Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

a70n98Avatar border
TS
a70n98
Permintaan Ekspor Singkong Terus Meningkat
Permintaan Ekspor Singkong Terus Meningkat



Permintaan singkong asal Indonesia oleh negara luar terus meningkat setiap tahunnya. Ubi kayu yang dapat diolah menjadi 16 turunan produk bernilai ekonomis kini menjadi incaran negara lain.

"Cina membutuhkan dua sampai tiga ribu ton singkong segar setiap tahunnya. Begitu juga dengan Korea Selatan yang membutuhkan bahan setengah jadi dan ampas singkong. Dari dalam negeri, permintaan datang dari Samsung, Indofood dan Miwon untuk berbagai pasokan produk usaha mereka," kata Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kaltim Ibrahim.

Meski begitu, potensi singkong di Kalimantan Timur belum dapat memenuhi permintaan pasar dan luar negeri. Pemerintah Kalimantan Timur pun meminta masyarakat memanfaatkan lahan pekaranganan dan lahan tidur untuk dapat diolah dan ditanami ubi kayu.

Sementara itu, Ketua Masyarakat Singkong Indonesia Kalimantan Timur Isman Saladin mengatakan singkong atau ubi kayu ini saat ini terbanyak diolah menjadi tepung tapioka dan tepung Mocaf.

Sedangkan pemanfaatan singkong sebagai bahan bakar ethanol masih sulit karena perlu modal besar dan pembangungan pabrik pengolahan yang modern. Padahal, singkong berpotensi besar menjadi alternatif bahan bakar.

"Saat ini untuk memproduksi satu liter ethanol dibutuhkan biasa sebesar Rp6.500 atau setara dengan harga premium saat ini. Harga ini akan bernilai ekonomi jika digunakan oleh perusahaan yang harus menggunakan BBM nonsubsidi," kata Isman.

Desember mendatang, Masyarakat Singkong Indonesia akan menggelar seminar untuk membahas potensi singkong sebagai komoditi nasional di Kota Balikpapan. Kegiatan ini akan dihadiiri peneliti dan pegiat tanaman singkong dari Indonesia maupun negara Asia Tenggara lain. Seminar ini akan diramaikan dengan pameran hasil olahan singkong, kontes singkong terbesar, pemberian penghargaan kepada petani serta demonstrasi pengolahan ethanol. (OP-ixn/Antara)

Bagaimana pengembangan tanaman singkong di daerah Anda? Sampaikan OPINI Anda disumber link: http://opini.co.id/web/article/5920/...erus-Meningkat

Copos dari:
https://www.facebook.com/photo.php?f...count=1&ref=nf

Gan, ternyata singkong/ubi kayu sangat diminati krn bisa diolah menjadi berbagai macam bahan yg sangat bermanfaat, dari mknan sampai ethanol.
Saya baru tahu Gan setelah baca artikel ini.....
Smoga pemerintah Indonesia bisa membantu petani meningkatkan produksi singkong yg hasilnya bisa di export dan bisa meningkatkan kesejahteraan petani..... emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Diubah oleh a70n98 26-07-2013 16:05
0
12K
59
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan