Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bolangnusantaraAvatar border
TS
bolangnusantara
Survey:: Jika Pemilu Hari Ini, Jokowi Akan Jadi Presiden
Jika Pemilu Hari Ini, Jokowi Akan Jadi Presiden


PortalKBR.com, Jakarta - Masalah elektabilitas partai politik dan kandidat presiden selalu menjadi informasi yang menarik untuk diungkap ke publik. Indonesia Research Centre (IRC) melakukan survei terhadap pemilik telepon di 11 kota besar di Indonesia (Bandung, DKI Jakarta, Lampung, Makassar, Denpasar, Medan, Palembang, Samarinda, Semarang, Surabaya dan Tangerang) pada 8-11 Juli 2013.

Kepada responden ditanya tentang Presiden pilihan mereka apabila pemilu dilakukan hari ini. Berdasarkan hasil survei, Sebagian besar publik memilih Jokowi (32%) sebagai presiden. Setelah Jokowi ada Prabowo (8.2%), Wiranto (6.8), Megawati (6.1%) yang dipilih sebagai presiden. Sementara Aburizal Bakrie yang secara resmi dikandidatkan oleh Golkar hanya dipilih oleh 3.3 persen masyarakat.

Jika elektabilitas kandidat presiden dilihat berdasarkan konsitituen masing-masing partai politik: Mayoritas konstituen PDIP lebih memilih Jokowi (54.9%) daripada Megawati (14.3%). Kemudian Gerindra, mayoritas konstituen konsisten akan memilih Prabowo (58%). Sementara itu Hanura, sebagian besar konstituen akan memilih Wiranto (44.4%) sebagai presiden. Yang manarik adalah konstituten Golkar, suaranya terbelah, dengan kecenderungan lebih memilih Jokowi (26.4%) daripada Aburizal Bakrie (20.8%).

Dari keterangan pers yang diterima KBR68H, Jokowi mampu menyerap konstituen yang lebih luas. Terbukti Jokowi mendapatkan dukungan dengan prosentase yang relatif signifikan, yakni antara 17% hingga 37%, dari konstituen partai politik lain di luar PDIP. Ada gejala menarik jika pemilih kandidat presiden dilihat berdasarkan jenis kelamin. Sebagian besar pemilih Prabowo (66.1%) dan Wiranto (58.8%) adalah kaum laki-laki. Sebaliknya mayoritas yang memilih Jokowi, Dahlan Iskan, Megawati, Yusuf Kalla dan Aburizal Bakrie adalah perempuan.

Sementara itu jika dilihat menurut kelompok usia, secara umum tingkatan usia – baik pemilih pemula, muda, dan tua – lebih memilih Jokowi daripada kandidat lainnya. Namun demikian, jika kita periksa karakteristik pemilih pada masing-masing kandidat, pada umumnya karakteristik pemilih setiap kandidat presiden sebagian besar adalah pemilih berusia muda; kecuali Wiranto (52.9%) yang mayoritas pemilihnya adalah generasi tua.


Begitu pula kalau dilihat berdasarkan tingkat pendidikan. Baik masyarakat yang berpendidikan rendah, menengah dan tinggi sebagian besar memilih Jokowi sebagai presiden.


Sumber :: PortalKBR.com


Ane bukan pendukung Jokowi dan gak dukung siapa2.. tp kharisma ini org emang perlu diperhitungkan... setidaknye beberapa kali ngadain hajatan di ibukota keliatan nyang pesta itu siapa tanpa pandang miskin kaya semua sama bisa nikmatin ntu hajatan hanya perlu dievaluasi aje dikit..



Survey:: Jika Pemilu Hari Ini, Jokowi Akan Jadi Presiden
0
1.2K
6
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan