Pada thread ane tersebut banyak sekali kaskuser yang mengeluh bahwa di Indonesia sulit menjalankan bike to work dengan berbagai alasan. Alasan yang paling utama adalah JAUH dan PANAS sehingga capekdan INFRASTRUKTUR belum memadai
Quote:
Tentu saja jika kita ingin mencontoh copenhagen yang mampu mengintegrasikan angkutan umum (kereta/MRT) dengan sepeda jelas sulit untuk saat ini. karena kondisi angkutan massal di Indonesia yang belum memadai dan kondisi penuh sesaknya angkutan khususnya komuter dan bus/BRT/transjakarta.
kenapa pemerintah nggak mengembangkan infrastruktur sepeda?
karena masyarakatnya nggak ada yang pake sepeda... udah dibuatin jalur sepeda yang pake sangat minim cuma 1-2 orang. akhirnya jalurnya dipake motor
kenapa masyarakat nggak pake sepeda?
karena pemerintah belum menyediakan infrastruktur yang memadai... jadi susah bersepeda ke kantor.
lahhh mbulet ae tohh?????
Lalu bagaimana caranya?
Saat ini ada dua konsep dalam bepergian yang tengah dilakukan di dunia termasuk indonesia, yaitu car sharingdan bike to work.
Apa itu Car Sharing?
Spoiler for car sharing:
Car Sharing adalah ide untuk memaksimalkan kapasitas kendaraan dalam perjalanan yaitu dengan menggunakan 1 mobil secara bersama-sama. Misalnya dengan menjemput teman-teman yang memiliki tujuan searah sehingga kendaraan terisi penuh selama perjalanan. tidak perlu tujuannya sama yang penting searah. penumpang bisa turun sebelum pemilik mobil sampai di tujuan. car sharing udah berjalan di beberapa negara, termasuk Indonesia yang sudah punya komunitas car sharing yaitu Nebengers
di wikipedia, car sharing itu merupakan mobil sewaan. mungkin mirip taksi gitu tapi dipake banyak orang yang searah (mungkin). TS juga belum terlalu ngerti maksudnya di wikipedia.
sebagai ilustrasi ane buatin gambarnya
di sini A sebagai yang menyediakan mobil karena jarak rumah paling jauh. Dalam perjalanan ke kantor A menjemput B,C,D,dan E karena searah dengan kantor. sehingga jika berangkat sendiri-sendiri maka diperlukan 5 mobil. maka dengan car sharing 1 mobil mampu mengangkut 5 orang.
Bike To Work/School?
Spoiler for bike2work:
mungkin semua udah tau bike to work itu bepergian ke kantor/sekolah dengan menggunakan sepeda. Salah satu kendala di Indonesia adalah jarak rumah ke kantor yang jauh apalagi di metropolitan jakarta yang rumah bisa di bekasi/tangerang dan kantor di jakarta pusat. infrastruktur fasilitas juga masih minim
Lalu, bagaimana caranya agar masyarakat bisa melakukan bike to work dengan nyaman di Jakarta/Surabaya/Bandung/ kota-kota lainnya? Ini hanya sebatas ide yang tiba-tiba muncul di kepala TS ya gan. mungkin udah ada yang menerapkan atau belum ane belum tau.
Ide TS adalah....
menggabungkan konsep car sharing dengan bike to work
NEBENGERS + GOWESERS
Bagimana caranya menggabungkan kedua konsep tersebut? inilah caranya!!!
Quote:
Konsep ini memadukan konsep car sharing oleh teman yang paling jauh untuk menjemput teman-temannya yang searah dan menggunakan rumah teman paling dekat ke kantor untuk menjadi shelter / penitipan sepeda. Artinya masyarakat melakukan perjalanan kekantor dengan setengah perjalanan menggunakan car sharing dan setengah perjalanan menggunakan sepeda.
saling menjemput --> rumah temen dijadikan shelter sepeda --> naik sepeda bersama-sama -->-->
kita lihat ilustrasinya..
disini konsep car sharing digunakan oleh A untuk menjemput teman2nya yaitu B,C,D dan E untuk menuju rumah F. Rumah F ini dijadikan sebagai tempat shelter sepeda atau menjadi tempat penyimpanan sepeda seluruh teman-temannya(A,B,C,D,E) setiap hari. Dari rumah F ini A,B,C,D,E, dan F menggunakan sepeda (bike to work) bersam-sama ke kantor.
rumah F ini dipilih karena jarak rumah ke kantor yang mampu ditempuh menggunakan sepeda artinya faktor jauh dan capek bisa hilang.
Manfaat konsep kombinasi car sharing + bike to work:
Quote:
1.Menghemat biaya, karena menggunakan mobil bersama-sama maka biaya bensin bisa patungan 2. Tidak perlu menunggu pemerintah membangun angkutan umum, infrastruktur, fasilitias sepeda 3. Jauh an Capek sudah bukan jadi masalah, karena bersepeda dilakukan dari rumah teman yang cukup dekat dengan kantor 4. Bersepeda itu keren, bayangin aja mana lebih keren pake sepeda motor 10 juta atau sepeda 10 juta? 5. Sehat, walaupun tidak terlalu jauh, tetapi jika dilakukan rutin setiap hari maka mampu menciptakan pola hidup sehat. 6. Mengurangi polusi, kalau alasan nggak bersepeda dan naik mobil karena polusi, kapan polusinya berkurang? 7. Daripada naik angkot sempit2an dan gak nyaman atau motor mending nebeng naik mobil temen, dijemput, tinggal duduk, nyaman lagi. 8.Menciptakan sebuah pertemanan yang solid dengan rekan kerja/teman kuliah karena berangkat bersama-sama bersepeda bersama-sama
kok TS bisa kepikiran kayak gitu?
Quote:
TS bikin trit copenhagen --> banyak yang ngeluh kantornya jauh --> kepikiran sama sepeda masuk kereta di copenhagen --> kondisi angkutan umum indonesia belum memungkinkan --> kenapa sepedanya harus dibawa2? mending taruh shelter yang cukup deket dg kantor-->dimana shelternya? --> rumah temen yang cukup deket dengan kantor --> gimana caranya ke rumah temen itu? --> nebeng atau car sharing --> kombinasi car sharing + bike2work
masih mikir capek? jauh? males? gengsi?
Quote:
buat yang gengsi??? menurut agan sepeda motor 10jutaan sama sepeda ontel 10 jutaan lebih keren mana?
yuk budayakan hidup sehat baik itu naik angkot ataupun ngegowes
Quote:
jangan lupa komen ya gan!
dan juga di
TS juga nggak menolah kalau dikasih
TS minta maaf karena ilustrasi dibuat pakai paint, jika ada yang berkenan membuatkan ilustrasi yang bagus TS sangat berterima kasih sekali
TS juga bukan goweser atau nebengers (belum di kasih rezeki sepeda dan jarak ke kampus cuma 15 menit jalan kaki), TS cuma mengutarakan ide yang tiba2 terlintas dan sangat berharap bisa diterapin di Indonesia.
TS sangat pro dengan rencana pengembangan transportasi massal khususnya angkot (yang nyaman dan aman)
Quote:
Ayo gan dikomen, di rate bintang 5. biar jadi hot tread, banyak yang tau dan bisa diterapkan dan dibudayakan di Indonesia
sumber:
Quote:
pemikiran pribadi
konsep car sharing dari teman-teman ane kuliah dan wikipedia