ini membuat luka keratan mengelilingi batang sehingga membuat batang mudah patah.

GALLMAKER / PEMBENGKAK BATANG

۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩

Sepintas penampilan serangga ini sama dengan serangga pengerat batang. Yang dilakukan pun sama, menempatkan telur di dalam batang anggur, bedanya serangga ini tidak membuat keratan melingkar sehingga batang anggur tetap bisa tumbuh dengan baik tanpa terganggu produksinya, hanya saja penampilan batang anggur yang dirusak terlihat membesar seperti bengkak dengan bekas luka berupa lubang memanjang.


SPIDER MITE
۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩

Kutu yang menyerupai laba-laba ini berukuran sangat kecil kurang dari 1 milimeter. Biasanya kutu ini berdiam di bagian bawah daun dan merusak lapisan stomata di sekitar tulang daun. Kerusakan yang ditimbulkan tidak terlalu mengganggu, kecuali jika serangan yang terjadi sangat banyak bisa menyebabkan kerusakan parah yang berakibat fatal pada pohon anggur yang sedang mengalami stress air.

Biasanya kutu laba-laba ini bersembunyi di rerumputan atau sampah organik yang ada di permukaan tanah, pada saat kering mereka akan berpindah naik ke daun anggur terutama daun yang rimbun/rapat.

Sumber : THOMASGRAPE




۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩
Pertanyaan Dan Jawabnya

Q : Misi om mau gabung nih...
A : Silahkan om.. kita bareng2 belajar disini emoticon-shakehand:

Q : Om ane pengen punya anggur nih dr mana sih dapetnya??
A : Silahkan ke tukang bibit terdekat di kota juragan, jika tidak ada juragan bisa beli online di FJB atau situs lain..

Q : Gan gimana cara nanem anggur dari biji??
A : Ada Beberapa Langkah yang biasa dilakukan sesepuh disini.. antara lain..
- Rendam biji dengan hidrogen peroxide/baycl*n selama 30 menit, setelah itu kering anginkan
- Jika sudah kering rendam lagi dengan air+ZPT selama 12jam.
- Masukkan dalam toples tertutup yg alasnya diletakkan tissu basah yg sudah dibasahi.
- jika sudah berkecambah (5-7 hari) bisa dipindahkan ke media tanam.
- Dan yg terpenting selama masa sprout sebelum tumbuh daun sejati perhatikan KELEMBAPAN.. area akar jangan terlalu BECEK/BASAH.



#Update Soon... emoticon-Ngacir
INDEX KUIS KAMPUNG ANGGUR

Berikut ini adalah index kuis yang pernah ada dikampung anggur dr yg pertama hingga yg terakhir :

Kuis 1
Spoiler for Pertanyaan:


Spoiler for Jawaban:



Kuis 2
Spoiler for Pertanyaan:


Spoiler for Jawaban:
wah dah ada kampung anggur barunya ...
salut buat om fandy yg telah membantu melestarikan keberadaan kampung anggur kita-kita emoticon-2 Jempol
Spoiler for koleksi racun anggur australi:


cara menanam bibit anggur dr cutting
Spoiler for :
ikut mejeng di page wan om emoticon-linux2
Tes rumah baru emoticon-Malu (S)
Spoiler for anggur:
Saya juga ikut mejeng ahh
emoticon-Cool

Mantap transmigrasi ke Kampung Anggur

Numpang parkir di depan kampung Om emoticon-2 Jempol

Congratulation.....

emoticon-Selamat Selamat atas dibukanya kampung Anggur baru.... emoticon-Salaman


Patokin tanah dulu untuk kaplingan...... emoticon-Kiss


Smile 
up

makin semangat aja nih.
Nanam anggur hehe
selamat buat kampung baru anggur emoticon-Selamat


Tes.,r
Sundul dulu biar g tenggelam.. ♥♥
Ayo bisa dimulai sharing dan majang foto nebar racun emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By hefniesby
emoticon-Selamat Selamat atas dibukanya kampung Anggur baru.... emoticon-Salaman


Patokin tanah dulu untuk kaplingan...... emoticon-Kiss


Saya mau daftar kaplingan hook Omemoticon-Ngakak.
Buat penyemangat ini saya tempelin poto musim yg lalu Om.
۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩

varietas apa hayo....? yang tahu hadiahnya seedling dehemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By bejotaruna
Tes.,r


Silahkan pidato sambutannya Om Bejoemoticon-Wink
Quote:Original Posted By anggur.
Sundul dulu biar g tenggelam.. ♥♥
Ayo bisa dimulai sharing dan majang foto nebar racun emoticon-Big Grin


Tenang Om RT, kalo kampung anggur ngga bakal tenggelam, anggur kan ngga suka becekemoticon-Ngakak
Akhiirrnyaa..... Desa baru udah terbentuk... semoga kita semua bisa saling belajar bersama emoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamat

Quote:Original Posted By thomasls
Saya mau daftar kaplingan hook Omemoticon-Ngakak.
Buat penyemangat ini saya tempelin poto musim yg lalu Om.
۩۩۩ KAMPUNG ANGGUR ۩۩۩

varietas apa hayo....? yang tahu hadiahnya seedling dehemoticon-Ngakak


Ini racun bermadu alias berhadiah Om. emoticon-Wink
Yang tahu sekalian dengan usia pohonnya (kelihatan di samping kiri buah) tambahin hadiahnya dgn cutting kyohouemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By dombret82
Akhiirrnyaa..... Desa baru udah terbentuk... semoga kita semua bisa saling belajar bersama emoticon-Selamatemoticon-Selamatemoticon-Selamat


Aminnnnnnnnn........ emoticon-rainbow
Walaupun Repost File... semoga tetep berguna buat newbie anggur yang mau gabung http://www.pusri.co.id/budidaya/buah/ANGGUR.PDF
×