yohen81Avatar border
TS
yohen81
Asli Tanya (No Sara)
Gan, sebelumnya maaf, ini asli ane nanya ya, bukan SARA dan sebagainya. Ane non muslim, tapi dari keluarga besar banyak juga yang udah Haji / Hajah. Kenapa ane tanya disini, supaya lebih objektif aja gan...

Langsung ke pertanyaan:
Jadi gini gan, tempat tinggal ane itu deket banget sama sebuah Masjid Gede, nah intinya, semenjak masuk tahun 2013, ane perhatiin kayak ada perubahan, yg mau ane tanyain serius adalah :

1. Setau ane panggilan adzan itu dalam sehari cuma 5x 'kan gan? Subuh, Luhur, Azar, Isha, Magrib (Maaf klo ada salah ketik). Nah skrng adzan bisa 2x pada saat sekali "panggilan". Apa bener ada hal seperti itu ya gan ?

2. Selain waktu2 panggilan sholat 5 waktu, sekarang dalam sehari bisa 10-15x ada baca2 di masjid (melalui toa), ane ga tau persis seperti apa, yg pasti kalo kayak mau jumatan itu gan 'kan suka ada baca2 ayat suci. Apakah itu juga beneran ada gan aturannya?

3. Sebetulnya ane pengen tanya ke pengurus masjid yg bersangkutan, tapi ane ngeri nanti malah tersinggung dan jadi sara, karena sebelumnya (tahun kemaren), ga begini 'gan. Karena, volume toanya juga, ga kayak biasanya gan, bener2 sangat besar.

4. Jangan salah tangkep ya gan, ane bener2 sangat toleransi sebagai umat beragama, makanya sebelumnya ane tanya dulu disini, kalo memang ajarannya seperti itu ya ga masalah buat ane, takutnya menyimpang aja gan dari ajaran muslim sebenernya.

Segitu aja yang mau ane tanyain dan mohon pencerahan dari temen2 yang muslim ya, kasih keterangannya yg bener ya gan, supaya ane juga bener2 ngerti yg sebenernya, sekalipun ane non muslim.

dan sekali lagi, ini bukan thread SARA, agan pelajari aja pertanyaan ane, sama sekali ga menyudutkan siapa2, ts hanya ingin tau ajaran yg sebenernya.

Gitu aja ya gan... jangan ada bata ( cendol boleh ), karena ini prime id, bukan klonengan, sebagai tanda ane serius pengen sharing aja, bukan SARA.

Learning by discuss in kaskus... emoticon-Smilie
0
4.3K
70
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan