intelinside007Avatar border
TS
intelinside007
Polisi: Napi kabur di Lapas Tanjung Gusta berjumlah 200 orang





Polisi membenarkan kabar kaburnya ratusan narapidana di Lapas Klas I Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara. Mereka kabur jelang saat berbuka puasa.

"Sekitar 200 orang (Napi) kabur," kata petugas Polsek Helvetia, Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara, saat dihubungi merdeka.com, Kamis (11/7).

Menurutnya, sempat terjadi kebakaran di Lapas saat para Napi kabur. Namun demikian, dia mengaku belum bisa menjelaskan lebih lanjut.

"Kita belum dapat laporan lengkap. Untuk sementara demikian," katanya.

Seperti diketahui, para Napi tersebut kabur dengan membakar dan menjebol dinding Lapas sekitar pukul 18.00 WIB. Saat kejadian, petugas Lapas berhamburan keluar karena panik.
Sumber


Api kerusuhan di Lapas Tanjung Gusta Medan masih berkobar

Ratusan narapidana (Napi) di Lapas Klas I Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara, kabur dari tahanan jelang waktu berbuka puasa. Mereka juga membuat kerusuhan dan membakar lapas. Hingga kini api masih menyala.

Pantauan merdeka.com di lokasi, belasan mobil pemadam kebakaran masih mencoba memadamkan api. Mereka menyemprotkan air ke bagian Lapas yang terbakar, Kamis (11/6).

Sementara itu ratusan polisi bersenjata berjaga di sekitar Lapas. Penjagaan ketat dilakukan polisi sejak dari jalan raya hingga halaman Lapas.

Sejumlah petugas menduga narapidana yang kabur saat kerusuhan ini lebih dari 200 orang.
Sumber


Napi Melempari Petugas Damkar

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN – Sampai saat ini api yang membakar Lapas klas I Tg Medan belum dapat dipadamkan. Puluhan petugas pemadam kebakaran masih berusaha menghentikan kebakaran. Namun, petugas mengeluhkan Napi yang melakukan pelemparan batu dari dalam lapas.
"Dilempari pun. Awas batu dari atas. Batu banyak berterbangan," terang puluhan petugas pemadam kebakaran.
Dari dalam, napi tampak berkumpul di depan halaman, melakukan perlawanan. Belum ada keterangan resmi dari Lapas dan Depkumham Sumut terkait kejadian malam ini. Namun, api masih terus berkobar dan napi terus melempari petugas.
Sumber


Wamenkum HAM: Rusuh di LP Tanjung Gusta Medan Dipicu Masalah Listrik & Air

Jakarta - Kerusuhan terjadi di Lapas Klas I Tanjung Gusta Medan, yang menyebabkan sejumlah tahanan melarikan diri. Wamenkum HAM Denny Indrayana mengatakan kerusuhan salah satunya dipicu karena pemadaman listrik.
"Kepala kantor wilayah maupun Dirjen PAS menginfomasikan terkait dengan listrik padam," kata Wamenkum HAM Denny Indrayana kepada detikcom, Kamis (11/7/2013).

Menurutnya, akibat listrik yang padam itu berimbas pada supply air di Lapas. Pihak Lapas telah berupaya menghidupkan genset untuk menambah supply listrik namun tidak cukup.
"Kami sudah berusaha untuk menghidupkan genset yang ada, tapi mungkin tidak mencukupi," ungkapnya.
Kerusuhan terjadi di LP Klas I Tanjung Gusta, Medan, Sumut. Sejumlah napi dikabarkan melarikan diri akibat kejadian ini.
Pantauan detikcom, Kamis (11/7/2013), kerusuhan menyebabkan terbakarnya bagian depan kantor LP Klas I Tanjung Gusta, Medan. Asap hitam pun menjulang tinggi.
[URL="http://news.detik..com/read/2013/07/11/202238/2300019/10/wamenkum-ham-rusuh-di-lp-tanjung-gusta-medan-dipicu-masalah-listrik-dan-air"]Sumber[/URL]


15 Petugas terjebak dalam Lapas Tanjung Gusta yang dikuasai napi

15 Orang pegawai Lapas Klas I Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara, diketahui masih berada di dalam area Lapas. Padahal area dalam Lapas saat ini tengah dikuasai oleh narapidana yang mengamuk.

"Masih ada 15 orang di dalam Lapas. Kita nggak tahu apakah mereka disandera atau nggak," kata petugas Lapas, Rita, di lokasi, Kamis (11/7).

Tak hanya itu, senjata api yang biasa digunakan petugas untuk keamanan juga masih berada di dalam Lapas. "Ada di dalam lemari, kita nggak tahu bagaimana itu, apakah mereka (napi) tahu atau tidak," katanya.

Menurutnya, petugas Lapas yang bersenjata api seluruhnya telah keluar dari Lapas untuk memburu para Napi. "Ada sekitar 200 orang," katanya.

Seperti diketahui, para napi tersebut kabur dengan membakar dan menjebol dinding Lapas sekitar pukul 18.00 WIB. Saat kejadian, petugas Lapas berhamburan keluar karena panik.
Sumber


Bumm, Ledakan Terjadi di LP Tanjung Gusta

Medan - Aparat keamanan masih belum bisa menguasai keadaan di LP Tanjung Gusta, Medan. Api masih berkobar, sementara ribuan narapidana masih menimpuki aparat dari dalam LP.
Sekitar pukul 20.50 WIB, Kamis (11/7/2013), ledakan cukup keras terjadi dari dalam LP. Belum diketahui asal muasal ledakan itu, namun saat ledakan terjadi letupan api terlihat cukup besar.
Karena kejadian yang dipicu masalah supply air ini, Kabareskrim Komjen Sutarman mengatakan sekurangnya 200 narapidana melarikan diri. Jumlah ini belum pasti karena pihak-pihak terkait masih melakukan pendataan.
"Itu baru perkiraan sementara. Masih dihitung," tuturnya di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Jakarta Selatan, usai Salat Tarawih.
Petugas masih berusaha memadamkan api yang membakar beberapa bagian LP ini. Mereka terganggu oleh ulah narapidana yang melemparkan batu-batu sekepalan tangan dari dalam LP.
[URL="http://news.detik..com/read/2013/07/11/210444/2300032/10/bumm-ledakan-terjadi-di-lp-tanjung-gusta"]Sumber[/URL]


Gudang Senjata Lapas Tj Gusta Medan Meledak

TRIBUN-MEDAN.com, MEDAN - Sekitar pukul 20.48 WIB ledakan sangat keras terdengar sampai luar Lapas Tanjung Gusta Medan, Kamis (11/7/2013) malam. Spontan, petugas mengatakan bahwa ledakan itu berasal daru gudang senjata.
"Gudang senjata itu-gudang senjata. Mereka sudah menguasainya," teriak petugas.
Setelah sebelumnya hanya petugas kepolisian mengamankan lokasi, puluhan TNI pun diturunkan.
"Semangat-semangat. Kita seser semuanya. Yo...yo..yo...," teriak kumpulan TNI sembari bergerak menyeser lokasi.
Dari petugas lapas menyebutkan, ledakan keras disertai kepulan api yang naik menyelimuti langit diduga memang berasal dari gudang senjata.
"Kalau tidak gudang senjata itu panel listrik. Itu tepat di dekat pintu masuk," ujar petugas lapas yang enggan disebutkan namanya.
Sumber


Sejumlah Napi Kabur Saat Api Dipadamkan, Petugas Lakukan Pengejaran

Jakarta - Polisi dan petugas pemadam kebakaran masih berusaha memadamkan api yang membakar di LP Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara. Momen itu dimanfaatkan sejumlah napi untuk kabur.
Upaya melarikan diri tersebut dilakukan para napi melalui sisi kiri depan gedung LP yang juga terbakar, Kamis (11/7/2013) malam. Tetapi upaya itu segera diatasi petugas yang berjaga.
"Ada yang lari," teriak seorang petugas.
Lalu puluhan petugas yang lainnya segera ikut mengejar. Mereka berlarian di antara gelapnya komplek LP karena pemadaman listrik.
Pihak kepolisian saat ini sudah di lokasi kejadian untuk melakukan pengaman dan investigasi. Mabes Polri menyebutkan, sekitar 200 napi kabur dari LP tersebut.
"Ada sekitar 200 napi yang kabur. Itu masih perkiraan sementara, masih dihitung," ujar Kabareskrim Polri Komisaris Jenderal Sutarman.
[URL="http://news.detik..com/read/2013/07/11/211253/2300036/10/sejumlah-napi-kabur-saat-api-dipadamkan-petugas-lakukan-pengejaran?"]Sumber[/URL]


Susun Formasi, Polisi dan TNI Siap Menyerbu ke Dalam LP

Jakarta - Ribuan napi masih menguasai bagian dalam LP Tanjung Gusta, Medan. Hingga Kamis (11/7/2013) sekitar pukul 21.00 WIB, petugas masih belum masuk ke bagian dalam LP itu.
Setidaknya 500 polisi sudah berada di lokasi kejadian. Mereka masih berada di bagian depan LP, belum masuk karena masih menyusun formasi.
Selain polisi, sejumlah pasukan TNI juga sudah berada di lokasi. Mereka sudah bersiaga dengan senjata lengkap.
Kapolda Sumatera Utara (Sumut) Irjen Pol Syarif Gunawan berada di lokasi dan memimpin langsung pengamanan. Sejauh ini dia masih belum memberikan keterangan kepada media terkait perkembangan situasi.
Kebakaran di LP terjadi sejak pukul 18.30 WIB. Pemicunya aksi demo yang dilakukan penghuni karena protes air dan listrik padam.
[URL="http://news.detik..com/read/2013/07/11/211742/2300039/10/susun-formasi-polisi-dan-tni-siap-menyerbu-ke-dalam-lp?"]Sumber[/URL]


Dini Hari, Api Kembali Menyala dari Dalam LP Tanjung Gusta

Jakarta - Para napi yang berada di dalam LP Tanjung Gusta, Medan, masih terus melakukan perlawanan. Dini hari ini mereka kembali menyalakan api dari dalam LP.
Api terlihat kembali berkobar hebat dari bagian dalam LP, Jumat (12/7/2013) pukul 01.00 WIB. Petugas yang berada di bagian depan LP segera menjauh.
Masih belum dipastikan kapan polisi akan bertindak. Mereka masih menunggu perintah dari pimpinan.
Petugas yang jumlahnya sekitar 500 orang, gabungan polisi dan TNI, sudah bersiaga sejak beberapa jam lalu. Karena belum ada perintah masuk, sebagian mereka berbaring di rerumputan.
[URL="http://news.detik..com/read/2013/07/12/013045/2300129/10/dini-hari-api-kembali-menyala-dari-dalam-lp-tanjung-gusta?9922032"]Sumber[/URL]

MEDAN, TRIBUN - Ratusan narapidana, termasuk teroris, penghuni Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas IA Tanjung Gusta Medan kabur, Kamis (11/7) sore.
Para napi kabur saat berlangsung unjuk rasa memprotes padamnya listrik sejak pagi, yang berakhir dengan pembakaran bangunan utama lapas seperti ruang administrasi, dapur, dan pintu masuk.
Hingga pukul 24.00 WIB, api masih membara, sehingga polisi dan tentara belum bisa menerobos ke dalam lapas yang sudah dikuasai para napi. Belum diketahui nasib 15 sipir lapas yang tengah bertugas saat kejadian. Beredar informasi yang yang menyebut ada napi dan sipir yang tewas dalam kejadian ini.
Namun hingga berita ini diterbitkan belum bisa dikonfirmasi kebenarannya
Sumber


Korban Ledakan di LP Tanjung Gusta Akhirnya Tewas, Korban Jadi 5 Orang

Jakarta - Seorang korban ledakan di dalam LP Tanjung Gusta, Medan akhirnya meninggal dunia. Nyawanya tak tertolong setelah tiba di rumah sakit.
Korban diketahui bernama Awi, yang merupakan tahanan pendamping. Awi meninggal di Rumah Sakit Umum (RSU) Bina Kasih pada Jumat (12/7/2013) dinihari. Mayatnya segera dibawa ke ruang mayat, dan keluarganya sudah mulai berdatangan ke sana.
"Tak lama setelah sampai, meninggal dunia," kata seorang petugas di rumah sakit.
Awi yang merupakan terpidana kasus narkoba, mengalami luka bakar parah setelah terkena ledakan gas disertai kobaran api, pada Kamis (11/7) malam. Saat kejadian, dia sedang berada di dalam ruangan administrasi LP dan berencana menyelamatkan dokumen.
Dengan tewasnya Awi, maka korban tewas dalam kejadian untuk sementara berjumlah 5 orang. Empat lainnya tewas terbakar di ruang registrasi LP, dan mayatnya sudah dibawa ke RSU Pirngadi, Medan. Belum dipastikan ada atau tidaknya korban lain, karena petugas masih belum masuk ke dalam LP.
[URL="http://news.detik..com/read/2013/07/12/052951/2300162/10/korban-ledakan-di-lp-tanjung-gusta-akhirnya-tewas-korban-jadi-5-orang?9922032"]Sumber[/URL]


Empat mayat ditemukan di ruang administrasi Lapas Tanjung Gusta

Empat mayat ditemukan pascakebakaran di Lapas Tanjung Gusta akibat kerusuhan yang dilakukan oleh ratusan napi. Keempat mayat tersebut tidak dapat dikenali karena seluruh bagian tubuhnya sudah habis terbakar.
Pantauan merdeka.com Jumat (12/7), keempat mayat tersebut sudah dievakuasi petugas dari ruang administrasi Lapas. Keempat mayat tersebut terdiri dari tiga laki-laki dan satu perempuan.
Berdasarkan informasi yang dikumpulkan, keempat mayat tersebut bukan napi melainkan petugas Lapas.
HIngga pukul 4.05 WIB petugas masih melakukan penyisiran dan pencarian korban di dalam Lapas Tanjung Gusta.
Sumber


13 Tahanan teroris kabur dari Lapas Tanjung Gusta

Lapas Klas I Tanjung Gusta diketahui menampung 14 tahanan kasus teroris. Saat ini yang berada dalam lapas adalah pelaku perampokan Bank CIMB Niaga bernama Wageng.
Sementara sisanya tidak berada dalam lapas atau berhasil kabur. Kapolres Medan Kombes Nico Afinta mengatakan awalnya Lapas itu menampung 22 tahanan teroris namun tujuh diantaranya telah dipindahkan.
"Ada 14 teroris, 7 sudah dipindahkan ke Aceh, 1 ke rutan lain," katanya, Jumat (12/7).
Dia membantah ada pegawai Lapas yang disandera para napi. Menurutnya saat ini para pegawai Lapas tersebut telah berhasil keluar.
"Tidak ada petugas Lapas yang disandera," ujarnya.
Sumber


Daftar nama 22 napi teroris yang ditahan di lapas Tanjung Gusta

Ratusan napi mengamuk di Lapas Tanjung Gusta, Medan. Mereka membakar dan membobol dinding Lapas.
Akibatnya, sejumlah napi berhasil kabur dari 'hotel prodeo'. Beberapa dari mereka merupakan napi kasus terorisme.
Namun berapa jumlah napi teroris yang berhasil kabur masih simpang siur. Berikut daftar nama 22 napi yang ditahan di Lapas Tanjung Gusta berdasarkan informasi yang diterima merdeka.com, Kamis (11/7).
1. Pamriyanto alias Suryo Putra
2. Zumirin alias Sobirin
3. Anton Sujarwo alias Supriyadi
4. Marwan alias Nanong
5. Abdul Ghani Siregar
6. Pautan alias Robi
7. Fadli Sadama
8. M Chair
9. Agus Sunyoto
10. Jajah Miharja Fadila
11. Beben Khairul Rizal.
12. Nibras
13. Suriyadi
14. Hasbuddin
15. Munir alias Abu Rimba
16. Gema Awal Ramadhan
17. Ismarwan
18. Muktar alias Tgk Muktar
19. Andri Marlan
20. Chairul Fuadi
21. Muksin Kamal
22. Khairul Gazali.
Dari nama-nama tersebut di antaranya adalah napi teroris pelaku perampokan Bank CIMB Niaga di Medan dan penembakan polisi di Polsek Hamparan Perak.
Sumber


Mohon diemoticon-Rate 5 Star Gan
Ane juga berharap emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Diubah oleh intelinside007 12-07-2013 00:20
0
4.1K
48
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan