jakartapeduliAvatar border
TS
jakartapeduli
Pendukung PKS lenyap gara - gara Kasus Korupsi Sapi LHI & Anis Matta
Metrotvnews.com, Jakarta: Perolehan suara Partai Keadilan Sejahtera (PKS) akan merosot tajam hingga menyentuh angka lima persen dalam pemilu 2014 mendatang. Hal ini disebabkan oleh kasus korupsi yang menjerat mantan pimpinan PKS, Luthfi Hasan Ishaaq.

"Dugaan saya, PKS suaranya akan turun sampai lima persen karena ada banyak kasus yang menyita perhatian publik," kata pengamat politik Soegeng Sarjadi Syndicate (SSS), Sukardi Rinakit di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Kamis (27/6).

Ia mengatakan, dengan waktu yang sangat singkat dalam menghadapi Pemilu 2014, akan sangat sulit bagi partai pimpinan Anis Matta tersebut untuk mendongkrak elektabilitasnya. "Sangat susah recovery dalam 1 tahun untuk mencapai 7 persen lebih," tambah Sukardi.

Meski banyak kader PKS yang sukses mendapatkan kursi di pemilu kada, namun hal tersebut tidak akan berkorelasi dengan pemilu legislatif. Pasalnya, pertarungan pemilu di tingkat daerah berbeda dengan di pusat.

"Tidak jaminan suara PKS di 2014 akan naik meski punya banyak kepala daerah. Itu karena politik kita merupakan politik figur dan individu. Jadi, kepala daerah itu individu, dipilih karena baik tapi disuruh pilih partai belum tentu mau. Mereka punya pilihan sendiri," tukasnya.

Di sisi lainnya, Direktur Indonesia Research Centre (IRC) Agus Sudibyo mengatakan, PKS merupakan salah satu partai yang memiliki kader-kader dan pendukung yang solid. "PKS sekarang sedang diuji apakah mereka bisa mempertahankan elektabilitas. Saya lihat target PKS itu bukan mempertahankan, tapi menambah pemilih potensial," tukasnya.

Dalam survei yang dirilis oleh IRC, elektabilitas parpol tertinggi untuk pemillu 2014 ditempati oleh PDIP (14,7 persen). Urutan selanjutnya Partai Golkar (12,2 persen), Partai Gerindra (11,1 persen), dan Partai Demokrat (7,5 persen).

Sedangkan kontestan baru Partai NasDem (4,5 persen) berada diperingkat lima dan diikuti oleh Partai Hanura (4 persen). Tiga partai menengah berasaskan agama seperti PAN, PKB dan PKS hanya mendapatkan 2,8 persen. selanjutnya PPP (2,4 persen), PBB (0,4 persen), dan PKPI (0,3 persen) hanya menempati posisi tiga terbawah.

Survei IRC sendiri diadakan pada bulan Mei 2013 melalui wawancara tatap muka dengan kuesioner. Metode penarikan sample yang digunakan adalah multistage random sampling. Sementara itu, jumlah responden dalam penelitian ini sebanyak 1.800 orang dengan margin of error 2,3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

http://www.metrotvnews.com/metronews...ktabilitas-PKS

Semoga pemilu 2014, tak ada lagi rakyat Indonesia yang pilih PKS.... PKS harus lenyap dari Indonesiaemoticon-I Love Indonesia (S)

salam Jakarta
0
6.3K
69
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan