Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Far_awayAvatar border
TS
Far_away
DISKUSI & SHARE | Sosial Media - Web Marketing di Indonesia
Sebelumnya..

- Saya dari Komunitas Entrepreneur Kaskus - Regional Malang. Mulai dari nol juga seperti kebanyakan anda disini. Merintis sejak 2008, gede, gede, jatuh, gede dikit lagi, jatuh lagi, gede lagi..dan seterusnya..dan seterusnya. Cerita klasik seperti yang sudah-sudah.

- Mulai jualan online sejak 2010. Kacau waktu itu. Saya gak tahu apa-apa. Persis pedagang pasar disuruh jualan asuransi..gak nyambung sama sekali.

- Belajar terus setelahnya. Saya baru nemuin jalannya, beberapa bulan belakangan.

Ini yang saya tahu dan bisa bagi..


------

DISKUSI & SHARE | Sosial Media - Web Marketing di Indonesia

FACEBOOK


1. Anda perlu menambahkan 'keyword' di nama fanspage, dan url link fanspage yang anda punya.

Misal saya punya bengkel mobil bernama Sehat. Ngincer keyword di google: 'Bengkel Mobil Surabaya'

Maka saya akan bikin fanspage dengan judul: Bengkel Mobil Sehat Surabaya dan url link fanspage-nya akan saya rubah menjadi:

w*w.facebook.com/BengkelMobilSehatSurabaya

Bro, ini gak bagus buat brand..

Saya tahu. Percayalah, brand yang saya punya sudah membuat kesalahan serupa. Ini untuk SEO nantinya. Brand? yang nge-like fanspage anda gak akan ingat judul sepanjang itu. Mereka nyoba ingat 'Sehat', alamat bengkel yang anda sertakan, dan lebih bagusnya: Wajah yang punya. <- Ini nanti saya jelaskan.

Solusinya biar mereka inget brand?

Spoiler for Kasih tulisan di cover fanspage:


2. Usahakan selalu, posting konten visual.

Gambar lebih bagus. Video boleh. Pepatah sok bijak dapet copas, sah-sah saja..buatin pake gambar.

Kenapa? rata-rata orang indonesia sekarang, punya teman minimal 1.000 orang. Fanspage kalo sudah bagus engagement-nya gak masalah, meski postingannya nyelip masih punya kemungkinan diperhatikan.

Lha kalo Fanspage-nya masih baru seumur jagung, yang nge-like juga belum seberapa. Posting sesuatu jadi kaya' teriak:"Saya Artissss...Lihatlah saya..!!!" di pasar. Gak ada yang mau, gan.

Semua web tentang sosial media sudah punya riset tentang ini. Konten visual punya 30% kemungkinan lebih besar, untuk dapet perhatian.

Bro, saya gak mahir sotoshop-an..

Bagus. Saya juga. Sebelum dapet jamu..INI JAMUNYA. Gak perlu daftar, tinggal upload+edit. Meski sederhana, tapi kita tahu di bisnis lebih penting cepet daripada sempurna

Contoh:

Spoiler for Nyoba bikin meme kaskus:


Video cara pakai picmonkey:

Spoiler for Picmonkey tutorial:


3. Buatlah Fanspage 'jangkar'.

Beberapa orang tak suka hal yang berbau komersil. Denger ada kata 'jualan' dikit, mereka pergi. Terlepas dari kita sudah pinter menyajikannya. Konten yang kita punya tak berbau 'iklan' separah itu.

Ini solusinya. Kita diberi kebebasan oleh Facebook untuk membuat berapapun fanspage. Entah di FB anda, kalo di saya malah begitu bikin langsung bisa ganti 'Facebook web adress' aka Fanspage url. Di kloningan malah random dapetnya. emoticon-Hammer

FB web address tadi penting, untuk me-'reserved' kata kunci yang anda incar.

Misalnya: Anda jualan baju cewek.

Maka bikinlah fanspage 'kumpulan surat cinta', usahakan secepatnya ganti url-nya jadi facebook.c*m/KumpulanSuratCinta. Selain lebih rapi dan meyakinkan, sudah saya sebut diatas, ini juga penting untuk SEO.

Isi kontennya secara berkala. Dari sana yang nge-like begituan kebanyakan cewek.

Mulailah sekali-kali anda sertakan konten personal tentang siapa anda. Apa tujuan anda bikin fanspage ini. KERJAAN anda apa'an. Maka dari sana anda punya kepercayaan lebih dari mereka, karena anda berani apa adanya. Mulailah sertakan postingan MINTA TOLONG kepada fans di kumpulan surat cinta tadi untuk mereview baju jualan anda, minta pendapatnya, dll.

Jangan ragu bertanya dan minta apapun kepada mereka. Kuncinya adalah, anda sudah memberi informasi penuh siapa anda sebenarnya. Bukan sembunyi di balik fanpage dengan title adminlalu tanpa ba-bi-bu mulai upload konten jualan.

"Ah mau jualan toh..Ohh, mau ngiklan ternyata, dll." Ini gak bagus buat engagement. Yang ngelike FP anda bukan robot. Perlakukan mereka layaknya manusia yang harus dihormati kepentingannya.

Banyak mah, jenis Fanspage jangkar itu.

Fanspage tentang kampus, SMU anda dulunya, Fanspage tentang artis, Fanspage tentang hewan peliharaan, dll. Be creative. Sesuaikan dengan minat dan kepentingan anda nantinya.


......

*Untuk disambung, jika sudah punya&test tips lainnya..


...
Diubah oleh Far_away 09-07-2013 18:16
0
17.6K
216
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan