Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mrjengkelinAvatar border
TS
mrjengkelin
Geliat muslim keturunan Tionghoa dan Mualaf mengalami peningkatan yg signifikan
Geliat muslim keturunan Tionghoa dan Mualaf mengalami peningkatan yg signifikan


SURABAYA- Geliat muslim warga keturunan Tionghoa di Surabaya sejak dua tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan berdasarkan catatan Persatuan Islam Tionghoa Indonesia (PITI) Surabaya, tercatat ada 3 orang hingga 5 orang yang ikrar menjadi Mualaf di Masjid Cheng Hoo setiap bulan.

"Untuk Surabaya perkembangannya cukup signifikan. Sejak dua tahun terakhir ada 3 orang hingga 5 orang setiap bulannya yang berikrar untuk Mualaf, baik dari kalangan Etnis Tionghoa maupun yang lain," kata Ketua PITI Surabaya Dodik Endarmadji ditemui Okezone di kawasan Masjid Cheng Hoo, Jalan Gading, Surabaya, Jumat (13/7/2012).

Sedangkan untuk anggota PITI sendiri yang terdaftar terdapat sekira 750 orang. Mereka adalah anggota yang ikut dalam organisasi ini. Sementara belum lagi ditambah beberapa warga etnis yang menjadi simpatisan PITI.

Dodik juga mengatakan, geliat muslim Taipan di Surabaya ini semakin eksis ketika masa pemerintahan Presiden RI ke IV KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Saat itu, Gus Dur membuka kran kebebasan bagi warga keturunan Tionghoa. Bahkan, pelegalan kesenian Cina seperti Barong Sai dan Lampion semakin membuka peluang untuk warga keturunan untuk menunjukkan diri.

"Pada waktu Gus Dur itu, kami sebagai warga keturunan lebih leluasa bergerak. Termasuk dalam upaya dakwah Islam di Surabaya. Pada pemerintahan sebelum Gus Dur sangat beda," ujar pria berkacamata ini.

Sementara datangnya bulan suci Ramadan tahun ini, di Masjid Cheng Hoo juga tak lepas dari berbagai kegiatan keagamaan. Terlebih lagi, PITI juga banyak melakukan misi-misi sosial kemasyarakatan. Termasuk berkerja sama dengan ormas lainnya baik lintas etnis maupun agama.

Untuk Ramadan ini, selain kegiatan rutin bulan Ramadan, di Masjid Cheng Hoo banyak diisi pengajian oleh sejumlah ustaz di Surabaya. "Di luar Ramadan ada kegiatan rutin pengajian dan pembelajaran membaca Alquran setiap hari kamis," tambah Dodik. (kem)

http://ramadan.okezone.com/read/2012...oa-di-surabaya

======================================================

alhamdulillah teruslah istiqamah dan teruslah belajar emoticon-Kiss (S)
0
3.8K
3
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan