antrifkiAvatar border
TS
antrifki
segitiga emas / triangle of photograph / komposisi foto / belajar foto

buat dapetin foto yg ajib kita bisa nyeting sendiri nih gan, kalo di bahasa jepretnya sih segitiga emas (ane juga baru tau) tapi lumayan buat agan - agan yg belom ngerti sama sekali fotografi daripada cuma aspret (asal jepret) mending kite belajar manual (lebih berseni)emoticon-Cool, yok mare

pertama - tama puter ke mode M (manual)

nah nanti agan nemuin angka 1/sekian disamping lambang M dan itu namanya SHUTTER SPEED : Kecepatan rana (shutter speed) adalah durasi kamera membuka sensor untuk menyerap cahaya. Semakin lama durasinya, semakin banyak cahaya yang masuk ke kamera dan hasil foto akan bertambah terang dan sebaliknya.
Selain mempengaruhi kuantitas cahaya yang masuk, shutter speed mempengaruhi foto dalam dua hal:

1. Kecepatan rana yang cepat membekukan (freeze) objek yang bergerak.
2. Kecepatan rana yang lama menangkap gerakan (motion) objek secara berkesinambungan.

buat contohnya ente bisa jepret air yg turun dari keran gan, pake deh tuh ss tercepat (jangan lupa pake diafragma yg lebar biar cahaya masuk banyak ss bisa naik)


APERATURE / DIAFRAGMA adalah bukaan lensa kamera dimana cahaya masuk. Bila bukaan besar, akan banyak cahaya yang masuk dibandingkan dengan bukaan kecil. Selain merupakan salah satu cara mengendalikan cahaya yang masuk, bukaan di gunakan juga untuk mengendalikan kedalaman ruang (depth of field / dof).
Hal yang unik dan sering bikin keder nubi adalah nomor dalam setting bukaan adalah terbalik dengan besarnya bukaan. Misalnya angka kecil berarti bukaan besar, sedangkan angka besar berarti bukaan kecil. Contoh: f/1, f/1.4, f/2, f/4. f/5.6, f/8, f/16, f/22 dan seterusnya.

buat contohnya ente bisa jepret di kamar dan cuma pake satu sumber cahaya(lilin) pake deh tuh bukaan terkecil.



ISO / ASA adalah ukuran sensitivitas sensor terhadap cahaya. Ukuran dimulai dari angka 50, 80 atau 100 dan akan berlipat ganda sampai 3200 atau lebih besar lagi. ISO dengan ukuran angka kecil berarti sensivitas terhadap cahaya rendah, ISO dengan angka besar berarti sebaliknya.

Semakin tinggi ente pake ISO gambar makin terang, tapi makin pecah gan.
iso biasa di pake kalo suasana terlalu gelap ente bisa pake ISO tinggi, tapi kalo lagi terang benderang pake ISO 100 juga cukup.



ketiganya (Shutter Speed, Diafragma, dan ISO) saling berhubungan satu sama lain (disinilah foto yg kita buat bagaikan melukis cahaya menggunakan 3cat warna hehe) dan dari ketiganya kita bisa meraba (meraba apa tuh) hasil jepretan kita (under / over) nah biar moment ga kabur (kimpoi lari) maka kita perlu (dilamar) diliat di bagian EKPOSURE
yaitu penggaris yg ngasih tau gimana hasil jepretan kita gan ditandai dengan + dan -

kalo di Canon + ada di kanan kalo di nikon ada di kiri emoticon-Cape d... (S)



nah kalo + itu terang kalo - itu gelap monggo di cicip kalo mau pas (ga terang ga gelap) ada garis tengah nah tinggal di seimbangin deh ilmu diatas.

selamat mencoba ganemoticon-Malu
1
4.9K
17
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan